AHM membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan….

Pasti mzbro dan sis sempat bingung, opo maksud judul diatas. Tentu saja bukan arti sebenarnya…AHM membantu menjala atau berburu ikan dilaut brosis. Namun, pabrikan yang tergabung dalam grup Astra tersebut memberikan sumbangan alat bernama Rumpon. Walah…opo maneh iku?….

Rumpon atau Fish Aggregating Device (FAD) adalah salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul di sekitar rumpon, sehingga membuat nelayan lebih mudah menangkap ikan. Rumpon biasa disebut sebagai karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat berkumpul ikan. Nah beda dengan rumpon reguler…Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) merancang khusus rumpon dengan kontruksi GRC (Glasswooll Reinforce Cement) yang berukuran 1 x 1 m. Seperti apa sih…??

Infonya, bahan disusun menyerupai piramida dengan diisi daun nyiur yang diharapkan akan menjadi sarang ikan. Dengan konstruksi ini, ikan-ikan yang sedang dalam masa reproduksi akan ber­sarang dan bertelur di dalam rum­pon bahkan ikan yang lain dapat mengundang ikan lain untuk menetap di sekitar rumpon. Hebatnya…satu rumpon diperkirakan mampu menangkap ikan hingga satu ton yang bisa dipanen secara berkala. Mantep tenan!!….

Pemasangan rumpon dilakukan di laut dengan kedalaman 30 meter. Posisinya  berjarak sekitar 3 mil dari bibir pantai Pulau Tunda dengan harapan dapat mudah dijangkau oleh nelayan. Penyerahan bantuan ini dilakukan pada pekan lalu oleh Yudi Yozardi, perwakilan YAHM kepada Hasyim, Kepala Desa Wargasara Pulau Tunda. Praktis dengan adanya sumbangan alat berguna ini, para nelayan tidak lagi terpengaruh pada musim barat dalam mencari ikan, karena letak rumpon yang tidak jauh dari perkampungan. Hhmm…mantep juga yak!

Last… kini para nelayan tidak perlu jauh-jauh berlayar ketengah laut lepas sebab seiring waktu waktu berjalan, komunitas ikan akan berkumpul disekitar rumpon. Menangkap ikan makin mudah, pendapatan juga bertambah. Tentu saja sumbangan bakal sangat bermanfaat bagi para nelayan dipulau Tunda Serang sebab jumlahnya tidak main-main…yakni mencapai 7 buah rumpon. Welldone YAHM, jasamu pasti akan selalu diingat mereka semua….(Iwb)

 

Advertisements

50 thoughts on “AHM membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan….

  1. AHM kok sering yah..bantu warga..buat taman…tapi bagus lah, bagi2 keuntungan buat masyarakat banyak…merk yang lain pada kemana nih…?

    Like

  2. 13. Mono – Maret 19, 2012

    pabrikan kemaruk dg produk ecek2 dan murahan….
    ———————————————————————————-
    kalo orang sudah benci ..coklat rasa tai kucing

    Like

  3. harusnya Y juga melakukan hal yg sama soalnya saiya melihat Y memiliki dana yg wah tuk promosi baik di tv lokal atau nasional yg selalu menjadi sponsor utama, mungkin dialokasikan sedikit dari budget promo ke Corporate Social Responsibility (CSR) sebagaimana perusahaan yg lain klo ga salah minerva juga pernah buat pelatihan pendidikan

    Like

  4. niat nya sih baik, tetapi terlalu lebay. kalu niat nyumbang ya gak usah di bublis lah.
    bang madit musyawaroh nih nama nya

    Like

  5. 24. H. Prof. Dr. Ir. KIWIL DLL. DST.=sales itu ngasih petunjuk bukan cuma membujuk – Maret 19, 2012

    niat nya sih baik, tetapi terlalu lebay. kalu niat nyumbang ya gak usah di bublis lah.
    bang madit musyawaroh nih nama nya

    ————————————————————————————
    loh???
    kalo di publish kan malah bagus
    ilmu/sesuatu yg bermanfaat kan mestinya emank di sebar luaskan biar lebih bnyk orang yg tau fungsi dan manfaatnya
    sehingga isa meningkatkan kesejahteraan masyarakat

    Like

  6. Allhamdulillah mas iwan . .
    memang begini seharusnya sikap pabrikan besar . .
    Hidup FBI(fansboy iwb)
    Qiqiqiqi . . 😀

    #Warning buat para perusuh yg komen’nya gak enak di baca . .
    Jgn cari rusuh di sini,mending gak usah komen !!
    #belum tau spa gw loe,gw tabokin mental semua mata sama gigi loe . .

    Like

  7. wah wah… kok ngebantu pake dipublish/sebar luaskan sih? gak ikhlas nih… cuma pengen pamer…. atau mungkin ada udang di balik batu
    *jadi inget parpol yg nyumbang, padahal niatnya busuk

    Like

  8. 34. samsi suardi – Maret 19, 2012

    wah wah… kok ngebantu pake dipublish/sebar luaskan sih? gak ikhlas nih… cuma pengen pamer…. atau mungkin ada udang di balik batu
    *jadi inget parpol yg nyumbang, padahal niatnya busuk
    ====================================================
    Apalagi hati lo jauh lbh busuk…………………

    Like

  9. banyak yg komen aneh…
    dibantuin kok malah dijelekin….
    keliatan bgt yg punya pikiran negatif udah pada kaya raya,gak butuh diberi bantuan….ckckckck

    buat yg berpikiran negatif….”hatimu sebusuk motormu”

    wkkwkwkkwkw

    Like

  10. denger2 klo Honda itu sahamnya 50:50 astra:jepang jd keuntungannya kembali di rasakan masyarakat,tp klo Y sahamnya didominasi jepang maka keuntungan kembali ke masyarakat jepang.mk aq pilih Honda.

    Like

  11. komennya di perbaiki donk..asal banget..

    ya semoga rumpon ini membawa dampak baik bagi para nelayan sesuai yang diharapkan..makin banyak ikan yang ditangkapkan makin baik juga kehidupan para nelayan tersebut..

    Like

  12. jossss….ga cuma peduli pada konsumen…AHM juga peduli dengan masyarakat sekitar..
    tingkatkan terus program seperti itu..
    good buat AHM..^^

    Like

  13. 41. cah bekasi pinggiran – Maret 20, 2012

    denger2 klo Honda itu sahamnya 50:50 astra:jepang jd keuntungannya kembali di rasakan masyarakat,tp klo Y sahamnya didominasi jepang maka keuntungan kembali ke masyarakat jepang.mk aq pilih Honda.
    =====================================================

    sering muncul komen kayak gini, alay galau. ganti2 nickname.
    kalo ente punya saham di astra atou kerja di AHM ya dapet duit.
    entar ada yg beli ducati terus bilang “untung nya di bawa ke itali”
    kalo ada yg beli bajay terus bilang “untung nya di bawa ke india”
    gak ada hubungan nya, kalo ducati ‘peningpale’ harga supra fit!! apa ente masih beli supra fit?? 😥

    Like

  14. 34. samsi suardi – Maret 19, 2012

    wah wah… kok ngebantu pake dipublish/sebar luaskan sih? gak ikhlas nih… cuma pengen pamer…. atau mungkin ada udang di balik batu
    *jadi inget parpol yg nyumbang, padahal niatnya busuk
    ====================================================
    Apalagi hati lo jauh lbh busuk…………………
    ———————————————————————————-
    yang penting ada tindakan nyata dari AHM,dari pada elu cuma omdo.

    Like

  15. 34. samsi suardi – Maret 19, 2012

    wah wah… kok ngebantu pake dipublish/sebar luaskan sih? gak ikhlas nih… cuma pengen pamer…. atau mungkin ada udang di balik batu
    *jadi inget parpol yg nyumbang, padahal niatnya busuk
    —————————-
    dengan anda jadi klonengan saya pun niat anda sudah terlihat busuk mas. Hargailah kerja nyata orang lain ,,, belum tentu anda lebih baik dari mereka …

    Like

  16. Mantaaaap….Honda semakin peduli saja nih dengan lingkungan sekitarnya. Mau peduli dan berbagi terhadap sesama yang membutuhkan wajib ditiru jg oleh ATPM lain.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s