Dealer Honda belum siap injeksi???……

Bro dan sis semua…..memang tidak gampang memuluskan sebuah niat. Butuh perjuangan, extra effort serta pengorban yang tidak sedikit. Apalagi kalau hal ini berhubungan dengan teknologi, SDM plus equipment pendukung didalamnya. Seperti keluhan bro Catur yang berdomisili diUngaran Semarang Jawa Tengah. Doi mengeluhkan atas buruknya kinerja AHASS dalam menyelesaikan masalah motor Honda injeksi kesayangan. Berikut unek-unek doi yang dikirim via surel ke IWB……

MAS IWAN, saya ada sedikit masalah sama SupraX Helm-In injeksi. Siapa tahu berguna untuk yang lain. Kemarin saya kirim email ke AHM bunyinya gini:

Saya salah seorang penggemar tehnologi, ketika Honda mendeklarasikan injeksi saya menyambut dengan gembira. Bahkan saya langsung membeli SupraX Helm-In PGMFI untuk istri dan Spacy PGMFI buat saya sendiri. Tempat tinggal saya di Ungaran , Kab. Semarang . Tetapi saya agak kecewa terhadap AHM karena ternyata deklarasi ini tidak dibarengi dengan kesiapan aparat AHASS terhadap tehnologi ini. Ini saya alami terhadap SupraX istri saya. Ketika SupraX istri saya mengalami sedikit trouble, tepatnya setelah service pertama 500 km, suara mesin lebih kasar dari sebelumnya. Mekanik mengatakan suara mesin injeksi memang lebih kasar dari karburator, tentu saya tidak bisa menerima pernyataan ini. Kemudian masalah bahan bakar, mekanik AHASS mengatakan SupraX helm in injeksi harus menggunakan pertamax, jelas sekali mekanik tidak menguasai masalah ini. Dalam buku petunjuk pemakaian jelas-jelas dicantumkan bahwa SupraX  helm in PGMFI menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan RON 88 (jelas premium bukan?). Memang benar pakai Pertamax lebih baik ( tidak harus), tapi pakai Premium jelas diperbolehkan oleh AHM.

Masalah kedua adalah stasioner terlalu kecil (berakibat mesin sering mati sendiri dan berakibat head lamp tidak menyala walaupun mesin menyala). tidak ada satu AHASS pun yang saya datangi bisa membereskan masalah ini, baik di Semarang maupun di Ungaran. Bahkan parahnya lagi mereka melakukan langkah yang salah untuk memperbaikinya. Sebagian besar body motor dilepas untuk mencari stelan stasioner, cara melepas dan memasang kembali pun kasar sehingga dada beberapa bagian yg cacat kecil, dan istri saya langsung memprotesnya. Dan hasilnya gagal total.
Masalah baru selesai ketika motor saya bawa ke Astra semarang (jaraknya lebih jauh dan antrian panjang). Mereka memperbaikinya tanpa melepas satu pun bodi plastik motor . Hanya dengan sebuah alat yang didekatkan ke motor untuk menyetel stasioner. Konyol sekali yang dilakukan AHASS sebelumnya!!!!!.

Kesimpulannya adalah….deklarasi injeksi AHM tidak dibarengi dengan kesiapan aparatnya dalam hal pengetahuan produk dan layanan purna jual bagi produk injeksinya. Ujung-ujungnya konsumen yang dirugikan. Sampai kapan keadaan ini berlangsung?????…

Catur Y. Nopol  H 6**9 GC, RANGKA MH**BG11**K0*0**9, MESIN JB***E100**02

Yup…itulah sekelumit kekecewaan yang sudah semestinya menjadi perhatian pabrikan sayap mengepak. Apa yang diungkapkan diatas adalah realita dan merupakan bentuk perhatian konsumen agar AHM segera membenahi seluruh jaringan AHASS yang tersebar didaerah. Jangan sampai nila setitik susu rusak sebelanga sebab hal ini berhubungan dengan image Honda. Sebenarnya tekad dari AHM sudah sangat bagus untuk mengurangi polusi lewat teknologi PGMFI. Namun deklarasi injeksi hendaknya kudu dibarengi peningkatan kemampuan dan alat pendukung. Dan wajib hukumnya untuk meng-upgrade skill para mekanik secara merata. Terus yang terpenting….berikan pengarahan kemereka….jika ragu atau tidak cukup menguasai masalah yang dihadapi mendingan berterus terang…jangan ngawur berdasarkan ilmu raba….

Semua memang butuh proses….tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi…jika tidak dikerjakan secara serius, ditakutkan keluhan konsumen akan semakin banyak. Btw…buat bro Catur, email sampeyan sudah IWB teruskan keAHM agar menjadi perhatian serta masukan buat mereka. Semoga kedepan….kejadian seperti yang dialami bro Catur tidak ada lagi. Last….menurut mzbro semua, apakah betul AHASS belum siap injeksi?? monggo berikan komentar dan pengalamannya. Maturnuwun…..(iwb)

Advertisements

193 thoughts on “Dealer Honda belum siap injeksi???……

  1. Bener sekali mas iwan, memasyarakatkan injeksi jika tidak dibarengi dengan penguasaan teknologi oleh “beres”nya hasilnya pasti ngawur. Saya agak pesimis dengan honda yang mempunyai ribuan dealer dan “beres”, kira2 berapa tahun semuanya bisa menguasai injeksi??? Yamaha Vixion saja tidak bisa dalam satu tahun semua “beres”nya menguasai, nah gimana Honda dengan banyak produk injeksi??? semoga tidak lama lagi…salam

    Like

  2. sudah dibilangin AHM ketinggalan dalam hal pengalaman service injeksi dibanding YIMM!

    YIMM sudah memastikan service injeksi motornya sudah bener2 READY karena pengalaman injeksi pada motor VIXION sudah banyak, sejak VIXION rilis 2007 (CMIIW)

    makanya jangan sok latah kemakan iklan, pilih yang sudah teruji

    wkwkwk,, piss

    Like

  3. @ 6. hadip
    Memang tidak instan bro. Tapi kalau kita melihat betapa Honda mempunyai finansial yang kuat sudah sepatutnya mereka all out. Soale kadung deklarasi je…lak yo isin kalau nggak digenjot kemampuan dealer dan mekaniknya :mrgreen:

    Like

  4. kata siapa beres yamaha lebih baik dari honda? kata siapa rata” beres yamaha bisa membereskan problem vixion? saya pengguna vixion, error pada ecu’a, beres mana yg bisa memperbaiki’a? malahan tambah error, malah saya mesti bawa ke pusatnya baru bisa diperbaiki, justru menurut saya pelayanan yamaha untuk motor injeksi lebih buruk dari pada honda.

    Like

  5. tugas berat buat ahm (dan juga yimm) untuk menyiapkan dan memastikan ujung tombak pelayanan purna jual mereka (mekanik2 servis) mempunyai cukup kompetensi untuk memuaskan pelanggan. nama besar perusahaan ada di tangan mereka. go injection technology!

    Like

  6. Lebih suka yg karbu… Bisa servis sendiri dirumah… Buat nyalurin hobi mbengkel..

    Buat yg gak punya waktu ato gak mau tau silahkan pilih injeksi… Servisnya lebih cepet (kalo mekaniknya menguasai)

    Like

  7. aku juga pakai supra x helm in injeksi. lokasi di surabaya. nyervis rutin pertama di ahass yang gede n di pusatnya sekalian. alhamdulillah mesin masih nyaman sampe km 1500 ini. next service juga tetep disitu.soalnya kalo ahass yang kecil2 gitu kurang reliable soalnya.

    pengalaman dulu pernah supra fit ane servis rutin di ahass kecil gitu, eh pas pulang baru jalan beberapa meter rantainya putus. sejak saat itu kalo ke ahass selalu ke beres yg gede ato ke bengkel langganan ane. mungkin masukan buat honda, kualitas ahass kurang merata, mohon dibenahi itu.

    Like

  8. Duhhhhh…kasihannya Bro Catur…., semoga kedepannya tidak ada yang kecewa lagi n AHASS mampu menyelesaikan problem yg ada dalam sistem injeksinya #klo spt ini pilih Yamaha aja lahh… Mereka lebih siap di segala lini#

    Like

  9. pertarungan antara ymaha & hnda taun kemaren emg besar, tp pertarungan sebenarnya adalah mulai taun ini… dmn beberapa APM koar2 dgn injeksi, siapa yg punya aftersales bagus, dialah pemenangnya, hahahahahahahaha

    Like

  10. Iya ga honda ga yamaha, bengkelnya melempem semua, sulit dapetin mekanik yg handal dan brkualitas, scorpio gw aja pas servis rutin bodynya ada yg patah dan guest what? Simekanik diem” aja ga mau ganti, pdahal itu mtor mlus ga prnah diapa”in, ketauan 2 hari kmudian pas ujan” gw ngambil jas ujan di bawah jok…. Hanya sabar yg gw lakukan.

    Like

  11. ..hmm..jadi was2, padahal akhir bln ini jatah dapat arisan motor honda di solo, mo ambil supra x helm in, yg injeksi apa karbu ya….? gimana nih ada yg tahu ahass solo dah siap blm ya nanganin injeksi…????

    Like

  12. Sama bro, pengalaman punya new mega pro dr oktober 2010 kasus mrebet dan mesin kadang mati sendiri saat di gas karena pake karbu vacum saja AHASS sudah kualahan, sampai juli 2011 masih banyak tuh mekanik AHASS yg belum menguasai cara perawatanya, akhirnya cari artikel diinternet coba dipahami trus coba buka karbu sendiri hasilnya karbu malah lebih baik. dah bro kini sudah saatnya mandiri coba servis sendiri saja tapi harus kuasai tekniknya.

    Like

  13. Klo di semarang saya biasa bawa ke ahass jalan majapahit… alatnya kumplit. tapi memang bener Koq… kalo masalah 3S honda kalah telak dr yamaha… bahkan kadang kalo motornya matic atau NMP gak dapet sparepart atau dapet Tp hrga super mahal saya nyaranin pergi 500 meter ke dealer Yamaha (ceritanya sama 2 nunggu di bengkel ahass buat servis) kalo masalah injeksi saya sendiri kurang yakin sama pelayanan di ahass.. lha wong mereka terhitung masi anak baru kemaren Koq buat masalah injeksinya… (padahal saya pengen ambil spacy i lho Tp…. >.<)

    Like

  14. ahm g pernah mengumpulkan mekaniknya yg ada d beres2 untuk d training teknologi baru yg d keluarkanya. Beda banget sama yamaha yg selalu mengadakan training pada para mekaniknya kalau ada teknologi baru.

    Like

  15. ini mungkin salah satu problem dari salah satu merk motor, nggk honda, yamaha, atw pun suzuki mengalami problem yg sama dalam pelayanan purna jual atw after sales servicenya…. bayangin saja seperti honda yg mempunyai jaringan ahass nya ribuan nggk semudah membalikkan telapak tangan dalam membina mekaniknya tentang pengenalan teknologi baru… harus bertahap atw step by step. yamaha & suzuki saja yg yang jaringan beresnya sedikit saja masih blm mampu membina seluruh mekanik.. apalagi perbandingan ahass dan beres merk lain 10 banding 1…..

    Like

  16. sempurna.. itu susah.. jgnkan AHASS.. pastinya service center produsen lain.. ada jg yg sperti itu.. alias.. blum siap!!

    yakin Y servicenya sempurna??? pasti ada kurangnnya lah dlm hal injeksi.. la wong karburatornya aja kurang sip.. sm bengkel langganan.. kwkwkkwkkw…

    Like

  17. 11. vixion2009 – Februari 4, 2012

    kata siapa beres yamaha lebih baik dari honda? kata siapa rata” beres yamaha bisa membereskan problem vixion? saya pengguna vixion, error pada ecu’a, beres mana yg bisa memperbaiki’a? malahan tambah error, malah saya mesti bawa ke pusatnya baru bisa diperbaiki, justru menurut saya pelayanan yamaha untuk motor injeksi lebih buruk dari pada honda.
    ————————————————————————————–
    Memangnya tinggal didaerah mana bro ….

    Like

  18. saya kecewa dgn AHM membaca keluhannya..

    kalau belum siap jangan koar-koar injeksi dulu..
    yang seneng Supra X sampai di daerah-daerah, jadi seharusnya di daerahpun sudah siap..

    hati-hati promo injeksinya AHM bisa menjadi bumerang & menghancurkan ke-injeksiannya sendiri kalau banyak kasus seperti ini..
    time will tell..

    Like

  19. yah maklum aja deh, namanya juga ATPM nyari UNTUNG doang. Supra injeksi tetangga juga punya problem, selangnya macet, padahal isinya pertamax terus. Itu belum 1 tahun loh

    @cah ndeso
    Salah sendiri kenapa dijual ke pelosok yg belum familiar dgn injeksi. Harusnya bina mekaniknya dulu, baru jualan.

    Like

  20. saya suka injecksi karena perawatan gampang ( menurut saya lho ya ), soale punya vixion th pertama sampe skrang jarang bermasalah, dan yg ane suka lagi, ngak bikin susah klo ngidupin awal, baik dingin maupun panas, beda sama karbu..klo dah dingin dah susah hidup, musti di engkol2 ..( pengalaman sama RR ..hehe )

    initinya klo punya injecksi rajin2 buka2 internet, baca2 panduan, klo perlu ikut milis, jadi ilmunya nambah..:D

    pertama service vixion, cuman bersihin filter doank, setting2 CO, kena 35rb, dalam hati, sevice gitu doank, kebayar mahal donk…abis ntu jarang bgt ke beres klo ngak turun mesin..

    Piss, pengalaman pake injeksi menyenangkan..

    Like

  21. BC teruss

    luar biasa

    honda belum siap

    yamaha ngeluarin karburator(mio fino) sesudah ikut2an pengumuman mau pake injeksi juga

    gk ada yang bener lah
    nunggu duke aja

    Like

  22. Kalah telak sama Yamaha untuk training mekanik ketika ada produk baru akan meluncur….DDS akan men-training mekanik ketika produk baru tersebut belum launching…..Salut buat Yamaha…..Honda jangan mikirin jualan mulu dong…..kasihan tuh konsumen kalian…..

    Like

  23. cm bisa ketawa dlm hati, pabrikan sebesar honda terkesan menipu konsumen, fatal akibatnya!!

    Nice share bro IWB, smoga produsen yg bersangkutan membaca dan berfikir memperbaiki after salesnya, ga cuma mikir penjualannnn teruss!!!!

    _rgds_

    Like

  24. Setuju dengan mas Iwan , semua memang butuh proses, tidak semudah membalikkan telapak tangan , saya rasa AHM sudah memiliki grand strategy dan timeline mengenai pelaksanaan injeksi ini.
    Dengan adanya masukan dari bro catur ini dapat lebih membantu AHM serta Main Daler terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan injeksi ..

    Like

  25. mas IWB kalo masalah AHASS memang gue yakin belum merata,alat-alat service yang sangat amat lengkap cuma di miliki oleh AHASS-AHASS milik MAIN DEALER atau ANAK CABANG DARI AHM SENDIRI,makanya untuk bro-bro yang ada di pelosok ane saranin jangan sembarangan service di AHASS apalagi yang gak jelas gituh kualitasnya.sebaiknya kalo ngga di AHASS yang lengkap alatnya mending nggak usah service sekalian,ujung-ujungnya motor malah tambah parah ( pengalaman pribadi )……………..

    Like

  26. @ Joni & titik koma
    kalau menurut saya setiap perusahaan sebelum keluar produk baru pasti membekali karyawannya akan pengetahuan tentang produk tersebut…Honda, Yamaha , Suzuki, Kawasaki pasti sama

    Like

  27. makanya gak usah latah koar2x injeksi2x segala…
    mampus dah…

    that’s why i stick to carb 2 stroke… bisa diservis sendiri.. wkwkkk

    Like

  28. Wah… rame nih, boleh ikutan nimbrung dunk……

    Khusus mesin injeksi ada 3 pihak yang terkait.

    1. APM (ATPM)
    Selain jualan motor injeksi, jg diharapkan memberi gambaran / sosialisasi konsumen bagaimana penggunaan & perawatan mesin yg aman & awet.
    Selama ini hanya 1 arah, jualannnnn & iklan motor injeksi.

    2. Beres (bengkel resmi)
    Seharusnya tidak hanya mengejar KUANTITAS service motor, juga KUALITAS SDM, tools / ENGINE SCANNER.
    Banyak beres teknisi baru lulus, karena bayarannya murah.
    Teknisi yg berpengalaman keluar, karena gaji yg rendah.
    Pdhl image bangkel resmi dimulai dari sini.
    Kemudian, beres yg INJECTION READY / pny ENGINE SCANNER memasang NEON BOX / POSTER, spy konsumen tidak bingung.

    3. Konsumen
    Syah-syah saja memilih motor injeksi, tapi alangkah baiknya sebelum menentukan pilihan, memcari informasi se banyak2 nya ttg beres yg benar2 siap (SDM & TOOLS) mesin injeksi. Pikir ulang (baik & buruknya) apakah di daerah agan2 cocok injeksi ato karburator.

    kira2 begitu bos……….

    Like

  29. Ane tambahi ya….

    Ini ttg mesin injeksi (mobil) tetapi ada korelasinya
    ——————————
    Sep th kmrin teman ane habis mudik (1000km) dg Hyundai ACCENT.
    Di tengah2 mudik, kabel busi rusak 2 X.

    Ane ngeluarkan ENGINE SCANNER utk mobil.
    Scanner ini yg universal (bisa utk puluhan merk mobil / socket ECU)

    Scanner di colok ke Soket, mesin di ON – Nyalakan.
    Ckeck Error code….ternyata……

    ENGINE CRANKSAFT…ERROR CODE ……. (code angka)
    Kemudian ane reset & Ternyata ERROR HILANG.

    Error tsb menunjukan TIMING BELT meleset 1-2 gigi posisinya.
    Padahal sebelum lebaran sudah di Bereskan timing belt nya.

    Tetapi kerena bengkel rumahan (tdk pnya Engine scanner)

    Jadi selama mudik, ECU msh menyimpan ERROR, pengapian tidak tepat (Kabel busi kalah / rusak)

    =====

    Sekarang sdh 4 bulan …. Kabel busi ok – Mesin tidak ngelitik – bertenaga – irit bbm.

    ————————————-
    Bisa diambil kesimpulan :

    UNTUK MESIN INJEKSI – TINDAKAN MEKANIK – ENGINE SCANNER (CHECK ERROS / RESET)

    Like

  30. masih untung domisili di ungaran, deket ke semarang. kalo yg di pelosok gunung jauh dari kota besar, iso mendem.
    dari tanya jawab di atas, mekanik nya jelas gak tau motor.
    dasar sanguin

    Like

  31. @ 10. 333
    Nais share bro…
    @ 12. sinbe
    Patut dicontoh tuh…
    @ 17. supra x helm in
    Masukan buat AHM…
    @ 21. Gianluigi mario
    Semangat nulis mzbro. Sippp…
    @ 30. Joeloe2
    Memang bener…butuh waktu dan proses tentunya
    @ 47. titikoma
    Semoga bro…biar konsumen tidak ragu untuk membeli produk Honda
    @ 50. JAFFAR & olala
    Betul bro….
    @ 53. H3
    Nais share mzbro….
    @ Mercon
    Xixixi….

    Like

  32. waahh…dengan adanya kasus seperti ini…
    AHM harus segera berbenah,dengan cara memberikan pengetahuan lebih kepada Ahass-Ahass tentang mesin injeksi,cara kerja mesin injeksi bagaimana,dan melakukan training juga…
    jika tidak sgera berbenah..konsumen akan merasa dirugikan..
    Go Honda you can do it!don’t make customers disappointed…Go HONDA!!

    Like

  33. wah ane sih udah ga heran mekanik AHM memang tidak semua nya bagus kerjaannya

    ane sendiri sewaktu memiliki motor HONDA sempat jg kasus di salah 1 bengkel resmi AHAS,sayap supra x 125 ane patah pada saat dipasang

    sejak saat itu ane milih” klo ke BERES

    Like

  34. Buat mazbro semua yg sudah memiliki kendaran injeksi pada saat service ke (Beres) bengkel resmi :

    1. Pastikan Beres pnya Engine Scannner & update Software terbaru.
    New CBR software terbaru, berbeda dg Honda lokal.
    Pastikan Software nya ter install di Engine Scanner.
    Kalo tidak, tinggalkan Beres tsb.

    2. Setiap service HARUS minta check dg ENGINE SCANNER.
    Kalo teknisi cari alasan, cari Beres yg lain.

    Setelah dicolok pilih Jenis Type Mesin & Thn produksi.
    misal (Supra-X 125 th 2011)

    Kontak ON – Engine distater.
    Download ERROR… apbl muncul catat CODE ERROR – Di RESET.

    Bila ERROR tidak mau di reset, berarti perlu tindakan mekanik.

    Error dg Remark (keterangan) Bagian yg bermasalah.

    3, Setelah TINDAKAN MEKANIK – Colok lagi – Check & reset.

    Seandainya ERROR tidak mau hilang (TINDAKAN TIDAK TEPAT) perlu service yg lebih detail,

    ——————————-

    Semoga bisa mencerahkan mazbro & selamat WEEKEND…

    CMIIW

    Like

  35. Yup, pngalaman ane pk vixi di dumai waktu ada trouble ane dtg k bengkel yamaha yg dkt rmh n mekaniknya jujur bilang g bisa handle vixi n ane disaranin lgsg k dealer besarnya

    Like

  36. para sales Honda terlihat menjawab pertanyaan masalah injeksi ini dengan jawaban klasik…. dari jawaban semua injeksi sama lah… semua ATPM dari semua merek pasti dibekali ilmunya lah… yah mirip2 dulu yang bilang semua motor laki itu pasti bocor tangkinya karena alesan tangkinya diatas … ( padahal sebenernya cuma tangki Honda doang yang cepet bocor ) ..ada jua yang mengatakan dari 10.000 pasti ada 1 motor yang cacad…terlihat diplomatis banget kan…. padahal kalau dikembalikan ke konsumen… konsumen tipe apa yang mau beli motor cacad atau kebagian motor cacad??? adakah??? cuma sales yang mengatakan demikian… karena Fans Boys pun jika dapet motor cacad pasti galau.com

    maap sedikit OOT

    Like

  37. Yang bermasalah satu Dealer Artikelnya langsung menjudge bahwa Dealer Honda belum siap. Seakan2 artikel ini menyebutkan bahwa seluruh Dealer Honda belum siap,Maaf kalo saya koreksi.

    Like

  38. ga pernah pnya motor keluaran AHM pakenya kawak ma Yamaha,,,,jd ga tau masalah “beres” AHASS,,,,tp dari cerita temen2 sih kayanya 3S AHM emang masih di bawah Yamaha,,,,

    Like

  39. Saya sendiri juga masih bingun untuk “Beres” di Surabaya yang alatnya lengkap. Kmrn service pertama Spacy PGMFI ga diapa-apain. Klep aja dikencengin (katanya) tanpa cek/ setting CO. Hasilnya malah BBM lebih boros
    Ada info ‘Beres” Honda yang alatnya lengkap di Surabaya?

    Like

  40. Semuanya butuh proses. Memang dibutuhkan kerjasama yang baik dari lini atas sampai bawah. Jika ada yg tidak beres dgn lini bawah harus segera diperbaiki. Yang penting sudah ada niat dan kesadaran utk menjadi lebih baik.

    Like

  41. waduh kalo ngadu ke fan page WLHI bisa2 dkatakan HOAX tuh,masak service ahass seburuk itu.hehehehe

    wah bisa2 penjualan motor injeksi agak seret neh

    Like

  42. betul SDM nya payah banget,.. maklumlah.. kalau kemampuan orang berbeda2 tp bog ya direferensiin ke bengkel yg mumpuni..
    kasus sy begini..
    sy punya 2 all new cbr 150 punya saya dan satu lg punya adik sy , lalu setelah service ke 2 (gratis) punya saya bermasalah di suara di tangki yg agak berisik.. sedangkan motor adik sy tidak ad suara.
    lalu sy complain ke bengkel di t4 sy service, dia malah bilang wajar kalau suara injeksi memang begitu.., sy tidak puas lalu saya bawa motor 2 new cbr sekaligus. sy suruh dia dengerin. sy bilang masak 2 motor yg sama ,beli di bulan dan thn yg sama tp bisa beda !!
    si mekanik lalu bongkar untuk periksa sekitar mesin,.. habis itu cuman dilihat2 saja.. gak diapa2in..
    (padahal kalo vixion di yamaha sy lihat ada alat deteksi gitu..) >.<
    haduh capek bgt kalo gini..
    beli motor mahal2 tp pelayanan sangat buruk..
    saya minta bantuannya jika ada orang Honda yg sdg baca disini..

    Like

  43. cara amannya, servis aja ke ahass yang sekaligus dealer, karena kemungkinan besar peralatannya lebih lengkap karena sekaligus dipake untuk pre delivery inspection..

    Like

  44. makanya jangan beli honda, sadar om…
    produk honda itu identik dengan lemot, plastik getas, tangki bocor, mekanik bego, desain jelek. honda berkualitas itu cuman jaman dulu, tahun 90-an. kapok dah kalo beli honda sekarang……..

    Like

  45. 37. uikjoss – Februari 4, 2012
    Honda yg jualan motor injeksi variannya lebih banyak aja masih seperti itu, pa lagi produk Yahama yang injeksinya cuma satu produk…… ngehe kayaknya….

    =====================
    Ga ada hubungan pengalaman pelayanan 3S injeksi ama jumlah varian masbro,,,
    Mayoritas motor injeksi masih tetep VIxion lebih 70 persen..dari 2007 ampe 2011. Ya logis aja mereka lebih siap… Dari taon 2007. soalnya bebek injeksi pertama Honda gagal dpasaran beda ama piksen…

    Juga liat beda deklarasi injeksinya… YIMM lebih pada deklarasi kesiapan 3S nya, dengan pelatihan yg masif bukan bukan launching varian injeksi..

    Untuk kebaikan ga apa-apa saling tiru…. Konsumen yg untung ini.. paling cuman pensboi yg mangkel hehehe

    Like

  46. camkan!

    untuk saat ini, urusan 3S paling yahud ya YAMAHMUD!

    untuk urusan jualan cari untung doank ya MAHONDUT!

    untuk urusan mesin bandel ya KAWAKAN ama SIJUKI!

    untuk urusan motor laki murah meriah ya BAJURI!

    gitu aja kok pada bingung sih bang….. pada lebay amat deh

    fyi: ane lebih suka produk yamaha, kawak ama bajaj!!!

    Like

  47. Yamaha jauh lebih siap, v-ixion saya selalu dilayani sesuai kebutuhan injeksi di bengkel resmi manapun yg pernah saya kunjungi di daerah saya Mataram Lombok.

    Like

  48. @ Rendra

    Ane ikut prihatin, motor laham eh mahal kok begini ya….

    Saran ane :

    # Cari bengkel yg pny ENGINE SCANNER with SOFTWARE utk NEW CBR.

    # Pastikan ke-2 New CBR isi bensin yang sama & kondisi panas mesin ideal,
    —————————
    Colok Scanner di CBR yg sehat.

    1. Aktifkan semua fitur (monitoring) di scanner (tdk semua nya sama)
    – Airflow……………… mV
    – Temp engine ……. Celcius
    – O2 sensor ………… mV
    – Rpm ………………… R/minute
    – Charger Voltage…. V
    – Charger Current… A
    – Fuel Pressure ……. Bar
    – TPS………………….. degrees
    – dan lain-lain

    Nyalakan engine…..perhatikan values di LCD Scanner.

    * START RECORDING….(biarkan beberapa menit stationer)

    * NAIKAN RPM / THROTTLE …. perlahan-lahan sekali.

    * HINGGA TERCAPAI RED LINE

    * TURUNKAN RPM ….. perlahan-lahan.

    RECORD tsb, diberi nama FILE CBR-A (atau terserah agan)
    ———————————

    Lakukan prosedure yg sama di CBR yg bermasalah.
    Jangan lupa RECORDING & beri nama File CBR-B.

    ———————————–

    Sekarang COMPARE KEDUA VALUE / GRAPHICS FILE tersebut.

    Analisa…. Apakah perbedaan SIGNIFIKAN ….?

    Dari ini bisa diambil kesimpulan Permasalahnnya…
    —————————–

    Semoga info sedikit ini, mengurangi beban pikiran bro Rendra

    Like

  49. Jangan lupa juga (pas ada Scanner) cek kedua CBR :

    1. Error log di download
    2. Di scanner ada Fitur INJECTION TEST.
    Lakukan & pastikan sukses (PASSED)

    Analisa ane (kira2 ya bro) krn bl pake scanner, karena bunyi2 aneh dari dalam tangki (Fuel Pump).

    Kemungkinan FUEL PRESSURE ada sedikit masalah..

    Tapi biar pasti, pake SCANNER…
    —————-

    GOODLUCK BRO…..

    Like

  50. wah… semoga pihak AHM menanggapinya… semoga artikel ini bukan ajang BC seperti yang dituduhkan FBH… jika ada pejabat AHM yang berkompeten minta aja data orang yang komplain tersebut ke mas IWB. semoga dengan adanya kritikan menjadikan AHM lebih baik. tapi emang pelayanan bengkel resmi yamaha lebih memuaskan..apalagi bengkel besarnya.. ruang tunggu nyaman full ac, free internet… kadang malah sebelum service ada gratis cuci motor

    Like

  51. buat ngatur stasioner mtor injeksi honda ckup putar baut d throtle body ke arah kanan ato kirh aja
    ke kiri buat naikin rpm mesin n ke kanan buat ngecilin rpm
    kbalikan dr karbu
    susi 125r ane alhamd ane utak atik sndiri aman smp skrg

    Like

  52. Dulu supra PGM Fi punya adik saya injeksinya rusak umur baru 3 tahun.tahun 2006 injeksinya karatan jadi pembakaran ga sempurna.klo saja waktu itu sudah ada alat pembersih injeksi dari pihak ahm mungkin ga akan karatan.ya terpaka ganti injeknya habis 1 jutaan. servisnya cukup susah waktu itu.ga semua ahass ada.akhirnya dibawa ke ahas disekitar jalan siliwangi di semarang.glondongan injeksi masih ada tuh dirumah.
    untuk injeksi emang rawan rusak kalau bbmnya gak beres dan mungkin juga kualitas bbm

    Like

  53. @work

    jngn suudzon bro..
    gue sbg pngguna merek h jg fansbeha aka fansboykutang ngga keganggu sm artikel bgnian, bknnya ini malah membantu agar ahm barongsai cepat tanggapi mslh dilapangan..

    *piss bro, salam sakit hati..

    broken heart mode on

    Like

  54. didunia ini tdk ada yg sempurna bro..
    dari 1000 motor yg diproduksi pasti ada 1 motor cacat!
    bukan di honda saja, yamaha, suzuki n kawasaki pun bisa bgtu!

    *fbh mode

    Like

  55. Ya udalah jadi pelajaran..

    tolong donk.. bagian AHASS banyak belajar dari cerita mas catur.
    di dalami lagi tentang pengguanaan injeksi.. biar kertahuan kalau injeksi adalah solusi kita berkendara,

    dibanding karbu gitu

    Like

  56. nah, mudah2an AHM mau baca nih keluahan, kalau sampai buta dan tidak mau baca sangat keterlaluan, bisa2 pidah hati deh gak one heart lagi :mrgreen:

    ayo AHM jangan cuman ngeluarin motor injeksi aja, sekalian jual juga alat pengatur PGMFI nya biar saya bisa bli, buat nyeting2 sendiri hahahaha :p

    Like

  57. Mengenalkan teknologi pada masyarakat khususnya di daerah memang tidak gampang,selain masyarakat yang takut dengan teknologi baru,dari kesiapan ahass sendiri juga kurang.
    Hal ini saya dengar dari om saya yang tinggal di daerah yang punya supra pgmfi yang katanya kalau ada problem pada motornya dia selalu ke dealer ahass di kota yang jaraknya jauh dari tempat tinggalnya,dia punya pengalaman buruk dengan dealer resmi di daerahnya masalahnya hampir mirip kejadian diatas.
    Semoga kedepan ahm lebih memperhatikan skill mekanik dan ketersediaan alat di dealer daerah agar teknologi injeksi bisa lebih diterima masyarakat daerah.

    Salam one heart

    Like

  58. bisa jadi bumerang ini,, jangan sampe orang bilang
    “jangan beli injeksi honda,, susah serpisnya, mending injeksi yamaha aja bro!”
    “oh gitu ya bro, ok lah ane beli injeksi yamaha aja,, dari pada nantinya repot ane beli injeksi honda”

    hahahaa,, 😆

    Like

  59. mas IWAN saya mau sharing pnglman ni..tp bkn pnglman prbdi tp pnglman tmn saya..tmn saya pd bulan november 2011 tepatnya tgl 25,dya rencna mau krdit motor honda..pd hari itu jg ad mrketing dtng krmah dya.mrketing itu menyodorkan brosur”mtor matik honda.awalnya tmn saya niat mau ambil VARIO CBS tp kta mrktingnya gabs,dya bilang nunggunya lama trus tkut JATUH TEMPO (ga ngrti pa itu artinya mas ),,akhrnya dya brbah mau ambil BEAT lagi”mrktingnya bilang hrus nunggu 1mnggu lbih,slain itu mrktingnya jg bilang kamu kan gjian tgl 1 tkut’a duitnya kepakai smua (pd hari itu tmn saya ud pgang DP 1jt lbh) kta tmn saya kan yg mau ambil motor saya knapa bapak yang repot,tp mrkting td hnya diam..akhir’a mrkting itu nwarin stock yg ad yaitu VARIO MMC (mdel plng lama ).y udah akhir’a tmn saya t nrut jg wlpun ga ssuai keinginan hati..yang ingin saya tanyakan knpa mrkting itu bilang honda VARIO CBS + honda BEAT hrus nunggu y mas??pdhal kan hrusnya dh ga indent?????trus kyaknya mrkting honda qo maksain bnget stock VARIO MMC hrus laku gt y mas???tlg pncrhannya mas..trims..
    NB : ma’af kalau kata”nya kurang jelas…

    Like

  60. yang ngebc pada keluar… di trit lalu ada kok bro yang mengeluh ada saran mekanik agar motor sportnya ditambahin aditif soalnya di daerahnya jarang pertmx, padahal di buku manual tidak dianjurkan tambah aditif…
    nah mekaniknya sama kurang gaulnya tho?

    enggak ini enggak itu, jarang mekanik yang mau terus belajar mengikuti teknologi, memahami detail manual dll, itu yang harus diperbaiki… jangan hanya mengandalkan feeling dan pengalaman semata…

    nah, suatu saat kalo semua mekanik dan konsumen sudah pada pinter (tentang injeksi), maka sebenarnya injeksi itu enak lo… hahaha

    Like

  61. kalo mau servis atau ganti part di beres apapun, siapkan data part katalog dan HET nya, cari yang ada RPM meter digitalnya, cari yang kompressor ban nya ada alat ukurnya, cari yang ada AC nya, cari yang ada TV nya, cari yang dapat Soft Drink gratiss, cari yang mekaniknya mantan pembalap, cari yang gak belepotan, cari yang kalo naruh tutup oli kagak di lantai…hehehe

    Like

  62. 105. ●○ qwerty ○● – Februari 4, 2012
    honda irit tapi ngga kuat nanjak..
    yamaha ngibrit tapi cepat rusak..

    *kompor meleduk
    ======
    hahaha kaga pernah lihat tanjakannya honda Win? hahaha
    motor yamaha jaman dulu yo cepet rusak kalo oli sampingnya kaga diisi-isi
    semua motor awet kok, kalo ngerawatnya bener wkkkk

    Like

  63. @ samsi suardi

    jangan anggap remeh kami yg dipelosok, walaupun kami dipelosok sanggup beli motor cash dan nggk ketinggalan informasi..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Like

  64. Masih mending Yamaha dung, ga terlalu berkoar tentang injeksi, iklannya juga ga segencar honda tapi kesiapan SDM dan aftersalesnya satu tingkat lebih baik dari Honda.

    Like

  65. bagus betul ini infonya mas iwan.hampir semua rata2 bengkel resmi sepeda motor memperlakukan konsumen seperti itu.kasar dan kurang pengetahuan.honda memang kurang siap untuk injeksi.soalnya motor injeksinya cbr 250 sama supra injeksi ndak laku.jadi,buat apa diutamakan.Laen sama vixion yg laku keras.

    Like

  66. Bagusan Yamaha donk bro…. sepertinya Honda perlu belajar ke Yamaha, tidak perlu sombong dan bilang jadi pelopor…
    percuma jual motor injeksi tapi tidak sanggup untuk maintenancenya.. yang rugi juga kita2 semua konsumen….

    aduh… ane ngacir beli Yamaha saja lah….selain sudah siap dan pengalaman, sudah lengkap barangnya.

    Like

  67. para mekanik ahass mengecewakan, selain keliatan kurang ahli, mereka juga bekerja sangat santai. tidak mempedulikan owner yang sedang menunggu. saya pernah mergokin mekanik yang mengerjakan motor saya sedang telfonan. ckckck parah. ini pengalaman saya. saya harap ahm mendengar. dan sejak itu, saya sudah tidak lagi servis di bengkel resmi ahm. saya lebih memilih bengkel lain yang berkualitas

    Like

  68. Intinya, kita blm siap menerima teknologi injeksi….karna tidak semua bengkel resmi siap untuk era injeksi….paling tidak masih butuh waktu 2-3 tahun kedepan….jadi yang namanya “brand” besar ngak ngejamin bahwa mereka siap dengan era injeksi….

    Like

  69. Saya baru saja membeli helm in injection setelah saya perhatikan suara mesin lebih kasar dari type2 pendahulunya, saya komplain pd beberapa mekanik honda ahass, mereka mengakui tapi kata mereka sdh karakteristik mesin helm in injection dan masih dlm kewajaran/batas normal. Apakah memang demikian?

    Like

  70. berarti Honpret belum siap…. kalau memang belum siap honpret mesti sabar, siapkan dulu dealernya.. jangan sampai konsumen yang susah….

    mending beli mio j sajalah… lebih aman dan pasti karena sudah mumpuni… buktinya kesiapan vixion sudah membuktikan pendukung FI di Yamaha sudah siap.

    Like

  71. yg namanya “beres” mah emang kebanyakan kerjanya ga beres (ga cuma beres honda, beres lain pun sama aja), ngasal ngerjainnya, mekaniknya masih banyak yg kurang kompeten. cuma stel rante doang ga becus malah bikin roda belakang seret. PR besar buat semua pabrikan buat ningkatin kompetensi para mekanik beres masing2

    Like

  72. curhatan tmn yg pnya CBR150 New…lokasi cilacap…service cuma bersihin filter udara…sma service standart lampu, ban, rantai…
    minta setting AFR beres ngga bisa kasih solusi…kejadian motor di naked…kehujanan…konslet…beres ngga ada solusi…menunggu team dri pusat….

    Like

  73. makanya kalau selesai servis jangan lipa kasih uang tip ke mekaniknya.. hahaha jangan pelit.. Kan jaman sekarang setiap kerjaan bisa dilakukan dengan baik asal ada duitnyaaaaaaa… dunia mau kiamat.. wwkkwkwkwk

    Like

  74. wah kudu berhati2 jg dengan SDM AHASS saya jg termasuk pengguna supraX helm-in injection, kira2 astra honda punya data ga ya bengkel2 yg sudah ready dari mekanik ataupun toolsnya, penggalaman pertaa pke motor ini mememng knalpot brisik mungkin karena BBM msh pke premium setelah saya isi pertamax masalah beres, saya pakai pertamax cuma ini menyesuaikan dengan kompresinya saja.

    Like

  75. saya pernah tanya ke suzuki di malang kenapa belum ngluarin injeksi…tujuanya untuk menghindari hal seperti ini..semua harus bener2 dipersiapkan dengan matang…oleh krn itu shogun fi dimatikan…

    Like

  76. @ WIJAYA,,,KEBALIK BRO,,JUSTRU MULAI 2013 MOTOR KARBU AKAN DI TAMPUNG DI PEMBUANGAN SAMPAH OLEH PEMERINTAH KARENA AKAN DI LARANG,,JADI GA AKAN LAKU LGI DI JUAL.

    Like

  77. 136. ANTON – Februari 6, 2012

    @ WIJAYA,,,KEBALIK BRO,,JUSTRU MULAI 2013 MOTOR KARBU AKAN DI TAMPUNG DI PEMBUANGAN SAMPAH OLEH PEMERINTAH KARENA AKAN DI LARANG,,JADI GA AKAN LAKU LGI DI JUAL.

    ngga juga mas,
    ngga ada motor berkarbu yang dilarang, cuma untuk motor produksi baru secara bertahap memakai injeksi.
    yang 2-tak aja masih hidup.
    kawasaki juga masih pede jualan ninja 150cc 2-tak.
    dan saya sepenuhnya tidak sependapat dengan mas wijaya. karena motor saya aja udah dikejar-kejar makelar (bukan DC lho ya 😛 ) suruh jual kedia karena permintaan tinggi (paling mudah jualnya dan untungnya keliatan).

    Like

  78. Buat info aja ya…… Kalau mau beli motor injeksi, tolong survey dulu bengkelnya minimal 3 bengkel resmi, tanyakan kalau ada yang rusak ada ga alat khusus buat service injeksinya? Kalau ga ada produknya jangan kita beli tapi Kalau ada berarti produk mana yang sudah siapp dan itu yang kita pilih, selamat memilih ya…..

    Like

  79. bukan cuma AHM masbro.. ane di ambon juga ngalamin hal seperti itu..
    waktu ane servis vixy.. ane sempat tanya2.. tuh injektornya perlu dibersihin ga..??
    kata mekaniknya, ga perlu.. yg penting ngisi bensin nya di SPBU..
    note : di ambon blm ada pertamax..
    padahal sebenernya injektor itu kan perlu dibersihkan secara berkala..
    terus mekaniknya saranin ane pake octan booster..
    padahal ane pernah baca di TMCblog kata petinggi YMKI oktan booster ga disarankan buat vixi.. karena disinyalir bisa menghambat selang apa gt..
    note.. ane sedikit kecewa dgn perlakuan YMKI terhadap beres di daerah..
    dan pengetahuan mekaniknya.. yg cuma asal2an aja..
    pernah ane baca dimana gt, katanya YMKI menyiapkan alat pembersih injektor yg bagus cuma buat kota2 besar.. yg kecil cuma dpt kaya semprotan gitu..
    kalo di kota besar, enak.. ada bengkel khusus injeksi.. jadi kalo pelayanan beres krg memuaskan, ada alternatif lain..
    lha di daerah.. yah pasrah aja..
    mo gmna lagi..
    semoga dibaca oleh YMKI yg sekarang jadi YIMM.. atau apalah gt..
    kalo bisa diteruskan juga comment ane via email ke YMKI..
    thx bro.. 🙂

    Like

  80. konyol juga ya ,, secara honda dari jaman dulu dah familiar m injeksi ,,, yang lu datengin mekanik apa security bengkel tuh ??? wkwkw …

    Like

  81. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan membuat pernyataan FI Ready. Padahal Honda sudah lama memperkenal teknologi FI dibandingkan saingannya Yamaha yg baru 2007 masuk Indonesia. Tampaknya pesaing terdekatnya lebih baik dalam hal alih teknologi FI dengan Vixion-nya. Masalah tetap ada tapi penanganannya jauh lebih baik. Bukan cuma mau duluan Semakin Didepan. Trims

    Like

  82. baru aja nyervice vixion di beres, ( SOP ,SP7, gnti oli, bersihin filter udara, filter oli n setting ECU dg FI Diagnostic Tool agar rpm standard) tarikan mantep lgi… yamaha emang siap dg era injeksi… terbukti semua mekaniknya udh dibekali n lulus training FI.. yamaha semakin didepan..:D

    Like

  83. kasihan betul mas…….lagi2 konsumen dibikin bingung n kecewa…ngeri jadinya mo pake ‘H’ yg injeksi……mendingan pake bini tua aja….supra x ato klo mo yg injek ya cari yg sudah terbukti ajaaaaa aah….macem si vivi ato yg baru sekalian mio J

    Like

  84. pelayanan servis terhadap konsumen mutlak diutamakan. kasian konsumen kl servis motor justru yg ada kondisi motornya tambah parah. skill atau keahlian para mekanik harus ditingkatkan lg. beli motor udah bagus2 dan mahal2 tp begitu disevis malah jadi amburadul…. 😦

    Like

  85. AYO AHM…!!! SEGERA PERBAIKI KINERJA DAN SKILL MEKANIKNYA. BEGITU JUGA DGN KELENGKAPAN PERALATAN DI BENGKEL-BENGKEL AHASS-NYA. JGN CUMA MIKIRIN TARGET PENJUALAN MULU. PERCUMA BENGKEL AHASS BERTEBARAN DIMANA-MANA, KALO MEKANIKNYA PADA GAK BECUS NYERVIS. JANGAN KECEWAKAN KAMI HONDALOVERS..!!! INGAT, KONSUMEN ADALAH RAJA..!!! SEKALI LAGI JANGAN KECEWAKAN KONSUMEN SETIAMU..!!!!!!!

    # NO BLACK CAMPAIGN

    Like

  86. Sebelum Tren PGM FI ! Honda kan sudah punya Honda Supra Injeksi, dan pastinya Mekanik dari Setiap AHASS sudah dibekali dengan training PGM Fi dong 🙂

    Like

  87. Pelatihan Mekanik AHASS harus benar2 diperhatikan oleh dealer ato Main Dealer Honda .. krn setau gw, pelatihan mekanik AHASS tuh ada bbrp tahap ..

    ya.. harapannya sih, pelatihannya merata sampe ke AHASS yang ada dipelosok2, biar kasus kyk gini ga terulang lagi ..

    Like

  88. Para maniac brand motor yang bodoh,membela mati-matian merek motor kesayangan,kalo dah mati lagi naek motor kesayangan karena kecelakaan apakah brand yang anda bela mati-matian itu mau memberikan tunjangan dengan harga yang tinggi sampai ke anak cucu anda?

    Like

  89. turut prihatin & miris dg pelayanan mekanik honda. konsumen udah susah payah beli motor, eeh…. giliran diservis malah nambahin kerusakan baru. mekaniknya kebanyakan cuma bisa bersihin karbu ama ganti oli doang tp gak bisa reparasi kerusakan2 pada motor. please duehh…………. 😦

    Like

  90. produk honda emang bagus tapi sayang seribu kali sayang tidak di imbangi dg skill mekanik-mekaniknya. alhasil, konsumen yg selalu menjadi bulan-bulanan menanggung derita & kerugian akibat kinerja mekanik yang tidak profeional. beli motor mahal-mahal, ongkos servis juga mahal, tapi hasilnya nihil & hanya merusak motor.

    Like

  91. mw share ane kmren barusan service pertama supra x injection di bintang motor cibinong (markasnya BRT) tanya2 ke bag service teryata mereka blm pnya alat untuk diagnostic motor injeksi, padahal ane ud sering liat CBR atw PCX di service disitu dan bintang motor termasuk dealer terbesar di kota saya.

    Like

  92. @Fachry ane liatin cuma ngecek fisik aja bro trus sama ganti oli, test riding, masuk ke supervisi, udah beres, ane kira di cek pke alat diagnostic teryata egga wah apa emg prosedur service pertama bgtu, ya?

    Like

  93. @kym oo… lw kemarin ane pas nyervice pertama vixion di beres yamaha, cek fisik, ganti oli, bersihin filter udara, sama cek ECU dg diagnostic tool, cz ada keluhan putaran langsam mesin gak stabil, stelah di setting pke diagnostic tool normal kmbali bro… pas service berikutnya coba aja minta ndk mekaniknya untuk di cek pke diagnostic tool bro,…smga mmbntu bro… 🙂

    Like

  94. Mas Iwan, apa yg dialami bro Catur, juga saya alami……begitu deklarasi injeksi muncu, sy lsg order di honda cengkareng jakarta….inden sekitar 1-2 minggu…nongol tuh spacy injeksi enak masuk bengkel ahass daerah Tendean Jakarta selatan, pas masuk 500Km pertama, lsg saya bawa ke bengkel Ahass tsb, perbaikan biasa saja kok, cuma final ceknya sang montir sedikit menyetel “setelan angin” yg dibawah jok dan mesti buka tutup hitam kecil, katanya biarpun injeksi tetep setel angin juga… saya seh iya -iya aja…. kan blm ngerti juga, gejala pertama adalah besok paginya jam 5-20 ane mau brangkat kerja biasa deh idupin dulu tuh motor…eh baru idup koit… nah looo… (waktu baru dateng pertama tgl 12 des 2011 gress, stasionernya nya memang bikin motor gak mati waktu di idupin pagi2) tapi habis servis pertama motor rada jurang enak nih sepertinya….tapi ane pake aja terus toh baru kejadian sekali itu aja….krn seterusnya enak gak mati2. NAH yg pas servis ke dua nih 2018KM.jumat tgl 17 Feb 2012..di jl arteri pondok indah AHASS….motor saya di utak atik gak tau apanya tuh…yg jelas montir 4-5 orang ngeroyok motor ane, katanya di RESET, montir memasang sebuah alat warna merah ukuran segede jempol kira2, ane taya dong itu apaan mas? oh ini buat reset pak, jadi di jumper pakai alat ini, supaya balik ke setelan awal…. Oh gitu…. ya deh trima aja, lagian ane gak ngerti juga,,,NAH dari tgl 17 itu ampe sekarang motor ane koit melulu, lebih parah dari bengkel yg pertama di tendean…(di tendean mereka tdk mereset -masang alat) …. jadi klo pagi mau idupin motor musti di gas rada kencengan dikit baru deh stasionernya stabil setelah rada panas… tapi kan ane jd repot…. jadi malu juga nih ama tetangga yg pake motor karbu klo pagi gak ada matinya tuh… pemanasan lancar. knp ya dengan motor saya?? ada yg bisa kasi solusi? sebagai catatan: pertama dateng tuh motor klo pagi-siang-malem pas dihidupin motor nyala rada kenceng RPM-nya kemudian beberapa detik turun dengan sendirinya (spt mobil gitu) trus enak deh stasionernya, nah sekarang musti digas dulu dan gak tau turun RPM-nya kapan, rencana servis yg ketiga jadi rada deg degan juga nih……jgn2 tambah gak jelas nih motor…. thx mas Iwan

    Like

  95. Akur lah,,,,pengalaman saya,,,alih2 mw naikin Performa skrg mtor sy statusnya gantung,,,pgmfi 2008 udah di porting polish n ganti modul, tp g bisa naik co, jd brebet di rpm Rendah, syaangnya main dealer terbesar di jawa barat pun seakan tidak mw tau dgan keinginan konsumen yg ingin menaikan performa motornya ini, mrekaa malah cenderung nyuruh motor sy dibalikin ke settingan pabrik. Promosi gencar tp Tidak dibarengi kelengkapan pemenuhan kbutuhan konsumen yang beraneka ragam sm jg bhong,,,irit memang penting,,apalagi skrg musimnya hemat bbm,,tp kl kdg diasepin mtor yg lebih murah harganya?? Sy berharap kelebihan honda smoga G cm di irit,,kl model g usah dibahas, dr dl honda plg kaku bentuknya.

    Like

  96. Cari AHASS yag punya HIDS (digital engine scanner) mas Bro.
    Kota besar seperti Surabaya saja hanya Main Dealer yang punya alat itu.
    Yaitu di AHASS MPM Jl.Simpang Dukuh, Surabaya..

    Like

  97. Ane punya supra x helm in pgm-fi setelah diservice pertama malh bunyi agak keras di tutup injeksi yang sebelah ttup tangki bensin,apakah benar klw itu bunyi?tolong jawab…..

    Like

  98. Gan, ane baru beli Supra X Helm In PGM FI, pas service 500 Km pertama semua bagian depan motor dibongkar, kata mekaniknya untuk reset injeksinya, bener kagak gan motor gua diperlakuin seperti itu? Koq g pake HIDS y? Ane bingung gan, mohon pencerahannya sebenarnya service motor injeksi yg bener gmn? Ahass di semarang yang sudah bisa menyervice honda injeksi ahass mn y gan? tq

    Like

  99. ga semua mekanik handal…….!!!!!!!!!!!
    kadang hasil servis lebih enak bengkel jalanan……
    buktinya saya sering servis d ahas sekaran semarang sering kecewa n stelan stasioner tak enak dh gitu mahallllllllllll,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    haaaaaaddddeeeeeeehhhh……

    Like

  100. supra x 125 injection memang bagus mesinnya, tapi kalo di jaln rusak matian terus solusinya bagaimana,pakai aksesoris lampu memng mentereng

    Like

  101. Ya itukan keluhan pengguna honda dan saya yakin sssemua dealer atau bengkel resmi semua merek mtor psti ada problemlah..
    Yg blang enggak jelas ngotak alias tipu alias ndobol alias bohong.
    Ya memang bagus sih adanya masukan buat honda tentang buruknya penanganan terhadap injeksi dan smoga itu bsa menjadi pelajaran buat honda untuk lebih baik ke depannya dan jadikanlah itu sebagai masukan yang membangun. Karna untuk menuju sukses ya pstinya akan mlewati yg namanya ksalahan dulu, dan smoga dengan ksalahan yg trjadi honda bisa mmperbaikinya hingga bisa benar2 menjadi juara yg blajar dari kesalahan.
    Tapi saya kurang setuju dengan koment2 yang terlalu menjelek jelekkan honda dlam sgala hal dengan memanfaatkan postingan yg ada. Krna pabrikan lain pun psti punya prmasalahan baik pada motornya ataupun pada mekaniknya dlm hal trtentu. Atau mungkin malah lebih buruk dari honda.
    Saya buka saja pnglaman saya di sini pda saat sya pnya jupi mx, apa yg di ktakan mas catur tentang mekanik ahass yang mmbuka bodi mtor dgn kasar saya alami juga pada saat saya mnservis motor jupi mx saya, dan buruknya lagi adalah setelah saya cek kmbali di rmah ternyata banyak skrup bodi yang gak di pasang kembali oleh mekanik dealer yama, bhkan setelah servis karburetor di dealer tsb, mtor jupi mx saya serasa ngadat2 pada putaran rendah dan mnengah.
    Untung ada seorg kawan yg sngat mnguasai servis karbu dn akhirnya dia yg mmperbaiki.

    Maaf sbelumnya sya bnar2 bkan bermaksud mnjelek2 kan siapapun tapi dari situlah saya dan kita semua bisa berkaca alias bercermin. Dan mengetahui bilamana ada suatu keburukan dari suatu pbrikan tertentu bukan berarti bhwa pbrikan lain tanpa masalah. Dan kita semua tentu harus memahami bahwa semuanya psti mmliki problemnya msing2.
    Jika ada masalah,, tentunya masukan seperti yg mas catur berikan adalah sangat baik sekali.
    Tapi jika konteksnya sudah menjelek2 kan bahkan dengan kata2 yg menjatuhkan sperti yg dilakukan bbrapa komentator tentu kurang bagus, krna itu justru mnandakan anda adalah org yg tidak berkaca sehingga anda dapat mengetahui adanya kotoran cicak yg kecil pada wajah orang lain tapi anda tidak mengetahui adanya kotoran sapi yg bnyak pada wajah anda sendiri.

    Like

  102. pada kelanjutan keluhan saya terdahulu memang tidak pernah ada respon dari honda, jadi ya sudahlah…drpd berkeluh kesah lebih baik betulin sendiri, toh dapat ilmu juga walau sedikit-dikit, sekarang motor saya sudah enak …..cuman ya kecewa juga seh… kok tidak sesuai harapan saya dengan hasil perbaikan bengkel… drpd capek…kerjain sendiri aja dah….

    Like

  103. maaf terlambat nimbrung, bagi agan-agan yang punya motor injeksi khususnya Honda bisa kunjungi http://www.mansurweb.blogspot.com, ada beberapa materi yang bisa dijadikan tambahan pengalaman tentang motor injeksi, so admin blognya adalah mantan instruktur teknik di Honda, siapa tahu bisa berbagi ilmu dan pengalaman …., sumonggo …,

    Like

  104. @Pak Handy,

    Maaf saya baru lihat di blog ini keluhan motor bapak.
    Saya ingin bertanya apa Bapak sudah pernah meminta bantuan dari mekanik kami. Mungkin kami bisa membantu menyelesaikan permasalahan Bapak.

    Apabila bapak ingin bertanya mengenai motor Bapak bisa lansung mengirim pesan ke sales@hondacengkareng.com dengan data pembelian bapak.

    Pak Iwan pemilik blog mungkin rela membantu kami memberikan email Pak Handy agar bisa kami follow up.

    Terima kasih.

    Like

  105. yang ane liat kayaknya suzuki yang diem damai damai aja ya…. berarti yang diem itu kemungkinan yang bisa dipercaya… wkwkwk
    *PISS COYY*

    Like

  106. ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ
    (Assalamu ‘alaikum Wr. Wb)
    ..saya sngat stuju dgn pndapat Agan…yuppzz..lanjutkan…sy jg User Supra X 125 helm in…tp br 1 mnggu..jd mngkin sy blm bs mnmbahkan keluhan sprti tersbut pd tuh mongtor Gan..maaf yacckk gan..lam kenal…

    Like

  107. Injeksi ane pake sejak taon 2006 honda supra x 125r. trus tambah vixion sekarang ganti vario pgmfi. 2006-2012 honda supra anteng2. vixion 2 taon ganti spul sama kiprok. Jaringan servis kalo jkt merata. ahass dan yamaha please perbaiki donk mutu after salesnya. sabar bro catur…

    Like

  108. saya juga kecewa dengan produk injeksi honda ini .,saya punya vario yang belum berumur 700 km waktu itu sudah sering ngadat, setelah 1000 km saya service di ahas kota saya, cuma jawaban dari mekaniknya masalah ini belum bisa diatasi, karena peralatan belum ada……….sang mekanik gak berani bongkar2 aja katanya…….bagai mana pemecahan masalah ini dari honda?

    Like

  109. sekedar share, pemakaian injeksi sebenarnya simple untuk service, jangan lepas throtle body apalagi socket sensor karena harus me-reset ecu, kalau gak punya alat, coba cari2 manual book bgm mana cara reset manual (tanpa alat scanning) dan cari kode2 MIL. karena semua pabrikan menggunakan cara manual kalo tidak ada alat scan tools.
    kalau service mengacu seperti mobil didesain untuk jarang dilepas dan biasanya disemprot dgn injector cleaner tanpa melepas throttle body sehingga aman untuk tidak me-reset ecu. Dan kalo habis disemprot ternyata masih tersendat coba bersihin busi jika ada gejala maka biasanya sisa kotoran di TB menempel di ujung injektor (kasus jarang namun mungkin terjadi). kalau pun tersendat biasanya error terdeteksi di MIL. cuma masalahnya menjumper dan reset manual butuh ketelitian dan telaten karena berhubungan langsung dengan kelistrikan dan komputer ECU tadi.

    Like

  110. HONDA emang motor kren, sederhana tapi tetap jadi pilihan itu dulu. Ketika kake muda. kalau jamannya sayamah sudah kuno itu nama motor. versi saya honda ituh kolot, maksudnya apa??? bentak yang pro honda,.. tenang boss aku juga pake honda ko ( karisma + Supra) kenapa kuno ya kuno aja. jelasin dong!!?? jangan kuno2 aja masih kata yg pro honda hehe,.. ya kuno dari desainnya aja tumpul gak cocoknya orang tua,.. tdk seperti kawasaki suzuki dan yamaha. desainnya anak muda bngetttch, nirukan andre OVJ. oke, desain mah gak begitu penting, samber pendukung sayap elang hehe. yang penting DOHC tidak SHOC, percuma aja DOHC,..buat ngebut dimana?? jalanan sudah macet,..catat!! honda belum siap mEnggunakan INJECTION,..kenapa ??? BENTAK pemilik honda sambil ngepalkan tangan mau nonjok,.. hehe.. ya lihat aja ke AHAS selain peralatannya belum lengkap delernya 1 banding 5 sama Yamaha. ah peduli ada yng marah juga, da kebukitian d jalannan Vixion menang,…eh kalau bison itu motor mana kok nagku produk yamaha sih?? bukannya bajaj…jauh2 sana hehe….

    Like

  111. Kebanyakan bengkel resmi dr produk merek yg mereka k3luarkan,rata2 dibengkel yg kecil resminya memang masih banyak mekanik yg blm berkompeten tp kebanyakan hanya yg dipusat yg memiliki kredibilitas yg baik.MUngkin ini harus kita maklumi ditambah masih ada sebagian bengkel resmi yg melemparkan kebengkel umum dalam penservisan besar mesin kendaraan krn memang mekaniknya blm mumpuni mungkin…biasanya dalm 1 bengkel hanya satu yg bener2 paham dalam dunia mekanik sisanya lg dlm proses belajar…semoga untuk kedepannya semua akan menjadi lebih baik

    Like

  112. gw bantuin jawab y 😀

    pertama gw kasi tau dulu perbedaan injeksi & karbulator
    kebanyakan motor kalbulator tu membutuhkan rasio komperesi d bawah 9,0
    sedangkan FI membutuhkan rasio komperesi d atas 9,0 (bahkan d atas 10,0)

    Nilai oktan (RON) pada BBM jenis bensin :
    Premium (88) Baik untuk mesin dengan rasio kompresi [7 s/d 9 : 1]
    Pertamax (92) Baik untuk mesin dengan rasio kompresi [9 s/d 10 : 1]
    Pertamax Plus (95) Baik untuk mesin dengan rasio kompresi [10 s/d 11 : 1]

    nah kenapa suarany bisa jelek ?
    karena motorny membutuhkan ratio 9,0 – 10,0,tapi d kasi premium (taruhan deh ma TS,bener g klo motorny d kasi premium ?)

    kalo d biarin gitu terus,lama2 mesinny motor bakalan jebol

    Like

  113. yah itulah kenapa sebaiknya kalo stiker bensin tanpa timbal diganti dengan pertamax, ngga semua ngerti yg tanpa timbalnya loh,
    kayanya sampe sekarang masih ada sdm beres yg belum memahami setingan injeksi, baik dengan HDS ato manual….
    Kendala di Honda, biasanya setting COnya….alat AFR meternya blm semua punya, karena menurut masukan dari temen2 di beres yg biasa menangani motor injeknya honda, ecu dah diprotek….bener apa ngga nya saya pribadi belum tau…..

    Like

  114. honda spacy abis diservis dan diganti bohlam lampu malah batok lampu bergetar hebat,,,bengkel resmi ahass tapi ga bisa pakai kartu vip honda di ahass berkah motor cipondoh,,malah salah tulis km di buku servis yang harusnya di km 20rb,malah di km 15rb,,bengkel resmi kualitas jalanan

    Like

  115. Ane pernah pnya supra injeksi. Tuh motor gak kuat nanjak. Gigi 1 gas mentok mlh turun lgi. Suara mesin jg kasar. Servisnya kurang memuaskan. Dsaat yamaha udh pake laptop honda msh pake obeng. Itu motor injeksi apa karburator. Jdnya motor ane balikin aja ke leasing. Kecewa berat. Ngaku irit tp kalah irit sm soul gt.

    Like

  116. Jd ingat meong j saya keluaran 2012, dari pertama kali service klo ke beres yamaha (saya di kabupaten bukan di kota besar) pasti selalu dicolokin alat ke bawah bagasinya… Kyknya itu utk atur ecu deh… Abis itu motor jd anteng lagi… Servicenya tiap 3-4 bulan ke beres… Klo ganti oli bulanan cukup ke bengkel biasa aja hihi…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s