Brojolnya Bajaj Pulsar 200NS menampar eksistensi produk Jepang??

Jepang…sebuah negara yang disegani sejak era pecah perang dunia kedua. Seluruh daratan Eropa dan Benua Amerika terhenyak tak percaya ketika pesawat tempur Nipon berhasil menekuk armada udara Inggris dan Amerika. Dibekali mesin Mitsubishi…..manuver serta speed kala itu tergolong lebih superior dibanding lawan. Ketangguhan negara matahari terbit memaksa Amerika, Inggris dan Perancis bergabung . Hingga tragedi terjadi. Bom Atom dijatuhkan diHiroshima dan Nagasaki…meluluh lantakan semua yang ada. Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat…..

Sejak terpuruknya ekonomi akibat perang….Jepang bertekad bangkit. Belajar tanpa kenal lelah dan terus mempertajam pengetahuan disegala sektor. Lambat laun keterpurukan berubah menjadi kesuksesan. Dari segi teknologi khususnya roda dua….merekalah rajanya. Disaat pabrikan Eropa lebih suka bermain kelas moge…secara jeli mereka meracik kuda besi kubikasi mungil. Pasar Eropa dan Amerika yang sebelumnya melakukan resistensi…akhirnya menyambut hangat produk-produk Jepang. Irit, handal, mobilitas tinggi, ekonomis, harga kompetitif serta kualitas bersaing menjadikan motor-motor Jepang cepat merebut hati biker seluruh dunia. Hingga jaman berganti…..

Munculah pabrikan India yang mampu menawarkan motor dengan kualitas dan harga bersaing. Mereka seperti tahu bahwa kubikasi mungil tidak hanya dituntut irit dan ekonomis namun juga kencang. Tolak ukur demand dan tren sudah bergeser. Ketika biker jaman dulu motor hanya digunakan untuk mobilitas sekedarnya……kini telah menjadi semacam cap atau prestige yang bisa mengangkat proud atau rasa bangga pemilik. Konsumen juga semakin pintar…tidak mudah dibohongi dengan tampilan facelift ala kadarnya. Karena itulah…Bajaj, sebuah pabrikan yang dianggap remeh oleh mayoritas pemerhati otomotif dunia mampu meracik kuda besi mumpuni dengan harga terjangkau. Tak ayal beribu pertanyaan muncul, ada apa dengan Jepang?? kenapa mereka yang sudah malang melintang sebagai produsen handal sejak jaman dulu, menjadi terkesan under dog pasca munculnya Bajaj Pulsar 200NS??…..

Menilik performa…bisa IWB katakan brojolnya Pulsar 200NS memang merupakan sebuah tamparan buat produk Jepang. Tidak percaya? silahkan intip tabel komparasi motorsport yang IWB comot dari Blog bro Ridertua (klik disini) berikut. Nyaris…seluruh motorsport (satu segmen) yang bertebaran ditanah air, bukanlah lawan Pulsar generasi anyar. Begitupun desain……harus jujur kita katakan, P200NS sangat bisa bersaing dengan produk-produk matahari terbit. Stylish….modern look…..wah dan enak dipandang mata. Dari segi banderolpun Bajaj mampu mempermalukan Jepang. Yup….budaya yang terus dipelihara oleh Bajaj yakni value for money tetap dipegang. Btw…apakah ini artinya P200NS bisa mengancam eksistensi motorsport lokal??….

Kalau menurut IWB, mengancam sih tidak. Mungkin bahasa yang tepat adalah….menggerogoti. Untuk pada level mengancam…masih jauh sebab banyak PR yang kudu dibenahi oleh pabrikan India khususnya cakupan 3S, kecakapan mekanik plus standart pelayanan yang kurang maksimal pada masing-masing dealer. Sisi ini sangat besar pengaruhnya. Anyway….IWB sebenarnya yakin mereka juga bisa meracik kuda besi se-powerful Pulsar….200cc output 23.5HP.  Tapi konsekuensinya??…biasa banderol akan terdongkrak. Jika dipaksa murah….lazimnya akan terjadi efisensi atau pemangkasan cost yang ujung-ujungnya berdampak penurunan kualitas. Itulah fakta yang sering terjadi. Last….sebuah tantangan bagi pabrikan Jepang untuk brojolin kuda besi segarang P200NS dengan harga terjangkau. Yah…memang tidak gampang sebab menyangkut profit plus tetek bengek birokrasi yang kita sendiri tidak tahu. Apakah mereka mampu menawarkan kuda besi semurah, sekeren dan sekencang pabrikan India?? monggo berikan analisa mzbro semua….(iwb)

Noted :Click to enlarge the Image

142 thoughts on “Brojolnya Bajaj Pulsar 200NS menampar eksistensi produk Jepang??

  1. Bukan motor gw yg kemurahan,tp motor elu yg kemahalan…<kata2 direksi BAI ini sangat menancap sampai skrg…

    Like

  2. Penguasaan pasar mematikan inovasi… itu terjadi di semua sektor industri…. buat apa riset mahal kalau dikasih yang sederhana aja bisa dijual mahal ?

    Like

  3. klo yg tinggl di jawa c oke2 az beli klo d klimntan gni plngan bisa d itung yg bli coz dealernya cm ad d ubukota provinsi…..
    lagian org dah pcya bgt ma produk jepang…..dealer merata,bengkel pnggir jalan jg bisa fix klo ad ap2 pkkx msalah 3s masih mng jpang….

    Like

  4. dg keluarnya p200ns harusnya merk jepun bisa ngasih motor terbaik dg harga bersaing.kan mereka udah jadi raksasa.untung dikit ga pa2 dech.ati2 aja kl new pulsar trbukti kualitasnya trus si jepun gak berbenah,lama2 pasar sports mereka bakal tergerus.kl si indihe laku keras tentu 3s nya jd merata,bikin pabrik dsini.acha….achaa…..

    Like

  5. Tak tunggu kedatanganmu New Bajaj Pulsar setahun lagi bakal
    tak tukar tambah piksonku.
    3S Tolong dibenahi juga BAI…!!!
    Mosook servis harus ke semarang…!!!
    Buseet dah….
    Ayo mas Iwan mulai nabung dari sekarang juga biar nanti kalo hadir disini langsung beli CASH…!!!!
    Di sinyalir nanti rondo pikson, kebo, Nmp, tiger, scorpio pada mangkrak di showroom bekas..
    wkwkwkwkkk…
    New P200 Pretty Zhinta…
    Mantaaappp….
    Hehehehee…

    Like

  6. 3S lagi……………..
    Coba kalau yang bikin tu anak SMK, bukan menampar lagi tapi mengubur hidup2.

    Like

  7. kira-kira thn 2015 mah fresh g ea tampilannya ?
    soalnya kuat belinya baru tahn sgtu, hehehehe…

    Like

  8. Kalau model pemerintahan kita ala Jepang pasti maju, tetapi di sini yang di tonjolkan pemerintaj kita adalah korupsi , kolusi , gengsi, & biokrasi benang ruwet akhirnya jadi bangsa yang ruwet…

    Like

  9. ane setuu bgt sama masbro, dimana pabrikan jepang masih pelit akan teknologi/fitur, tp bajaj melihat celah itu dan langsung menyerang tepat sasaran, semoga pabrikan jepang terangsang akan kehadiran pulsar 200 ns ini, meskipun dianggap “sebatang jarum” oleh pabrikan kelas kakap, sebuah “jarum” tetap bisa “menumpahkan darah”

    Like

  10. hmmmm liat nanti aja

    pricing,serta animo masyarakat tentang motor ini

    saran buat Bajaj sih iklan motor ini mesti gencar (kalo jadi brojol),tidak perlu brand ambassador,yang penting gencar n informatif (ttg keunggulan)

    Like

  11. disinyalir P220 n P180 trus gak laku, coz pada nahan diri buat nunggu p200ns, kalo p135 sih beda segmen, coz hrgnya bakalan jauh bedanya,
    BAI bakalan pusing 7 keliling bgmn biar stok p220 n p180 cepet habis….

    Like

  12. tadinya saya niat banget meminang 1 unit P200NS, tapi berhubung ada rumor bakalan ada versi full fairingnya ya ditahaaaan lebih lama deh…
    yg naked aja cakep banget, gimana yg full fairing yaaa…? apalagi yg twin silinder 350 cc, wuihhh mantab deh…inilah buah hasil dari cinta produk dalam negeri rakyat india, indonesia kapan ya….?

    Like

  13. dari hasil komparasi kayaknya kekalahan pulsar cuma di bobotnya aja ya. Harusnya ini bisa diconsider sama bajaj. Dari P180 sampe P220, bobot pulsar diatas rata2 kompetitornya. Andaikan bobotnya bisa dipangkas lagi pasti maut banget.

    Like

  14. pokoke selama 3S nya belum apik, cuman lirik2 doang aktifitas paling tinggi (krn pernah kecewa banget pas pake XCD!!)

    kalo dah apik, beli bajaj…

    Like

  15. Pulsar NS200 emang cakep ueiiy, blm ada produk jepun semantep ini dan bikin mata melotot kyk gini dimari..
    India bergoyang,, caiya,,caiya…

    Like

  16. Bajaj masih punya jepang juga kan? nih anak perusahaan di Indihe sono “Kawasaki Bajaj Motor Ltd. (India”

    Like

  17. Kalo di india pabrikan jepang harganya bisa bersaing…… Kalo disini emang keenakan… Gak ada kompetitor, jadi pasang harga operpress…

    Like

  18. Makanya spacy n spacy injeksi bisa murah, wong dasarnya memang murah ko.
    Kena deh semua pabrikan jepang sama india, tvs juga mantab, belum lagi Hero yang mungkin saja akan masuk. Bisa2 pemilik dealer pindah haluan k india. Cape deh….

    Like

  19. Saya setuju dalam kutipan artikel mas iwan “Tamparan untuk pabrikan jepang” mereka pnguasa pasar udah gmw berinovasi ala kadarnya jual mahal.

    Like

  20. Tuku ahh tak anggo ngeluyur nek regone pas, yen merk2 oper preeet rak gelem tuku ke lautttttt. . .

    Like

  21. Bajaj & KTM sebuah sinergi… yang meyakinkan, meski mereka ngomong beda tuh Bajaj n KTM…
    boleh aja pengingkaran itu muncul, faktanya Bajaj seperti melambung dari sisi penguasaan teknologi dan perubahan besar dari sisi desain produksi, jika masih ada yang mencibir Bajaj saya rasa bentuk ‘kecemasan’ akan produk yang mereka jual aja

    Like

  22. Kutunggu dua tahiun lagi, sampai velontirnya bejibun…yg penting jual baliknya jangan dihitung kaya besi kiloan aja…

    Like

  23. mas iwan tolong tanggapi ya.. menurut saya. jepang bukan tidak bisa buat motor 200cc dg power 23.5 hp. tapi tidak mau. mengapa? ini agak beda dg alasan mas iwan. saya amati adalah karena menyesuaikan dg oktan di indonesia yg hanya 88. yg berarti PERBANDINGAN kompresi tidak boleh melebihi 1:10. jikapun diatas it harus dikurangi TEKANAN kompresinya. contoh: cbr 150. kecuali kelas 250 jepang menempatkan ke produk premium jadi kompresi gak masalah. kasus pulsar 200ns sangat jelas power gede didapat dari kompresi tinggi (duke 1:11.3). dan pulsar gak mencantumkan it. pendapat saya it disengaja supaya knsumen gak mundur karena wajib pertamax plus. gmana pendapat mas iwan?

    Like

  24. @Meme, iya juga ya…mungkin Bajaj mendukung program pemerintah untuk tidak memakai BBM bersubsidi.
    Waduh tiap hari melototin wallpaper PC yang bergambar P200NS. Padahal P220 aja belum genap setahun, belum lunas lagi. Heheheh bagaimana klo kita patungan Mas Iwan, sama2 di Depok ini. 🙂

    Like

  25. sebenarnya bisa saja jepun bikin motor2 keren dengan harga murah, cuman ya itu dah kadung ngasih harga tinggi, jadi mau ngak mau naiknya dikit 2, masa motor baru spec yyuhud harga di bawah 20jtaan..yg lama bakalan nggak laku donk..?

    gosip ntar ada versi FS nya + injection ya, nuggu ini aja lah..:D

    pensaran sama tampang aslinya

    Like

  26. Bisa sih bikin seperti spek new pulsar, tapi malu untuk turun harga karena sudah terlanjut operppresss, Nipon terlalu Bangga.

    Like

  27. @meme: baru sadar lok bajaj nyembunyiin tekanan kompresinya. tp lok dipikir2 benar juga. jepang mendowngrade kemampuan mesin d indonesia karena oktan cuma 88. saya baru sadar walaupun perbandingan kmpresi vixion sama dg r15. tapi TEKANAN kompresinya berbeda. silakan cek d manual book kalau tidak percaya

    Like

  28. torque 18.3 Nm @ 800??

    seat ht-rider 805mm(ketinggian buat org Indoensia)

    145kg,,

    ??????????????????????

    Like

  29. ayo india luluhlantahkan jepang dengan bom atom mu.. Spya jepang kembali menyerah dan berhenti menjajah indonesia dng produk overpretnya..

    Like

  30. yah.. paling nyogok pemegang regulasi agar dihambat sebisa mungkin, kayak model mobnas.. menawarkan kuda besi semurah, sekeren dan sekencang pabrikan India?? tak mungkin.

    Like

  31. kayaknya udah heboh aja…
    menurutku p200ns memang keren
    tapi kerennya OVER!!!!
    kalo terlalu murah…..
    jadi gak ada exclusivitas!!!!
    kalo semua orang bisa pinya jadi gak seru !!!!
    hahaahahah

    moga aja di mari harganya diatas 28jt !!!! 😈

    Like

  32. tapi mulai kerasa koq kalo pabrikan jepang mulai hati-hati pasang harga produknya, contoh kasus spacy, mio J, NWP yang terhitung cukup masuk akal harganya…
    semoga kedepan makin banyak harga motor jepang yang bersahabat di kantong masyarakat kita.

    Like

  33. produsen motor2 merk jepang disini aja yg ng punya rasa nasionalis, dari pembodohan massal ampe ng pernah menghargai rupiah, bikin barang murah trus dijual mahal, semahal-mahalnya manfaatin kekurang pahaman bangsa tentang teknologi .

    Like

  34. @meme…
    Pernyataan anda tidak sesuai pada pulsar 220 vs scorpio..
    Dimana pulsar dgn 220cc dan kompresi 1:9,5 dapat memuntahkan tenaga sampai 21hp, sedangkan scorpio walawpun 225cc dan nyatanya lebih besar dan rasio kompresi sama, tetapi lebih inferor/cuma menghasilkan tenaga 18hp…
    Beda sampai 3hp…

    Dan juga antara pulsar 135 vs jupiter mx…
    Lihat saja pulsar yg sama kapasitas mesinnya, dan lagi kompresi yang tak sampai 1:10, yakni cuma 1:9,8 tapi dapat power melebihi jupiter mx.. Pulsar 135 – 13,5hp, sedangkan mx cuma 12 an hp.. Padahal mx memiliki kompresi yang jauh lebih tinggi….

    Tanya kenapa??

    Atau juga antara pulsar 180 ug4 vs tiger…
    Kompresi sama, tapi power beda 1hp… Padahal pulsar lebih kecil 20cc nya..
    P180 – 17hp
    tiger – 16hp..

    Tanya kenapa?

    Dan lagi konsumsi bensin lebih irit…
    Nah looh…
    Silahkan adu irit antara pulsar 135 vs jupiter mx…

    Like

  35. Ditunggu real live product ama test ride-nya deh… Moga2 dengan ekspektasi yang tinggi saat ini, tidak melorot pada saat penjualan, sehingga mengakibatkan bumerang ke brand itu sendiri.

    Like

  36. “bom atom” kedua yg diterima Jepang.

    Seandainya? Masih seandainya? Jepang meladeni tantangan India? Gmn dong? Harga turun, fitur dan spek mantab, trus kualitas malah naik? Gmn? Gmn itu nasib P200NS?

    Untungnya hal itu masih sulit terjadi, so, bravo Bajaj…..

    Like

  37. @bro iwan,
    buat pasar indonesia, motor kecil 250cc kebawah kayanya benar, emang tamparan buat atpm jepang spt ahm n yimm, itupun kalo pulsar yg digemborin ini masuk indonesia.
    tp tamparannya hanya utk atpm sini ya, buat dijepang sana sih, gue rasa honda n yamaha atau suzuki n kawak ngga mikirin merek bajaj ini mau lagunya kaya apa kek, tetep ngga dianggap ancaman.
    nah kalo jadi masuk sini, jelas konsumen yg umtung, hitung2 bikin melek atpm jepang spt ahm, yimm dsb kalo jual mtr jgn kemahalan.
    oke bro.

    Like

  38. 7. NN – Februari 3, 2012

    klo yg tinggl di jawa c oke2 az beli klo d klimntan gni plngan bisa d itung yg bli coz dealernya cm ad d ubukota provinsi…..
    lagian org dah pcya bgt ma produk jepang…..dealer merata,bengkel pnggir jalan jg bisa fix klo ad ap2 pkkx msalah 3s masih mng jpang….
    ———–
    wah peluang itu bro (kalo punya duit) bikin dealer bajaj pasti langsung moncer.. :mrgreen:

    Like

  39. @bybre aka brembo. bukan perbandingan kompresi mas. tetapi TEKANAN KOMPRESI. awalnya saya juga bingung. tp setelah mempelajarinya saya faham. walaupun perbandingan kompresi sama tetapi TEKANAN KOMPRESI bisa berbeda. mudahnya begini sebuah kaleng 100cc di isi udara 100cc . kemudian kaleng dmampatkan 10 x lebih kecil. otomatis tekanan udara sekarang 10x lipat dari udara sekitar. akan tetapi jika kaleng 100cc di isi udara 80cc dan ditekan 10x lipat maka tekanan kaleng sekarang cuma 8x lipat dari udara sekitar. hal inilah yg terjadi pada cbr 150 indonesia kenapa power drop dbnding thailand. vixion power drop dibanding r15. padahal spec sama (bro bisa ambil data di buku manual). dan hal ini sengaja g di jelasin oleh atpm. you know lah ini masalah teknis bgt. dan just litle bit kn ow it. o ia sbg catatan. semakin tinggi tekanan kompresi pada TMA semakin besar power dan SEMAKIN EFISIEN(irit). tetapi kendalanya BAHAN BAKAR DI INDONESIA REGULERNYA ADALAH PREMIUM OKTAN 88. semoga memberi sedikit informasi.

    Like

  40. mungkin pabrikan jepang kurang memperhatikan ancaman dari pulsar ini..
    lha wong kue pasar motorsport cuma kecil..
    jepang nya berpikir gini.. biarin aja.. gw masih dapet untung dari produk2 skutik ma bebek, yg notabene lebih besar dari sport,,
    itupun belum tentu juga bajaj bisa menggoyang motorsport jepang..
    anda tau kan mindset masy indonesia..
    ga semua org rajin baca blog bung..

    Like

  41. @adi: kalau prediksi saya kemungkinan pulsar 200ns mengguncang jepang sangat besar mas bro. memang benar mungkin dari 1000 pengendara moto. hanya 1 orang yg sering ngeblog. akan tetapi 1 orang akan menyebar ke 100orang lainya. dan ketika pulsar dah mulai bnyak di jalan. itulah sebenarnya iklan yg benar2 mempengarui konsumen.

    Like

  42. motor sport cuma kue kecil?? ini adalah statement yg bener2 membuat saya seperti orang yg amat sangat bodoh.

    Like

  43. @meme :
    kemungkinan itu tetap saja ada bro.. tp ga semudah itu ane rasa utk menggoyang eksistensi pabrikan jepang di indonesia bro.. mindset itu udh tertanam lama di masyarakat disini bahwa motor yg bagus ya jepang..
    lagian bajaj 3S nya boleh dibilang masih sangat2 minim.. lain kalo 3S nya udh setara ama pabrikan jepang ya..
    dealernya cuma ada di kota2 besar..
    belum merata ke seluruh indonesia..
    ane aja yg di daerah (ambon) yg notabene ibukota prov.. ga ada tuh dealer bajaj.. motor pulsar sendiri bisa dihitung dgn jari disini, dan kebanyakan org ga tau ada spda mtr merk bajaj.. 😀 hehe..
    emang sih pasar di daerah ini kecil.. kadang ga diitung..
    tp itu salah satu yg membuat bajaj masih perlu banyak perbaikan untuk menggoyang pabrikan jepang kalo menurut ane..

    dan tentang motor sport, pasarnya cuma ga sampe 10% kalo ane ga salah dari penjualan sepeda motor di indonesia bro..
    bandingkan dengan penjualan skutik da bebek yg mencapai 90% bahkan lebih..
    gini aja, kalo anda sebagai pedagang, anda pasti akan lebih memfokuskan diri untuk pasar yg lebih besar kan..? hehe..
    no offense bro.. ane hanya mengutarakan pendapat ane..

    Like

  44. motor yg menarik…powernya serem sampe2 alur ban depan yg dipake terbalik seperti moge 400 cc keatas..untuk membantu pengereman…mantab kalo cepet masuk ke Indonesia

    Like

  45. @meme : klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC single silinder over bore coooy.. Lagian soal tekanan itu jelas ngaruh dari rasio kompresi itu sendiri kaleee.. dan banyak lagi faktor soal tekanan kompresi

    Like

  46. @meme..
    kan kamu sendiri yg mengatakan bahwa bensin premium cocoknya yg berkompresi 1:10 kebawah…
    lah 1:10 itu bukankah rasio…

    klo mo nyeles pinter dikit dong…

    bukankah statmen bahwa yg dijadikan patokan untuk menggunakan bbm itu rasio kompresi…

    makin tinggi rasio maka makin tinggi pula tekanan didalam ruang bakar itu sendiri…

    kan ga mungkin rasio 1:17 kalah tekanannya sama rasio 1:5,,

    pie iki orang…
    logikane kemane???
    xixixixi

    Like

  47. kapan hari lewat dealer bajaj di tulungagung cuma majang p135 doang. apa mungkin stok p180 n p220 dah abis?

    Like

  48. @bybre: anda meremehkan orang. padahal dengan berkata seperti itu anda sendiri yg terlihat remeh. pelajari fisika dasar.

    Like

  49. yah,ini kan yg tertulis di kertas doank…
    motor nya aja blm ada yg pake di india 😀
    sapa tau power gede,tapi gk ada stabilitas :p
    who knows, tunggu tanggal main nya aja 😀

    Like

  50. atas ane: saya emang pernah denger walaupun sama2 100cc. tapi volume waktu titik mati bawah bisa berbeda.Silinder 100cc mgkn cm di isi gas 80cc..100cc.. atau 200cc(pada mesin turbo) tergantung timingnya. saat titik mati atas, gas terkompres jadi 10x lipat lebih kecil dari semula(misal kmpresi 1:10). jadi yg mulanya volume gas 80cc (tekanan 0.8 atm) jadi 8 atm. Volume gas 100cc(tekanan 1 atm) jadi 10atm. ngemeng epe iki./hahahahaha

    Like

  51. @meme..
    *@bybre aka brembo. bukan
    perbandingan kompresi mas.
    tetapi TEKANAN KOMPRESI*.

    yg lucu dr kata diatas adalah huruf yg di capslock…

    bukankah TEKANAN=KOMPRESI…

    jangan malu2 in sales honda yng lain dong…

    xixixixi…

    lagian juga ente yg bilang bahwa premium pantesnya untuk rasio 1:10 kebawah…
    ini juga salah…

    ingat… bahwa yg rasio 1:9 keatas itu disarankan pertamax…

    jadi honda pun banyak motornya disarankan bbm pertamax..

    mesin motor bukan cuma fisika dasar semata.. tetapi banyak ilmu didalamnya..

    Like

  52. mudahnya…
    silinder ber cc 100 dgn kompresi rasio 1:10 vs silinder bercc 1000 dgn kompresi rasio 1:2,,
    manakah yg lbh besar tekanannya??

    Like

  53. mohon koreksi bila saya salah…
    ATPM JEPANG disini hny sekedar sole agent doang… yang bikin mahal sepertinya mereka hrs bayar royalti brand, dan nilai itu hrs dimasukin ke harga eceran motor tsb.
    Lepas dari anggapan oleh “mereka” bahwa konsumen disini banyak yang masih gagap mesin, dan buta design ….

    so jangan heran kalo munculnya bajaj…(belum lagi TVS nantinya)…lepas dari kekurangan mereka soal 3s-nya… secara teknikal motor mereka sejajar dgn produk atpm JPN yang beredar…..

    dan thanks to blogger…dan media internet…. konsumen menjadi “AGAK” melek

    just sharing… koreksi yach kalo kurang…

    Like

  54. @meme…
    berarti anda membuat malu its…
    jadi benar pernyataan saya bahwa rata2 pembeli honda memang buta akan spesifikasi dari sebuah motor yg ia beli..

    contohnya anda…

    Like

  55. banyak temen bilang…buat apa duit 20jt di beliin yang belum pasti…kalo buat saya pribadi…asal 3S memadai…demi perubahan kenapa gak…?ngandelin jepang fitur dikit harga selangit…di tunggu kedatanganmu real streat fighter 200NS…jadilah konsumen yang cerdas…

    Like

  56. bisa menjadi tamparan keras klo dibandrol 20-21 jutaan, pulsar 220 walaupun cuma 18 juataan ga seberapa laku dikarenakan desainnya yg masih berbau acha2 nehi2 ga seberapa disuka, klo p2oo NS? maknyos!

    jepun tuh memang suka menjajah…masa vario 125 rencana mo dijual di harga 17 jtan??? nambah dikit udah dapat jagoan DOHC tuh, udah dapat motor batangan tuh…

    harga jgn mahal2 dulu lah, penetrasi pasar dulu…naikin market share dulu….inget euforia cbr 15o dulu??? begitu dirilis….langsung redup redam….keren sih keren…harganya? ya sudahlah……hihihi…

    Like

  57. yang membuat motor jepun mahal karena mereka yakin dengan pelayanan 3S mereka… berbeda dengan bajaj.. 3S meraka masih amburadul… dipulau jawa aja masih amburadul apalagi luar jawa.. harga 3S ini ga bisa dinilai dengan selisih harga produk india dan jepang… selain itu brand image produk jepang lebih bagus dari pada brand image produk india. CMIIW

    tumben nih komentar2xnya agak berkwalitas.. Like Dis…

    Like

  58. ini malah kompresi di debatin…
    ilmu pasti di debatin malah kelihatan kolotnya bagi yang salah…
    ngakak nyimaknya salah satu pihak yang bener2 keiiatan kolot

    gak penting ah…
    yang penting kapan pulsar 200ns masuk ke INDONESIA!!!!

    Like

  59. klo pabrikan jepang tidak segera buat perubahan lama klamaan mereka akan tergeser seperti kondisi yang terjadi di India dimana produk jepang dibuat tak berkutik olaeh produk lokal india.

    Like

  60. @arul,
    kompresi yaitu pemberian tekanan yg tinggi, pengempaan; pemampatan..
    Dengan satuan pi.. Atau juga pressure…
    Jadi pressure juga artinya tekanan….

    Jadi kata ‘tekanan kompresi’ itu ‘cuma’ sekedar kiasan yg artinya diulang/mengulang…

    Kompresi pun bisa juga disebut ‘sebuah benda cair/gas yang di TEKAN dalam TEKANAN tinggi’.

    JADI KATA TEKANAN KOMPRESI terdengar konyol…

    ‘kompresor’..
    Ada kata or yg berarti pembuat/alat pembuat, dan kompres berasal dari kompresi (inggris-compresion) yg berarti tekanan tinggi…
    Jadi kompresor adalah alat pembuat tekanan tinggi.. Entah gas ataupun cair…

    Jadi kalau kita ucapkan kata TEKANAN KOMPRESI BERARTI TEKANAN TEKANAN TINGGI??..

    Kalau bicara rasio/perbandingan kompresi jelas pas…
    Perbandingan tekanan tinggi,
    yaitu perbandingan antara kapasitas silinder dengan ruang bakar.. Makin sempit ruang bakar, makin besar pula rasio yg didapat…


    Be smart bro…

    Brand minded mending kelaut aje deh…

    Like

  61. Proses mesin bensin dapat didekati dengan siklus Otto.

    kata sulit:
    TMA=Titik mati atas
    TMB=Titik mati bawah

    step 1.
    gas ditekan masuk ke dalam silinder,

    ->Volume gas yang masuk ke volume silinder tergantung dari timing injeksi dan atau lama buka tutup valve. Sehingga silinder 100cc bisa Cuma di isi gas 80 cc (0,8 atm), 100cc(1 atm), ataupun 200cc (2 atm).

    step 2
    Gas ditekan secara adiabatik dari V1 (TMB) menjadi V2 (TMA) dan temperaturnya naik Dari TA ke TB.

    ->Rasio kompresi = Volume RUANG TMB / volume RUANG TMA
    ->Tekanan kompresi = tekanan gas saat terjadi kompresi (TMA)

    rumus tekanan kompresi = tekanan gas saat TMB * rasio kompresi.

    contoh:
    2 sepeda motor dengan isi silinder sama. perbandingan kompresi sama. bisa mempunyai tekanan kompresi berbeda. jelaskan!

    Like

  62. jawab:

    diket :

    -isi silinder = 100cc
    -debit injeksi = 100cc/detik.
    -rasio kompresi = 1:10.

    motor1
    -timing injeksi = 1 detik.
    -volume gas saat TMB = 100cc * 1detik =100cc
    ->tekanan gas saat TMB = 100/100= 1 atmosphere (hukum boyle)
    ->kemudian volume ruang di kompres menjadi 10x lebih kecil jadi tekanan gas di dalamnya akan menjadi 10x lebih besar(10 atm).

    motor 2
    -timing injeksi = 0.8 detik.
    -volume gas saat TMB = 100CC * 0,8detik =80cc.
    -tekanan gas saat TMB = 80/100= 0.8 atmosphere (hukum boyle)
    -kemudian volume silinder di kompres menjadi 10x lebih kecil jadi tekanan gas di dalamya akan menjadi 10x lebih besar (8 atm)

    -bagi non injeksi timing di atur buka tutup klep.

    #dari 2 motor diatas bisa di simpulkan 2 motor dengan isi silinder sama dan perbandingan kompresi sama bisa memiliki tekanan kompresi berbeda.

    #hukum termodinamika:
    PV=nRT

    berdasarkan rumus diatas P(tekanan) berbading lurus dengan T(suhu).jadi semakin tinggi tekanan kompresi semakin tinggi suhu. bukan rasio kompresi.

    step 3
    Terjadi proses pembakaran gas (dari percikan api busi), kalor diserap oleh gas Qh. Pada proses ini volume dijaga konstan sehingga tekanan dan temperaturnya naik menjadi pC dan TC..

    step 4
    Gas berekspansi secara adiabatik, melakukan kerja WCD.

    step 5
    Kalor Qc dilepas dan tekanan gas turun pada volume konstan.

    6.Pada akhir proses, gas sisa dibuang pada tekanan atmosfir dan volume gas turun dari V1 menjadi V2.

    mohon maaf sebelumnya, saya merasa perlu menulis seperti ini karena saya rasa banyak perdebatan yang cuma di dasarkan pada ego masing2 dan bukan berdasarkan keilmuanya.

    Like

  63. g dukung meme.
    ad yg nama ny ‘compress pressure’ & ‘compress ratio’.
    klo u trjemahin ny acak kadut gitu ya keliatan bloon ny.
    udara pny tkanan & di dlm mesin di mampatkan lg(nama compress=pemampatan), di mesin ad yg nama ny tma & tmb jdi prbandingan kompresi di 2 titik trsbt yg dinamakn ratio kompresi/comp ratio.
    bybre cmn modal pngetahuan ecek2 aj, blm prnh liat tabel spesifikasi lngkap kn? cmn tw tabel yg dicekokin dr atpm. mn prnh atpm cantumin ‘pressure compresion’ krn atpm indo ga mw ktauan klo spek di indo ud di downgrade agar memenuhi kbutuhan bbm dsini. orang kok bisa di bego2in ama u tuh krna org ga mw bedebat ma org yg pngetahuan ny cetek tpi ngmng ny kek ud paling tw. ga ush sok pinter makany mas, ktauan bloon ny kn dong2 d. @mas meme ane dukung soale g ud prnh liat spek asli mesin, g jg ngmng pnjang lebar gini biar ga trjadi pmbodohan publik. cmiiw pisss.
    《♥p200ns♥》

    Like

  64. @bybre
    klo anda merendahkan orang lain, maka engkau akan direndahkan < ilmu pasti, ilmu dasar.
    tong kosong nyaring bunyinye, si bybre kosong kaga ada otaknyeeee wkwkwkwk

    Like

  65. klo g sih lbh ngarep ny bkn dr hrg yg bikin dy eksklusif tpi dr segi kompresi ny biar hrs pake pertamax+.
    《♥p200ns♥》

    Like

  66. hmm bener2 motor yg patut ditunggu.
    ga sabar nunggu.
    sambil mantau sambil liat prkmbangan si bybre, bisa omong gede apalagi dia? bacot sendiri ga jelas tapi sok ngomentarin orang lain. cacat

    Like

  67. Asal jgn d than2 aja buat d br0j0lin d sni.. Nanti 0rg kbru ksel n kdluin merk jepun.. Akhr’a pndah k laen hati..:D

    Like

  68. tetep aj om org yg tau motor bakal pilih produk jepang n italy…
    sdah lbh berpengalaman dlm hal motor dr jaman dulu…
    sudah trbukti di ajang balap nasional or internasional…
    dgn inovasi yg lbh dulu mncul…

    pulsar yg diatas ane rasa nyontek Honda CB1000R
    cz ntu moge…blm da versi kubikasi lbh kecil
    c bajaj inisiatif dh ngluarin cc yg sgtu…

    bajaj prtma keluar j batok palana agk nyontek ninja R
    klo ngalahin image motor jepang or eropa ane rasa produk india g bakal bisa

    Like

  69. ^^^ ahahaha
    ga bisa liat model bgs lgsg celoteh mirip ini mirip itu, kek gitu mah ga bisa dijadikan patokan pnjualan krn mirip itu relatif & selera org beda2.
    model p200ns ini blh dibilang mngjutkn krn datang ny dr pabrikan bajaj yg klo di pikiran org2 kek lu tuh msh pabrikan negara brkembang.
    klo mnurut g pemikiran lo bisa saja dlm knyataan ny nanti meleset, krn org msh butuh motor dgn tampilan ok & mesin yahud tpi terjangkau.
    saat ny mlupakan masa lalu(klo pabrikan laen tetep ga mo berinovasi) & sambut era baru dmn bajaj sdh melakukan hal yg patut diacungi jempol.
    《♥p200ns♥》

    Like

  70. haha pada sok pinter ngomongin kompresi2an…padahal nyuci motornya sendiri aja malesss.. Ilmu sebatas teori aja.. tapi kalo mesin motor ada yang bermasalah tetep aja kebingungan kaaaaannn???

    Like

  71. @stonecold
    siapa yg sok pinter? baca omongan u sndri
    quote”@meme : klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh
    jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud
    ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC
    single silinder over bore coooy.. Lagian soal
    tekanan itu jelas ngaruh dari rasio kompresi itu
    sendiri kaleee.. dan banyak lagi faktor soal
    tekanan kompresi” <<kesimpulan g, u jg ga tw ap2 soal kompresi tpi brani ngomentarin mas meme.

    quote"klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh
    jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud
    ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC
    single silinder over bore coooy.." <<blh ga, u pahamin ap yg mas meme tulis trus u baca tulisan u skali lg. ap hubungan ny karakter mesin yg DOHC singlesilinder overbore dgn power drop? mesin sama dgn yg di thailand trs u nyalahin DOHC BLA BLA BLA jadi drop? wah2 kok org sebodoh ini mengecap org sok tw? yg lbh sok tw trs kliatan salah ny sapa?
    sblm judge org laen mndink ngaca dlu bozzz, omdo doank, wong otak ga dipake kok maksa komen yg meledek org laen. dengkul mu dmn? e sala… otakmu dmn? gpp lu nyanyi 'otakku palsu', g dukung kok u nyari otak lu dlu dmn, nemenin ayu ting2 sono.
    《♥p200ns♥》

    Like

  72. Mtr Jepang mahal mungkin karena material mesinnya bagus…..klw bajaj tanya aja orang bengkel gmana durabilitinya..??hehe

    Like

  73. Jngn dulu berharap terlalu banyak, nanti kecewa. Bandingkan performax kalo uda nongol di sini. Siapin duit bwat kelinci percobaan. Akhir kta, persaingan bisnis menguntungkan konsumen. Panas2in aja biar rame.

    Like

  74. kalo ane, nyang udeh pernah ngebuktiin gimana performa pulsar meski cuma 135, ane yakin dah, produk2 nippon kalah semua.

    soal 200NS, ane juga berani jamin, di motor laris manis. setidaknya ada beberapa keunggulan. pertama, soal teknologinya udah lebh bagus dibanding produk terbaru pabrikan jepang. kedua, kompresinya juga jauh lebih unggul. ketiga, bodinya lebih keren.

    kalo agan2 mau buktiin, daripada kelamaan nunggu 200 NS, mending coba bandingin aja 135 LS sama V-ixion. ane jamin, pulsar yang lebih unggul di jalan.

    Like

  75. Pulsar NS200 adalah model perdana hasil kolaborasi pemasaran dua perusahaan Kawasaki dan Bajaj, masa kawasaki nampar negaranya sendiri… yg ada cari keuntungan :D, strategi jg sih kayanya

    Like

  76. Agan2, ga perlu mikirin service pulsar 200 ns, jd pulsar 200ns ini di service nya di kawasaki, krn memang ada toolkit sercive yg hanya tersedia di kawasaki, malahan tidak bisa di service di bajaj. terimakasih

    Like

Leave a comment