Mungkin nggak sih mesin DOHC semurah SOHC??…

Secara hitung-hitungan margin, memang agak berat mzbro. Sebab sudah rahasia umum segala part yang terbenam didalam jantung engine DOHC lebih banyak dibanding SOHC. Tapi….tidak kalau kita membicarakan tentang strategi pasar, rivalitas, serta tetek bengek faktor yang berhubungan dengan kompetisi. Artinya?? profit tipispun hajar aja yang penting bisa menjungkalkan lawan…..

Inilah yang sangat menarik untuk dikupas. Banyak yang ragu bahwa Honda mampu menyuguhkan engine DOHC dengan banderol semurah SOHC. Make sense sih mzbro. Tapi patut diingat….saat ini pabrikan sayap mengepak sedang berjuang untuk menjadi yang terbaik disegala segmen. Prestasi brilian mereka ditahun 2011 serasa kurang sempurna akibat gagal menaklukkan Yamaha Vixion. Nah…tahun 2012-lah titik kebangkitan yang diharapkan bisa memukul motorsport garputala. Selain itu, coba kita lirik negara India…..

Harga Honda CBR150r ( 1.20 laks) yang notabene DOHC engine bisa head to head dengan Yamaha YZF-R15 (SOHC – 1.19,6 laks) dalam hal pricing. Artinya??….ilmu tersebut bisa saja diaplikasi ketanah air. Sasis teralis, DOHC engine, injeksi PGM-FI….banderol 22 jutaan sejajar dengan Vixi. Beiigghh….maut bener kalau itu terjadi. So jika ditanya…mungkin nggak sih DOHC engine dijual semurah SOHC?? IWB berkeyakinan…….mungkin saja. Gimana menurut mzbro semua???…..(iwb)

106 thoughts on “Mungkin nggak sih mesin DOHC semurah SOHC??…

  1. 6. bapakeValen – Januari 23, 2012

    asal nggak penurunan kualitas material aja demi mengejar murahnya…

    setuju

    harga ditekan bisa saja. tapi kualitas material jangan ditekan habis-habisan.
    lha wong piksen aja banyak yang mencibir material kerupuk, piye jal???? padahal aku dewe yo nganggo :mrgreen:

    analisa ngawur saya, kalau bebek/matik harga ditekan karena sangat berharap dengan laris manis dagangannya keuntungan tetap tinggi. lha kalau ceprot konsumennya aja cuma dikit, dan kalau mengharap keuntungan seperti bebek atau matik dengan strategi yang sama ya rada-rada susah.

    Like

  2. di tunggu sambil nyimak FBY koment (ngupi dulu), makin anget aja nih.
    semakin asyiikkk nih.,. banyak fakta2 menarik keluar .
    FBY n FBH keluarkan fakta2 dilapangan .,,,
    biar ATPM lebih melek lagi xlo mau menyuguhkan produk.
    bukan soft loncing ( sambil ngetest animo publik,g pede ma produk sendiri ).loncing produk ragu2 tkut produk disaingi ma tetangga n g laku sesuai target ,akirnya premature

    Like

  3. mau DOHC,mau SOHC (gampang perawatane)
    sebagian konsument indonesia masa bodoh dgn hal itu,yg penting q pke motor baru (mau cash ato kredit bodo amat mang ngaruh)bisa ngajakin si paijem tetangga kampung buat jalan .
    mau motor sehari dipake trus oblak,ato mogok toh mreka jg g bisa ngapa2in (dlm pikiran xlo rusak yah tinggal ke bengkel ,aseeemm motor beli mahal2 kaya begini.,,.).
    q pke 3 dari merk jepun ,n yah sama ma pikiran kebanyakan org xl rusak yah kebengkel pinggir jalan (bengkel resmi kebanyakan oknumnya nakal . percaya g !!!)
    yg penting tampang teghnology nomor 90( dikasih brg rongsokan ,harga opress + mainin cat aja inden bejibun ngapain dikasih teghnology ,betul g ?)

    Like

  4. PASTI BISA. Bila menjawab dalam faktor mesinnya saja, meski hanya terpaut 2-3 juta.

    FU bisa lebih murah dari vixion karena faktor sasis. Bahan motor moped pastinya lebih murah dibanding motor batangan yang membutuhkan kekuatan yang lebih baik.

    Like

  5. Semurah FU?
    kalo FU emang DOHC tapi minus liquid cooled, jelas aja bisa murah…
    CS-1 SOHC, lah kalo sport jadi berapa?

    kita lihat aja entar…
    toh NMP bisa dibikin lebih murah dari MP…

    Like

  6. bisa aja murah asal dibikin ndiri di dalam negeri,
    jadi ga usah impor2 gitu
    klo masih impor, alamat mahal coz pajaknya itu loh yg bikin ga kuat
    wani pirooooo?????

    Like

  7. sangat mungkin…dulu teknologi injeksi yg identik dengan mahal nyatanya sekarang ga jauh2 bgt ma karbu 🙂

    yg penting konsumen tetep diuntungkan

    Like

  8. honda berani jual Spacy injeksi dengan oenamabahn beberapa ratus ribu, dan pernah IWB bahas sendiri, untuk install injeksi sikebo kalo gak salah lebih dari 10jt…saya pikir honda berani lah…wong modallnya Honda Pusat 10 kalinya YAmaha…

    Like

  9. ya bisa lah… Contohnya FU vs cs1, ER6/ gladius vs ducati monster (SOHC, 2katup/ silinder, angin cooled)

    banyak yg keblinger nih… Radiator bukan merupakan fitur… Tapi merupakan konsekwensi dari tingginya panas yg dihasilkan (tergantung kompresi/ desain n besarnya cc) kalau suatu mesin dapat bekerja sempurna dg hanya dg sirip pendingin ngapain pake radiator.. Malah ngeribetin tok… Air cooled malah bebas perawatan…

    Tapi pinternya orang marketing…. kelemahan jadi kelebihan…radiator = fitur… Hahahaha… (kalau desain mesinnya bagus, seharusnya pake sirip2 aja cukup untuk menjaga mesin dari overheat)

    Like

  10. mungkin aja kalo DOHCnya pake air cooled karburator.ato DOHC water cooled tapi kualitas dturunin

    yaa CBR 150 aja yang import msh ada sedikit problem,apalagi kalo misalnya dturunin kualitasnya.

    Like

  11. WOOOOOHG LAYAK DI PESAN KLO HARGA BS 11-12 ama VIXION…DOHC from HONDUT seharga 22juta LIKE THIS YOOO…

    Like

  12. harusnya bloger” motor dan comentor” hrs bisaaa memberi pengaruh pada AHM yg selalu overprice dlm harga. bila memang nnt mengeluarkan DOHC bertralis 150cc harganya hrs dibawah 25 juta ini 150 cc lho kecil gitu lho… kl gg boikot aja ntar kl lauching produk berikutnya trus aja overprice krn merasa laku,,,

    Like

  13. Pada lupa kali ya kalo satria FU tuh DOHC???harganya juga bisa beda tifis ama bebek macam MX atau supra X…selama nggak kena pajek impor margin mah masih lebar, malah viksen karena seng ana lawan sekarang bisa jual mahal dulu waktu pertama kali keluar bikin rontok brand lain…lagian honda mah gampang untuk masalah parts seluruh subcont yg masih bernaung dalam payung astra siap rapatkan barisan untuk menyediakannya…dari sisi manufaktur pun nggak banyak masalah, berapa sih harga 2 shim,2 spring valve,1 camshaft,dan tambahan proses machining untuk dudukan part-part tadi…tambahannya kan cuma itu doang untuk DOHC untuk jumlah valve udah sama sama 4 ama viksen, cylinder head untuk viksen yg DOHC aja udah ada,buat mio bejibun…

    Like

  14. psti bisalah…. hrga bersaing…ya thun thun yg lalu honda banyak nipu kita.. nyuguhin kita dngan produk produk refres….. yg di jual mahal mahal…n….mngkin ini saat nya mereka mbrikan yg pantas untuk untuk kualitas yg pas..dan semenjak yamaha semakin di depan…..

    Like

  15. Enaknya DOHC…gak pake setting klep kalo servis karena kontak dengan valve sudah tidak menggunakan sepatu untuk menekan valve fungsinya digantikan oleh shim sebagai payung valve,overlaping gas buang pada putaran tinggi dapat dikurangi karena timing tutup valve buang diatur tersendiri oleh camshaft terpisah,torsi emang agak drop tapi efek yang jarang disadari rantai roda malah lebih awet,tapi gear ratio masih bisa dihitung ulang untuk menyiasati kekurangan cbr 150 yg lemah di putaran bawah…advanced DOHC lebih asik lagi putaran rendah hanya 2 valve yg kerja putaran tinggi baru ke empatnya…FXR dulu kalo enggak salah udah bisa begini dah…yn penting dengan tiger 150 ini satu batu dua burung bisa mati…Byson dan viksen(bukan burung juga ya)

    Like

  16. Kalo benar pakai Doch,vixion bakalan lewat…….
    Ayo AHM kamu pasti bisa keluarin vixion kller harga beda tipis aja.
    Jangan mikir keuntungan dulu kalo mau hajar yamaha sampai babak belur,kalo bukan sekarang mau kapan lagi,bungkam mulut pabrikan yg banyak BC nya…………………..biar gak congkak lagi.

    Like

  17. sebenarnya masalah harga menurut ane no sekian,,,yang penting sesuai sama kwalitas,,,saran ane masukin aja motor-motor kereenn,,,biar pasar yang menentukan,,,contoh kasus cs1 sama fu,,,yang penting jangan OPRPRICE,,,ya ammpunn,,,illfill liat motor-motor operprise,,,ngelirik sibier

    Like

  18. sangat bisa…
    lihat saja fu vs vixion..
    bandrol beda 2 jt
    padahal fu dohc….

    diindia saja bisa bersaing kan??
    klo ga bisa… berarti emang honda itu operpress…
    lihat saja part yg ga berkualitas pd cbr 150 yg cpt rusak (blm satu tahun sudah aus tuh camshaft) padahal ini motor harganya 33 jt…

    Like

  19. mas iwan mesin yamaha byson kalau dipake touring jarak jauh ada kendala ngedrop kaya mesin vixion ga sih mas????tlong penjelasannya…..trims…..

    Like

  20. kalo menurut saya mungkin2 aja,
    klo emang bener itu basicnya sama dgn cbr lho yaa, ambil contoh saat kawasaki ngeluarin moge terbarunya,yg bisa ‘sangat murah’ dikelasnya,hal itu karena gak ada biaya lagi yg dikeluarkan untuk R&D mesin baru,karena tinggal pake basic mesin pendahulunya,
    😀

    Like

  21. bagusan NOHC(NON OVERHEAD CAM) 1 langkah.skali pembakaran langsung sampe irak n meledak.{rudal}. RU..D…A. AAA..LLLL.mingg…iii…iir…rrrr… mesin 1 langkah mau test top speed ha..ha..ha

    Like

  22. Widihh ngeri nih ahm udah ngamuk
    Engine oke,tinggal design bodynya aja nih, moga lebih oke dari piksen biar petinggi yimm pada melek dan segera memfacelift produknya,sukur2 langsung boyong r15 di marih
    Bravo honda..!!!

    Like

  23. DOHC semurah SOHC

    “IWB berkeyakinan…….mungkin saja.”

    saya berkeyakinan, tidak mungkin. emang kenapa alasannya? honda disini bukanlah murni honda.. to the point aja, “A HA EM”

    3 huruf itu sudah menjadi jaminan overpricing

    Like

  24. spek mesin ga akan jauh2 dari gen dazzler kog, lebih advanced aja, 2klep, injeksi, liquid cooled, kompresi diatas 10:1, DOHC series hanya dipake CBR series…. CATET!!!

    Like

  25. Apasih kelebian piksen?bikin aja mesin dengan spek injeksi berpendingin air kasih palangan deltabox abal2 tempelin merek sayap kepak dijamin epektip asal harga sama sukur2 pakek dohc.

    Like

  26. ngomongin cbr series, cbr125 cmn SOHC lho…. kayaknya tiger 150 ntar ngambil basis dari cbr150 lawas yang sudah teruji kemampuannya + injeksi dan SOHC 🙂 dengan pertimbangan buat komuter aja lebih user friendly dan torqi ketimbang DOHC yang jelas dan pasti mahal + g cocok buat komuter semacam kota2 besar.
    satu alasan juga kenapa SOHC karena new tiger 200 ntar yg lebih pantes pakai DOHC karena bersifat touring yang lebih butuh putaran menegah-atas + harga bisa premium karena merupakan flagship lokal AHM……

    Like

  27. @64. thole – Januari 23, 2012

    “spek mesin ga akan jauh2 dari gen dazzler kog, lebih advanced aja, 2klep, injeksi, liquid cooled, kompresi diatas 10:1, DOHC series hanya dipake CBR series…. CATET!!!”

    Kita membicarakan motor yang berbeda bung!!!Yg ente suruh catet itu Bajaj killer bukan Viksen killer diinget-inget ya…emangnya viksen yang kalo udah drop tenaganya nanjak aja ngos ngosan…Makannya develop motor jangan fotokopy jadi nggak maksimal…seandainya rieju nggak jadi satu payung ama yamaha…apa bisa ngeracik mesin sendiri???dulu nuduh orang sering ganti baju….sekarang siapa yg sering ganti sempak???bikin motor yang kalo udah panas tuh makin yahuud tenaganya….cessssss, klontang…nih elpii bocor.

    Like

  28. @ 9. Over Gear & 6. bapakeValen
    Banget…setuju polll!! mutlak hukumnya….
    @ 12. thole
    Sanagt terbuka kemungkinan tersebut. Toh siJepun hanya mengatakan menggunakan engine CBR150r…tanpa ada penekanan DOHC atau SOHC
    @ 57. fatony
    Selama ini turing paling jauh 75km mzbro. Semua normal tidak ada masalah….
    @ 72. Sheva Anak Haram
    Bro..bro, sabar monggo minum air putih dulu. Haduh….berapi-api bener yah
    * Maaf bro komentar terpaksa saya karungi. Btw lebih senang kalau kalimatnya bisa diperhalus mzbro….biar tetap ademmmm

    Like

  29. Tenang bang iwan DOHC 100% bocoran gw lebih yahud daripada si jepun he…he…he..nih gw tambahin garnish & lampu diamond model lampu byson,monoshock udah prolink…segitu dulu yauw…

    Like

  30. berat masbro, inget kasus CBR150 kmaren ,yg kena kbar angin pricingnya dibwah 30,nyatanya malah muahal,

    nah kalo menurut sy, harga si teralis bkal skitar 25jt-an,
    tp kalo bener pake mesin CBR150, wuah yo nambah lg, 2/3jt an

    sy cuma berpikir realistis saja ini.

    #doakan saja sy salah,

    Like

  31. tak catet le… besok kalo keliru tinggal ngunen-nguneni…hahahaha

    semua bisa saja terjadi…toh bang iwan sudah ngasi contoh di indihe sono antar cbr dohc vs r15 sohc, harganya cuma beda nol koma…

    Like

  32. MAKASIH MBAH SUGENG ATAS BANTUANYA NOMOR TOGEL 2D YANG MBAH BERIKAN ALLHAMDULILA TEMBUS HUTAN HUTAN SAYA UDAH LUNAS SEMUA MAU SEPERTI SAYA HUBUNGI MBAH SUGENG NOMOR TELFON 085 282 885 689 TERIMAH KASIH,,,,,,,,,,,,,

    Like

  33. kalo mass product ya bisa aja mas..
    beda kalo cuma bikin mesin ratusan unit,cost-nya lebih mahal.
    Liat aja SatriaFU,kini spare partsnya makin murah daripada belum ada versi lokalnya.

    Like

  34. wong jember edyan…
    nomer togel tembus koq alhamdulillah…wes jyan ra mathuk…
    promosi maneh…syrik kuwi dusane paling guede masbro
    insyaf…insyaff..

    Like

  35. kalo semurah SOHC kaya’a g deh,,

    yng ana tau soal Honda tu selalu bawa goodwill dalam penjualan’a. Jadi’a gtu Harga jadih tinggi banget,,

    paling kalo pake engine DOHC harga’a kisaran 23-26 juta’n..

    Like

  36. gak mungkin di indonesia bisa kang, liat aja CBR150 selisih jauh, siapa yang mau dirugikan? apm, dealer, bea cukai atau konsumen?
    yang gak enak di konsumen, partnya kw3 semua ntar malah

    Like

  37. bisa aja, cuman masalahnya AHM udah menset harga terlalu tinggi, jadi klo dibikin murah ntar bilang ” DOHC nya di costdown”, padhal emang bisa dibikin murah, CBR 150 dan CBR 250 itu adalah versi murah dari DOHC, liat aja system kerja camnya..cuman ada satu gundukan tiap camnya, jadi seperti 1 cam di bagi 2 aja.:D

    bandingkan dengan ninja 250 dan satri FU system kerja DOHC nya..
    masing2 cam punya 2 gundukan untuk menggerakkan valve in dan out, makanya camnya mahal…
    ..

    Piss

    Like

  38. @81
    Jenenge wae judi nek ora Bangkrut yo Menang tapi nanggung dosa akeh, nek ora yo digrerbek Polisi mlebu penjara (Mending mati dripada penjara). Nek dipikir mudharate akeh banget yo 😀

    Like

  39. Bro’s

    saya tuh masih heran dgn kalimat kalimat Operpressss….kok sy perhatiin cuma prod honda aja yg dibilang operpressss…yg lain gak…

    darimana sih kalian mengambil kalimat OPERPREEEEEEETTT itu ??????

    Like

  40. Dulu hondut emg operpret skrg yg operpret khn yamaho
    Mulai jipuZ
    Kebo letoy plastikan bison
    Mpe pikson yg dinaekin trus hrganya dr 18ke 22juta tanpa nambah apa2
    Blom lagi konsumen digiring miskin perlahan lewat kredit
    Dasar yamahoo

    Namanya price mskipun ada embel2 dohc/sohc tu dah merupakan pemikiran dr ekonom mereka dan pemasaran

    Yamaha yah ngurusin pekerjanya gk becus,,cuma kencengin iklan alay xixixixi:D

    Like

  41. yang koment di atas anak alay yg naik supra x 125 tinja-ction,bro tau kan iklan bajaj vs supra x yg di tv …..ya itu yg koment diatas saya yg naik supra anak alay kalau baca koment nya kayak anak ga sekolah

    Like

  42. kenapa sih yg anti honda,menyangsikan kalo motor doch itu gak bisa dijual murah……………..? kayaknya takut beneran ya kalo si honda mbrojolin motor doch trus harga bisa murah motor pabrikan yg masih soch bakal keliatan operpressnya………..?

    Like

  43. JAWABANNYA BISA!

    sebenarnya perbedaan SOHC dan DOHC hanya di bagian headnya saja. Dengan begitu kalo mau murah yang diriset bagian headnya saja. Ini mirip2 dengan strategi penghematan ongkos motor2 ingrris jadul. Pabrikan menjadikan satu basis mesin menjadi banyak varian. Yang di otak-atik kebanyakan bagian headnya doang.

    Vixion diriset jadi DOHC murah mah gampang! YIMM tak perlu ubah bodi/rangka. Cukup ditempelin head DOHC plus RDB dijamin penjualan meroket!

    Like

  44. joni pada Januari 24, 2012 pukul 11:41 PM berkata:

    JAWABANNYA BISA!

    sebenarnya perbedaan SOHC dan DOHC hanya di bagian headnya saja. Dengan begitu kalo mau murah yang diriset bagian headnya saja. Ini mirip2 dengan strategi penghematan ongkos motor2 ingrris jadul. Pabrikan menjadikan satu basis mesin menjadi banyak varian. Yang di otak-atik kebanyakan bagian headnya doang.

    Vixion diriset jadi DOHC murah mah gampang! YIMM tak perlu ubah bodi/rangka. Cukup ditempelin head DOHC plus RDB dijamin penjualan meroket!

    perbedaan yang tampak pada headnya, tapi bore x stroke juga mesti diperhitungkan juga. makanya limiter rpm pada mesin overstroke dipatok lebih rendah. juga gir rasio juga mesti dihitung ulang.
    DOHC murah??? mungkin dengan cara seperti CBR 250 bisa.
    jadi antara noken as untuk klep isap dan buang dipisah :mrgreen:
    2 klep isap dilayani 1 noken as dengan 1 bubungan diteruskan oleh rocker arm bercabang, begitu juga dengan klep buang, 2 klep buang dilayani 1 noken as dengan 1 bubungan diteruskan oleh rocker arm bercabang.
    mirip-mirip SOHC nya piksen, cuma noken as dibelah jadi 2.

    Like

  45. @over gear: ohh, gitu ya pak, terimaksih pencerahannya.

    Soal DOHCnya CBR 250, berarti dia bukan DOHC tulen pak? bagaimana dengan CBR150?

    Like

  46. quote komentar “over gear”, jadi artinya biaya utk bikin rocker arm lbh murah dibanding bikin bubungan di noken ya?jadi meng quote komentar “joni”, artinya kl dibikin spt itu, bukan murni DOHC tulen?? jadi setengah DOHC setengah SOHC?? cmiiiiww…….

    kl masalah pricing sih, menurut ane, biarin aja antara YIMM n AHM ber’tempur’, karena ujung2nya yg diuntungkan itu kita(konsumen).(sama spt kasus operator telepon, stasiun televisi,dll) banyak disuguhi produk dgn berbagai macam fitur n harga.utk masalah mana nanti yg ternyata overprice or cuman iklan belaka, kita gak usah sewot n saling serang dgn menggunakan komentar2 yg tidak pantas, toh waktu akan membuktikan sendiri, mana yg bisa diterima di masyarakat, mana yg overprice, mana yg cuma iklan belaka. masyarakat skg sudah semakin educated, semakin kritis, jadi para produsen juga gak bisa bikin iklan asal2an dan setengah ngibul, karena efeknya akan kembali lagi ke mereka.

    so, mau honda keluarin produk monoshock, teralis, DOHC, liquid cooled, RDB, dll dengan harga 11-12 ama piksen, biarin aja. siapa tau dgn honda bikin produk n harga spt itu, si yamaha akan menurunkan harga piksen, or harga tetep tapi di revisi produknya, dikasih RDB, or DOHC, khan tetep buntutnya yg diuntungkan KITA!!!
    yg fanatik yamaha akan dpt produk yg bagus, yg fanatik honda juga akan dpt produk yg bagus juga….konsumen yg untung!!!!
    ngapain pada sewot?? sampe keluarin komentar2 tidak pantas???

    Like

  47. Honada nya mau ga dapet margin laba cuma tipis? Segmen sport walau bergengsi tapi kan kecil ceruknya

    Like

  48. saya kurang setuju nih misalnya harga engine DOHC bisa disetarain dgn engine SOHC… (Mungkin aja, siapa tau)
    bisa saja kesetaraan DOHC dan SOHC ini, DOHC menurunkan kwalitas komponen yg artinya kurang maximal, dan SOHC nya dgn kwalitas komponen terbaik. ini bisa jadi kemungkinan harganya terbilang kurang lebih sama (Mungkin aja, siapa tau)
    ada harga ada kwalitas… (Mungkin aja, siapa tau)
    bagus kan kalo barang2 yg dipasarin di sini gak mengacu dgn harga murah aja, tp kwalitas, performa, teknology, jadi kita juga dapat uptodate dgn teknology, sistem, perkembangan2 yg baru.. ilmu… (Mungkin aja, siapa tau)

    Like

Leave a comment