Satu alasan jauhkan makanan dari lalat…

Bro dan sis sekalian, kali ini mari kita sedikit membahas diluar topik roda dua. Mungkin judul diatas terkesan biasa tidak ada yang istimewa, namun tidak bagi IWB…

Nyamuk, bertelor…menetas menjadi jentik. Dalam prosesnya nanti…jentik dewasa berubah wujud menjadi nyamuk. Begitu seterusnya berputar dengan siklus yang sama. Demikian juga kupu-kupu. Bertelur…menetas menjadi ulat, kemudian dewasa…menuju fase kepompong dan lahirlah kupu-kupu. Contoh lain adalah…katak. Kita semua sudah mengetahui, hewan yang hidup didua dunia ini ketika masa kecilnya hanyalah seekor kecebong. Menghabiskan waktunya dalam air…yang pada titik tertentu, ketika dewasa akan menjadi katak mungil…dengan kemampuan menuju darat ataupun air. Terus bagaimana dengan lalat??…

IWB yakin tidak banyak yang tahu siklus hidup lalat. Hewan yang sering terbang disekeliling kita ini ternyata mempunyai daur hidup yang nyaris sama dengan hewan yang telah IWB sebutkan. Dewasa, bertelur…yang pada ujungnya akan melewati fase kepompong. Tapi tahukah mzbro apa bentuk lalat sebelum menjadi kepompong? Diulas secara komprehensif oleh National Geographic Channel (NGC), Mereka melakukan simulasi dalam ruang tertutup berdinding kain putih. Para kru melepas beberapa lalat berbeda kelamin bersama daging mentah serta minuman sirup. Tidak butuh menit…lalat dengan lahapnya memakan daging segar tersebut. Proses direkam oleh kamera high speed plus teknologi high definition yang memungkinkan mendapatkan gambar sempurna…

Tidak butuh lama telah terjadi pembuahan dan bertelur. Telur mencapai ratusan secara sengaja dikeluarkan oleh lalat diatas daging yang sudah mulai tidak segar. Hanya dalam hitungan jam, telur menetas secara cepat. Dan baby lalat yang ternyata adalah sosok yang kita sebut sebagai belatung keluar langsung menyerbu daging tersebut. Ratusan hewan pengurai meluluh lantakan daging busuk hingga habis tanpa sisa. Tubuhnya menjadi makin mengembang karena kekenyangan. Singkat cerita seluruh belatung menuju dewasa…matang untuk melewati fase kepompong. Dan…dari kepompong, sekonyong-konyong keluar mahkluk bersayap yang kita kenal sebagai lalat….

Yup, itulah siklus hidup lalat. Jadi jika mzbro bertanya-tanya dari mana sih belatung? Mereka adalah bentuk bayi (larva) dari lalat. Kenapa ada yang besar dan kecil, semua tergantung jenis lalat itu sendiri (jenis yang paling suka makanan busuk adalah Sarchopaga canaria). Karena itulah kenapa para ahli gizi sangat menyarankan menghindarkan makanan dari serbuan lalat. Tentang hal ini, peneliti NGC juga mengungkapkan bahwa dalam tubuh lalat terdapat ratusan bakteri berbahaya yang bisa menularkan berbagai macam penyakit. Masih menganggap remeh keberadaan lalat mzbro?...(Iwb)

Advertisements

46 thoughts on “Satu alasan jauhkan makanan dari lalat…

  1. satu lg mas iwan, kl ada lalat trcebur kdalam minuman kita tenggelamkan kemudian buang lalat itu.. krn dsalah satu sayapnya ada penawar racun yg ada pada sayap lainnya..
    sumber:al-hadits dan dbuktikan penelitian oleh peneliti IPB

    Like

  2. yg lebih bahaya lagi kalau lalat sempet bertelur di atas kulit tubuh kita,maka bisa di pastikan ulat baby lalat akan masuk ke dalam kulit dan memakan daging kita dan selama’nya hidup di dalam badan kita bila tidak di keluarkan melalui operasi.MEMANG SANGAT BERBAHAYA MAS BROW !!…

    Like

  3. betuul mas iwan, itu sumbernya valid kq&dpt dprtanggungjwbkan..
    cb aja kll2 pke mbah google..
    @other, hehe ane hnya membeberkan fakta saja dan saya sdh mmbktkannya sndri 🙂

    Like

  4. Sebaiknya kalau kita makan, kita ikuti sunnah rassul, seperti apa yang dilakukan oleh nabi Besar Muhammad SAW, setelah makan, hendaknya kita menjilati jari-jari tangan kita, karena di jari-jari tangan kita mengandung bakteri yang baik di dalam usus. Tapi tetap harus cuci tangan dulu, berdo’a, itu yang utama,

    Like

  5. @Satria
    larva lalat (belatung) hanya memakan daging mati dan umurnya gak sampe “selamanya” krn larva akan berubah jd lalat.

    ilmu kedokteran malah ada yg menggunakan larva lalat untuk membersihkan koreng.

    Like

  6. mgkn yg dmaksud lalat tse tse yg dr afrika,yg bs brtelur d makhluk hdup kyk kita n belatungnya brsarang dbwh kulit kita…

    Like

  7. @ 14. dewa
    Ooo…saya baru tahu. Btw nais inpoh bro…
    @ 15. azkiyaul
    Monggo mzbro…
    @ 17. Setya Nurma Meliana
    Sama bro…dari larva lalat juga…
    @ 19. kmpk
    Wew…nais inpoh
    @ 23. learningfromlives
    Nais inpoh kang….

    Like

  8. 26. Pak Bambang Nunggang Byson – Januari 8, 2012
    ga cuma daging, eek ayam juga, ngeri kalau lihat dikandang, ribuan
    bergerak
    ====================
    Eek kebo pak bambang yang hinggap ;mrgreen:

    Like

  9. bener kata dewa,mlh pernah nonton trans tv di rahasia sunah:bhwa lg diteliti jenis anti bodi dari lalat,krn la2t ktnya memproduksi antibiotiknya sendiri.jelek2 gt la2t jg salah satu binatang berjasa bwt pengurai sampah2 organik.

    Like

  10. jadi teringat Video Daging Babi yang disiram Coca Cola,langsung keluar semua Cacing2nya.Bahkan sampe perut manusianya dmasukin kamera mikro,terlihat banyak cacing2 yg hidup d lambung manusia

    ternyata memang benar adanya kalo daging babi ada cacing2nya

    Like

  11. 4. dewa – Januari 7, 2012

    satu lg mas iwan, kl ada lalat trcebur kdalam minuman kita tenggelamkan kemudian buang lalat itu.. krn dsalah satu sayapnya ada penawar racun yg ada pada sayap lainnya..

    Apalagi lalatnya abis minum akua (Air Kencing kUdA) lalu hinggap di e’ek kucing baru nyebur di air minum kita, wiiss mantepp 😳

    Like

  12. ooo.dalam beberapa jam udah jadi belatung.
    pernah kejadian katering di pabrik kami.pas ikan goreng ada salah satu yg ada belatungnya..hiiiiii…langsung eneg.besoknya tuh katering ditendang

    Like

  13. Pernah dihat di TV

    Kalau belatung bisa dimanfaatkan sebagai obat luka yang tak kunjung sembuh/kering.(penderita diabetes)

    dengan cara memasukan belatung pada luka kemudian diperban dan di ganti setiap harinya.(pastikan tidak ada yg tertinggal)

    Like

  14. Maaf ! Saya ingin bertanya . Bagaimana jika belatung atau larva lalat itu masuk ke dalam tubuh kita dengan kondisi hidup ! Apakah bisa mati ?? Atau jadi berkembangbiak?? Saya minta jawaban nya yah .. soalnya ini benar-benar terjadi ,dalam sebuh daging sapi yang di cincang saking halus nya saya kerabat saya tidak mengetahui bahwa banyak anak-anak belatung nya bahkan ribuan ! Setengah habis ia melihat ada binatang kecil yang berjalan ternyata itu belatung ! *minta jawaban nya yah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s