Jangan berharap banyak terhadap pak Paulus diSuzuki…..

Sampeyan bagus?? kinerja joz gandos top markotop??….akan percuma jika tidak didukung oleh lingkungan sekitar. Artinya??…sampeyan akan ngos-ngosan….remuk, capek dan makan ati sendiri. Memang sih tidak setragis itu posisi pria mantan GM Marketing Yamaha tersebut. Tapi…rumor yang berkembang, Pak Paulus sedikit kesulitan untuk membuat gebrakan….

Entah apa yang terjadi didalam internal Suzuki roda dua. Ibarat benteng…betul-betul tebal susah dijebol. Sayang…benteng disini dalam arti negatif. Cenderung kurang efisien dan sulit diajak maju. Organisasi didalamnya terlihat tidak sesolid Honda ataupun Yamaha. Lha wong IWB dulu juga sering wira-wiri diIndomobil pusat MT. Haryono. Makanya sedikit tidaknya tahu atmosphere internal disana. Terbukti pasca bergabungnya pak Paulus…tidak terlalu banyak pergerakan signifikan…..

Masih ingat kabar Suzuki GS150R??….bagaimana diawal tahun 2011 digembar-gemborkan SIS akan menjadi jagoan baru mereka??…hasilnya menguap tanpa bekas. Begitu pula nasib Thunder 125??…penjualan makin tersungkur memprihatinkan namun tidak ada reaksi berarti dari pihak SIS kecuali facelift ala kadarnya. Terkesan adem ayem…..nrimo ing pandum. Angan-angan dan keinginan biker untuk mendapatkan kuda besi sport tulen mumpuni…nyaris diabaikan. Untung posisi mereka masih diselamatkan oleh Satria FU 150. Kalau tidak??…gaung merk Suzuki bisa makin terjun bebas….

Jelas…ketajamanan perusahaan harus didukung oleh orang sekitar. Pak Paulus saja tidak cukup mzbro. Kudu ada niat, tekad, keinginan untuk bangkit dan berubah dari seluruh komponen didalamnya. Last.…semoga wacana mendatangkan GW 250 bakal menjadi titik poin kebangkitan Suzuki. Untuk sementara….jangan terlalu berharap terhadap pak Paulus. Karena kudu ada resuffle besar-besaran ditubuh organisasi mereka. Bagaimana?? hanya mereka yang tahu. Kita sebagai konsumen cuma bisa menunggu…mengamati serta menanti gebrakan dari Suzuki. Kira-kira bagaimana dengan tahun 2012?? monggo berikan prediksi sampeyan semua….(iwb)

Noted : Image mbah Google

Advertisements

84 thoughts on “Jangan berharap banyak terhadap pak Paulus diSuzuki…..

  1. yg terlemah dari suzuki saya kira adalah marketingnya, sisi ini sangat vital karena berhubungan langsung dengan konsumen. pengenalan produkpun dilakuka tidak sesering rivalnya. kurang jorjoran. semua produk yg dikeluarkan sifatnya nanggung dan gak jelas, lihat aja bagaimana nasib skydrive, skywave, spin, thunder(yg dulu sangat laris), axelo(yg minim pengenalan pada konsumen).
    kalo ingin berubah ya bikinlah image yg kuat, contohlah kawasaki

    Like

  2. Yang cukup mengherankan adalah, sejak Pak Soebronto Laras cabut, nasib Suzuki koq semakin menggenaskan? Apakah agar Suzuki semakin terpuruk sehingga harga sahamnya jadi semakin murah untuk di take over secara keseluruhan oleh Suzuki Japan?

    Like

  3. jadi inget, dulu motor prtama……timothy(tornado gs110) kmana2 jalan masi banyak ketemu sesama sodara2 suzuki dijalan…..skarang boro2…..cuman 1 varian yg eksis
    semoga suzuki dapat balik ke posisinya sbagai brand jepang dan mnjadi kompetitor yg diperhitugkan……gak cuman honda ato yamaha

    Bravo Suzuki Indonesia

    Like

  4. ngikutin suksesnya sf 150 sekalian buat varian sf 125 sf 250 sf 600
    hyper underbound
    diferensasi…

    siapa tahu laku coz beda….

    Like

  5. Suzuki Indonesia katanya sdh pindahkan R&Dnya ke Indonesia, tapi herannya masih belum memahami perkembangan pasar roda 2 Indonesia, sekali lagi tidak memahami perkembangan pasar sepeda motor nasional.

    Sangat diharapkan agar Pak Paulus dapat mendengar keluhan para konsumen Suzuki, buat dan luncurkan produk2 yg sesuai dengan pasar nasional.

    Satu lagi gw mo kritik Suzuki Indonesia, itu iklan gencar di TV nasional apa efektif, gantung gantung promosi dan ngak ada sasaran target yang dituju, image jg ngak ada yg didapat, mubazir menurut gw baik untuk roda dua maupun roda 4

    Like

  6. Yup betul males2an slalu minta naik gaji kerja gak becus2…!!
    Gimana mo maju klo model gitu..!!
    Woi susuki tolol…
    Idupin lagi tu FXR 150 radiator…!!!
    Klo gak niat jualan mending pulang kampung sono Harakiri sekalian…!!!
    Niat ngiklan itu produkmu yg dijual disini. Lha ini malah ngiklan Moge mobil yg gak jelas asal usulnya….
    Dasar pabrikan ra mutu..!!!
    Menuju kebangkrutan
    kayaknya si susuki…!!!

    Like

  7. Ada keunggulan Suzuki yang tidak diketahui. Seperti rekor MURI Suzuki Titan uji ketahanan Non-Stop 60 jam, rekor MURI Suzuki Axelo uji ketahanan Non-Stop 100 Jam. Belum lagi Suzuki Jelajah Negeri.

    Like

  8. suzuki inazuma (A.K.A) GW250 di eropa aja di bandrol 50juta, masuk sini bakal berapa masbro?

    kayaknya tahun ini klo suzuki gak melakukan perubahan suzuki bakal ilang namanya, dan GW 250 bakal tidak jadi hadir.

    sayang sekali, padahal saya suka sekali dengan produk2 suzuki.

    Like

  9. kehilangan image.
    terlalu santai.
    R&D ngga sip.

    masa dari dulu sein desainnya gitu-gitu doang. dari jaman shogun 125 yang kurang sukses malah diterusin make desin itu juga, nex juga make hadehhhh…. padahal itu yang bikin terlihat ganjil dari depan dan samping.
    cakep tuh sein skywave, skydrive, spin. kemana tuh larinya?
    motor laris dibunuh (shogun 110), motor kurang laku didiemin :O
    kebanyakan blunder.

    Like

  10. Suzuki kebanyakan blunder….
    Gue rasa sih sebenernya pak Paulus sendiri udah proven di Yamaha. Tapi bener kata mas iwb, pak paulus ga bisa jadi jagoan sendirian di situ. Pak Paulus pasti punya keterbatasan power dll.

    Gue sebenernya demen ama produk2 Suzuki. Dulu sempet punya thunder 125. Sampe sekarang masih demen dengan beberapa model, tapi males belinya… takut layanan purna jualnya ga bagus.

    Like

  11. sesuatu nggk ada yang tak mungkin…. seluruh sumber daya harus all out dalam mengeluarkn ide-idenya…. seorang pak paulus tidak akan mudah dalam mengemban tugasnya menaikkan kembali image suzuki tanpa dukungan tim yang solid… dibenak pak paulus mungkin sdh ada langkah apa yg harus dilakukannya… ibarat membangun tembok yg runtuh dibutuhkan sumber daya yg kuat dan strategi yng jitu…

    Like

  12. @suzuki mania
    udah pada tahu om..
    yg 60 jam dah di pecahkan atpm lain
    yg 100 jam testernya pada di kerokin coz masuk angin make mpe 100 jam…

    Like

  13. motor suzuki benernya jg bagus kq, bro2.. Pernah merasakan naik fu kan..wlpun bebek tp kenceng, matiknya pun akselnya msh joss dibandingkan xeon, modelnya pun bagus2 ya emang marketingya aj yg krng jos n minus motor batangan nihil inovasi

    Like

  14. Rumor adalah rumor. Belum tentu Pak Paulus kena ‘rem’ dari dalem, bisa jadi memang karena belum ada cukup amunisi produk yang bisa dipake perang marketing. Seperti halnya Honda 2008-2010 yang terlihat mandul, ujug2 di 2011 bombardir market dengan produk2 yg ga bisa di intercept kompetitor.

    At least Suzuki Nex keliatannya sudah mulai cukup agresif baik dari sisi produk, harga, dan program2 salesnya .

    Suzuki : Nex …. yang lain : Ex ( <– bikinan pak paulus bukan ya .. )

    Like

  15. Wewwww,… Solid yang utama, kalau cuma satu orang saja yang bergerak ya namanya kerja keras bro,… sekarang adalah era nya kerja cerdas…. bukan kerja keras… hehehehehe

    Like

  16. thn 2012 honda udah siap2 buat ngeluarin FU killer. kalo honda isa memberi value yg lebih dgn harga yg sebanding dgn FU (ane rasa isa mengingat blade jg valuenya lebih dibanding jup Z), maka tamatlah riwayat suzuki. ane benernya yakin sama keandalan mesin suzuki (ane pengguna shogun 110 2002 ga ada masalah sampe sekarang).

    kudunya suzuki mulai nentuin arah gerakny mereka kemana. dari iklan suzuki yg ga jelas emang suzuki spt kehilangan arah mereka. iklan nya ada gsx-r, hayabusa, dll yang gak dipasarin disini. bener2 deh kudu berinovasi dikit. suntik mati kek itu thunder, udah bulukan masih aja dipiara, ganti motor kek FXR yg didesain ulang mengikuti jaman, taruh pricing nya diantara CBR 150 ma vixion, maka tamatlah 2 produk itu. suzuki nex ane liatin juga lesu. jarang ada yang kejual kata salesnya soalnya sebelah rumah ane main dealernya suzuki jogja.

    kudu brani inovasi juga suzuki spt jaman 2 tak mereka yang pada waktu itu bener2 berteknologi tinggi spt suzuki rgr tangguh, FXR yang terlalu canggih pada jaman nya sehingga disuntik mati. ingat suzuki udah memiliki mesin2 tangguh yg tinggal disulap jadi motor2 yang mengikuti perkembangan jaman

    @bro IWB : tolong semua masukan yg terkumpul sodorin ke pak paulus ma petinggi suzuki, demi kemajuan mereka juga. thanks

    Like

  17. semua bermuara pada UUD alias ujung2nya duit, Suzuki kalah telak di sini,dan tentunya hal ini diperparah dengan adanya manajemen yang amburadul paska hengkanya pak Subronto Laras, cmiiw…..

    Like

  18. Buset, ni tulisan bisa bikin panas manajemen suzuki sama mr.paulus nih…lah ngrasanin mitra kerja pake bloger gini….parahhhh….mendingan resign aja kalo dah ngga diterima ide2nya…cari investor buat bikin merk baru, atau pindah kerja lagi…

    Like

  19. halah… suzuki indonesia kan cuma cabang jepang bro, apapun keputusan atau trobosan yang dilakukan harus seijin jepang dulu. meskipun RnD disini udah buat motor bagus dan disukai klo otoritas dijepang ngga ngijinkan diproduksi ya ngga akan diproduksi mau siapapun GM nya ngga akan bisa mengubah itu. subronto laras itu dulu memang berpengaruh di suzuki jepang karena termasuk pendiri suzuki indomobil di Indonesia klo paulus cuma GM doang.

    Like

  20. Suzuki terlalu konsen di segment Roda-4 (mobil) tapi masih memble di R2, pak Paulus mungkin masih melakukan perbaikan internal manajemen, untuk Produk seandainya AHM bikin pesaing SatriaFU harusnya Suzuki justru nyiapin sport bermesin FU yg berpotensi menumbangkan kedigdayaan Vixion, untuk Matic Hayate-Nex harus di-iklanin secara maximal, untuk bebek kayaknya sulit mengalahkan dominasi AHM…. untuk class premium sediakan GW250

    Like

  21. sedikit serius ah, maaf kalo ada yang gak berkenan….

    rasanya mirip Pak Jokowi yahhh…. sangat diharapkan sekali mau memimpin Jakarta setelah sukses menjadikan Solo seperti sekarang ini…….

    atau Pak Dahlan Iskan yang sedang digadang2 menjadi bakal calon presiden 2014……

    Like

  22. Kalo dicermati, sepak terjang 1 orang utk bersaing di bisnis sepeda motor tidak mungkin berhasil tanpa dukungan semua sumber daya.
    Jangankan utk perubahan besar, perubahan kecilpun akan sulit diperoleh kalo tidak ada sinergi semua pihak.
    Yg saat ini contohnya, market share suzuki sangat rentan di bawah 6% di Indonesia sulit utk beranjak ke level yg lebih tinggi. Yg paling penting mungkin perubahan mendasar dari dalam secara menyeluruh akan berdampak pada pencapaian hasil positif.
    Keep One HEART n keep Safety Indonesia

    Like

  23. jgn berandai-andai…
    hai SUZUKI… saya pengguna SUZUKI di dunia balap roda dua… dan tak pernah ke lain hati… mulai 2001 s/d sekarang…
    tp perjuangan seolah-olah sia² belaka…
    walaupun kenceng tp tak terlihat…
    orang taunya yg kenceng JUPITER Z…
    COBA CARI TAHU KEUNGGULAN JUPITER Z DI BAGIAN RANGKANYA….!
    JANGAN KOLOT DG GEOMETRI RANGKA SUZUKI YG GAK BS DIAJAK MASUK N KELUAR TIKUNGAN…!!!

    KENCENG TP GAK BS BELOK→CELENG=BABI HUTAN…!!!

    Like

  24. @ all

    Artikel Mas Iwan ini sebenarnya ngak pedas, ini pas banget dengan jeritan hati para fans Suzuki.

    Mudah2an ordal Suzuki membaca artikel ini, suka tak suka, inilah kenyataan yang terjadi.

    Mantafffff………. Mas Iwan…..!!!!!
    Keep nice postinggggg……….!!!!!

    Like

  25. Kalau ingin tetap eksis di R2 indonesia,suzuki harus segera melakukan reformasi total di intern nya di semua divisi,dan semua kebijakan nya.Divisi R&D harus di isi oleh orang2 yang smart dan mengerti sekaligus tau selera orang indonesia.manajemen suzuki juga harus tanggap setiap ada ide atau masukan dari berbagai pihak yang berupaya agar suzuki bisa bangkit dan kemajuan untuk suzuki sendiri. “Inovasi tiada henti” dari suzuki harus di bangkitkan lagi!!!

    Like

  26. dear bapak ibu sekalian,
    semua berujung terhadap saham.
    selama saham SUZUKI JEPANG si indonesia masih minoritas, maka TIDAK AKAN ADA MOTOR BAGUS.
    Beda dengan saham di INDIA ama china yang mayoritas, maka disana bertelor GW250…
    so silahkan jual Suzuki indonesia ke Suzuki jepang, kalo mau ada motor bagus dan marketing yang sensasional…

    Like

  27. Ane kecewa bgt sama suzuki..
    Yg ngerti mesin pasti milih suzuki, disamping kuenceng mesinnya juga awet..
    Tp sayang model gx ngikutin jaman dan kurang berinovasi..
    Gini aja, klo suzuki gx bisa mendisain motor jd ada in aja sayembara utk mendisain motor….

    Like

  28. 17. suzuki mania – Januari 1, 2012
    Ada keunggulan Suzuki yang tidak diketahui. Seperti rekor MURI Suzuki Titan uji ketahanan Non-Stop 60 jam, rekor MURI Suzuki Axelo uji ketahanan Non-Stop 100 Jam. Belum lagi Suzuki Jelajah Negeri.
    =====================================================
    Percuma kalau rekor-rekor doank mah gak ngefek, kalau nggak didukung sama model motor yang bagus, dan membangun brand image yang kuat. Suzuki sekarang udah kehilangan brand image’nya karena modelnya “wagu, aneh, gak sip”.
    .
    CMIIW

    Like

  29. Sebenarnya saya tertarik beli Axelo…
    Tapi sebulan terakhir ne cuma lihat axelo sekali ja di daerah kota Tulungagung…
    Akhirnya batal beli deh,malah yg masih keliatan wara wiri cuma Titan ama FU150..

    Like

  30. 63. diashndarudimas

    kata siapa gk ngefek & percuma klo cuman rekor2 doang, SOK TAHU AJA……. justru saya salah satu pengguna suzuki, yakin dan benar2 bermanfaat sekali atas pengadaan rekor2 muri yg pernah diraih suzuki, walaupun bagi sebagian orang dianggap sepele, tetapi bagi yg ngerti tentang hal kepuasan konsumen dalam kategori mesin, rangka, performa, kenyamanan dan keamanan khususnya, hal itu sangat berarti sekali. biarpun iklannya memble, harga jualnya hancur, gak ngaruh buat saya pribadi apalagi bli motor klo cuman buat gengsi doang, 1 thun – 3 thun dah dijual lagi. mungkin klo buat orang yg punya uang berlebih tak masalah mau ganti motor berapa kali atau harga jualnya jatuh, dll sebagainya.

    klo gk ada rekor2 hasil torehan tsb, sya pasti bakalan ragu buat memilih ini merk. catet….

    Like

  31. Mengingat zaman Satria 120 RU dahulu Suzuki bnyk digandrungi anak2 muda, Bebek Satria 120 6Speednya itu bro apalagi yg model hiu memang paling mutakhir dijamanya. Sampai sekarang pun motor ini msh Ane anggap motor yg gak kalah keren di banding bebek2 lain. Karena Satria RU mempunyai Mesin Tegak + Rangka Twin Spar +Mono Shock yg terlihat racy banget.

    Like

  32. Bener masbro,perubahan bukan karena pemimpin ato siapa penggeraknya saja. Namun harus dari seluruh jajaran perusahaan. Percuma diteriakin,kalo yg diteriakin ga mau berubah. Hadeeeech….

    Like

  33. Sudah.. lah..

    begini lah nasibnya si pak komandan ..
    suka takut berinovasi dia..

    Ini kan akibatnya si fans nyebarkan berita juga ..

    larii dulu gua.. kemana ya yang lainnya.. ?

    Like

  34. Jelas…ketajamanan perusahaan harus didukung oleh orang sekitar. Pak Paulus saja tidak cukup mzbro. Kudu ada niat, tekad, keinginan untuk bangkit dan berubah dari seluruh komponen didalamnya. Last.…semoga wacana mendatangkan GW 250 bakal menjadi titik poin kebangkitan Suzuki. Untuk sementara….jangan terlalu berharap terhadap pak Paulus. Karena kudu ada resuffle besar-besaran ditubuh organisasi mereka. Bagaimana?? hanya mereka yang tahu. Kita sebagai konsumen cuma bisa menunggu…mengamati serta menanti gebrakan dari Suzuki. Kira-kira bagaimana dengan tahun 2012?? monggo berikan prediksi sampeyan semua….

    Like

  35. @2skipz

    betul bgt bro,ane juga kepincut ma model satria 120 RU yg keluaran terakhir,kalopun tu motor dibikin 4tak,modelnya dijamin masih bagus banget n gak ketinggalan jaman,lha ko malah ngilang dari peredaran ❓
    berbanding terbalik sama pabrikan Kawasaki yang mati-matian mempertahankan produknya,

    Like

  36. Kang Iwan, benar sekali…..
    Seorang Pak Paulus yg terkenal hebat, nggak akan ada artinya di Suzuki……kecuali dia punya power yg lebih……..untuk RESTRUKTURISASI ORGANISASI mulai level management sd Supervisor……..itu yg paling tepat kalau nggak bisa diajak KERJASAMA membangun kembali Suzuki….
    tentunya perlu dukungan dari TOP management Suzuki…..kecuali Suzuki dah nggak mau serius main di R2.
    Siapa yg tak kenal Suzuki dimasa lalu…..jagoan di lintasan balap..jangan sampai nanti menjadi KENANGAN dan hanya menjadi sejarah …..
    Seluruh konsumen setianya masih menunggu……jangan KECEWAkan mereka
    Semoga Suzuki mau berubah…….jangan malu……..tak ada kata TERLAMBAT…..

    Like

  37. Realistis ajalah! Berat utk Suzuki ngejar ketertinggalannya thd dua tetangga jepun yg sdh lebih jauh mengakar… Yang satu kepak sayapnya sdh jauh mengangkasa, yang satunya lagi terlanjur kuat menancapkan garputala-nya…

    Artikel diatas menurut saya terkesan mencari ‘alibi’ utk om paulus… Dengan jam terbang om paulus selama ini, tentu ia sdh berhitung ketika menerima pinangan Suzuki. Jadi om paulus sdh paham betul resiko yg dihadapi saat ‘nyebrang’ ke Suzuki.

    So, saatnya pembuktian skrg utk om paulus… Apakah kesaktiannya saat membawa garputala bisa kembali terjadi di suzuki

    Time will tell lah yawwww….

    Like

  38. Suzuki HARUS berani mengorbankan FU….
    positioning produk szk terjebak sendiri…. lha gimana mo bikin motor sport fairing???…. kalo bs dibunuh sendiri oleh si bebek FU… TRUS… motor batangan konvensional-nya dari segi desain ..hwara bin parah…
    trus bebek konvensional-nya… sudah oke cuman sasisnya tidak mumpuni buat WSBK pasar senggol alias INDOPRIX+motorprix… gaungnya hilang direbut kawak EDGE….

    just sharing…

    Like

  39. kelemahan suzuki yg pernah saya alami selama pake sogun 97.RGR,thunder part nya agak sulit ,lalu masalah nya suzuki sering suntik mati produksi nya misal RGR.FXR.thunder 250.dengan banyak nya suntik mati itu maka saya ragu untuk beli motor dari suzuki mengingat tak ada nya kontinuitas produk part nya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s