Grand Final Yamaha Cup Race 2011….Konsistensi 22 Tahun Yamaha di Dunia Balap di Indonesia !

Tidak dapat dipungkiri, Yamaha adalah merek sepeda motor yang memiliki komitmen kuat sekaligus konsisten dalam membangun industri balap motor menjadi bergairah di Indonesia. Sejak tahun 1990, Yamaha telah merintis sebuah event bertajuk Yamaha Sunday Race di Ancol kemudian berkembang hingga ke beberapa kota di Indonesia dan mampu melahirkan pembalap-pembalap terkenal sebut saja, Petrus Tobun Canisius, Ahmad Jayadi, Roy Adrianto, Hendriansyah hingga era Doni Tata Pradita yang bisa melanglangbuana ke pentas dunia melalui program Road to World Champion from Zero to Hero….

Berbagai prestasi telah ditorehkan para pembalap lulusan Yamaha Cup Race seperti Petrus Canisius yang menjadi juara lima kali berturut-turut tahun 1993 – 1997 lalu Ahmad Jayadi juara tujuh kali berturut-turut dari tahun 1995- 2001 dimana keduanya berkesempatan mendapat wild card bertanding di ajang World GP (MotoGP) tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul. Selanjutnya Doni Tata dengan talentanya berhasil menembus GP 125 dan GP 250 dilanjutkan dengan rangkaian seluruh seri World Supersport 600 cc. Ini tentunya adalah hasil dari sebuah kompetisi Yamaha Cup Race yang dirancang memiliki program berjenjang menuju kelas balap motor yang lebih tinggi.

Dari statistik peserta dan penonton pun YCR memiliki daya pikat yang kuat meski juga turut menyesuaikan dengan trend yang berkembang di dunia balap seperti era 2-tak yang kini ditiadakan di YCR. Yamaha pun terus meningkatkan kualitas penyelengaraan event, dimana selain menjadi ajang prestasi bagi para pembalap, namun juga menjadi sarana hiburan dan edukasi bagi masyarakat lainnya dengan mamasukan beberapa program seperti freestyle, kontes modifikasi hingga kampanye safety riding.

Manager Motorsport Yamaha, Ari Wibisono mengatakan, tahun ini YCR memasuki tahun ke-22 penyelenggaraanya dimana hal ini adalah bukti dari Yamaha yang lahir dengan Gen Motorsport yang kental berkomitmen terus memacu prestasi anak bangsa.” Tahun ini kita menggelar 14 seri YCR di seluruh Indonesia, yakni Makassar, Purwokerto, Medan, Padang, Kediri, Bali, Lombok, Lampung, Bangka, Jambi, Bengkulu, Cirebon, Jakarta dan Malang. Hal ini bertujuan untuk memberikan sarana bagi pembalap-pembalap muda Yamaha di daerah untuk mengembangkan prestasinya bersama Yamaha menuju jenjang internasional,” papar Ari.

Ari menambahkan, dari hasil grand final ini akan disaring 10 pembalap masing-masing seeded 5 pembalap dan 5 pemula untuk diberangkatkan ke ajang Yamaha Asean Cup Race awal tahun depan di Thailand.” Dengan slogan Peduli Prestasi Bangsa, Yamaha akan terus memfasilitasi minat dan bakat para pembalap di ajang YCR untuk bisa berprestasi membawa harum nama bangsa. Selain itu kita juga punya program YRA (Yamaha Riding Academy) untuk memantapkan skill mereka dengan kurikulum yang terpadu,” jelasnya.

Bukti ketangguhan Yamaha di balap motor nasional terbukti dengan diraihnya juara Motoprix di seluruh region di Indonesia dan kembali mempertahankan mahkota tertinggi podium Indoprix sebagai balapan tertinggi di Indonesia melalui Denny Triyugo dan Hendriansyah. Prestasi ini sangat membanggakan dimana secara berturut-turut dari tahun 2008, Yamah mencetak prestasi gemilang di Indoprix. Dukungan sponsor seperti halnya Yamalube turut mengantarkan para pembalap Yamaha berjaya di kelasnya.

Oli Yamalube terbukti kualitasnya mengangkat prestasi para pembalap Yamaha. Seperti Denny Triyugo dari tim Yamaha Yamalube FDR KYT Star Racing menjuarai kelas 110 cc Indoprix tahun ini. Pembalap-pembalap Yamaha lainnya yang menggunakan Yamalube juga menunjukkan kualitasnya di Yamaha Cup Race (YCR), seperti yang diperlihatkan Anggi Permana Putra dari tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya dan M.Zaki juga dari tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya.

Di ajang Grand Final Yamaha Cup Race 2011 yang berkonsep Racetainment, Yamaha juga menggelar serangkaian acara yang bersifat menghibur yakni kontes modifikasi, freestyle show, Riding Experince menggunakan Yamaha R6, Pasar Malam Yamaha, Yamaha Safety Riding Science, informasi mengenai YRA, Test Ride, Jambore Klub Yamaha, games dan Live music dari band kenamaan di Tanah Air….(iwb/YMKI press release)

Advertisements

18 thoughts on “Grand Final Yamaha Cup Race 2011….Konsistensi 22 Tahun Yamaha di Dunia Balap di Indonesia !

  1. biasa metal indonesia, kalo gak ada pembibitan kok langsung mau kelas juara dunia. sip lah walau di kelas bebek tapi berkelanjutan. simoncelli ngetop balapan di mulai juga dari baru bisa jalan.
    kebiasaan orang indonesia jiwa pengemis nya mendominasi, gak mau susah-susah dulu, mau nya langsung juara dunia. whani pillo

    Like

  2. DianCook pada Desember 16, 2011 pukul 7:02 PM berkata:

    Halah balap bebek aja dibanggain.
    Bangkrut aja lho Yamaho!!!

    ngga hanya yamaha kok. honda, suzuki kawasaki juga sering ngadain one make race. pake bebek juga. bahkan honda sampai rekrut benny jati utomo buat dongkrak performa bebeknya.

    win pada Desember 17, 2011 pukul 12:43 AM berkata:

    balapan bebek buat apa?
    ga ada jenjang karirnya
    mending sport biarpun cuman 50cc

    itu doni tata dari bebek juga ke 250 cc (ketiban pulung) dan supersport. meskipun prestasi ancur-ancuran.
    m fadli juga dari bebek ke supersport.
    Dwi Satria dari bebek juga ke supersport.

    Like

  3. 15. win – Desember 17, 2011

    itulah knp ga memulai balapan dr motor sport aja biarpun cc kecil,giliran megang sport jiper duluan

    fasilitas yang belum mendukung kali, mas. biasanya disini cuma sirkuit dadakan. jalan raya disulap jadi sirkuit.
    untuk motor sport butuh area yang luas. masak gravelnya pagar BRC atau penonton? ya ngga mungkin. sirkuit yang sangat mendukung baru sentul saja.
    biasanya di sirkuit dadakan pake bebek siapa cepat di mulut tikungan bisa dapet keuntungan keluar duluan. teknik corneringnya sangat beda dengan menggunakan motor di sirkuit permanen dengan bentuk mirip sirkuit internasional (IMHO)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s