Yamaha ITGP : Sukrisna Beni mewakili Indonesia bertanding keJepang!!…

Bro…cerahnya kota Bandung menjadi saksi persaingan ketat antar mekanik yang  berkompetisi guna menunjukkan yang terbaik. Setelah mengerucut 48 dari 900 peserta…disaring kembali dengan hanya tersisa 12 finalis. Dan….pada jam 7 malam dini hari kemarin, Sukrisna Beni dari Yamaha Sumber baru motor Yogyakarta (wah…mantep nih arek Yogya :mrgreen: ) akhirnya berhasil menumbangkan seluruh lawannya secara meyakinkan dengan menjadi pemenang Yamaha ITGP 2011…..

Sukrisna mengumpulkan score tertinggi yakni 1633. Sedang posisi kedua diraih oleh Martinus Dirga (Yamaha Mataram Sakti) dengan nilai 1610. Menyusul Mujianto dari Timbul Jaya motor Kediri (1570). Selain mencari 3 best of the best…pabrikan garputala juga mencari Best theory yang dimenangkan oleh Sugeng Riadin (Yamaha FSS Bandung), Best practice disabet oleh oleh Uam Hamdani (Surya Putra motor Bandung), dan yang terakhir Best CR adalah Ahsan lutfi berasal dari Yamaha FSS Semarang. Tidak hanya itu mzbro….sebab brother kita yang ikut dalam SMK kontes 2011, sukses memboyong sebuah Yamaha Byson sebagai hadiah utama. Siapa mereka?? arek Jawa timur mzbro. Yup…SMK Pemkab Ponorogo dengan score 2660, nomer dua SMK Muh. Kedawung Cirebon (2350) sedang podium tiga SMK PGRI 1 Serang Banten (2300)….

Kompetisi grand final dilakukan dipanggung terbuka dimana semua orang dan mata memperhatikan gerak-gerik mekanik dalam memecahkan masalah. Indonesian Technician Grand Prix (ITGP) tahun ini merupakan event yang ke-12. Menurut pak Mangiring Siahaan (General Manager Teknik dan Motor Sport YMKI) tahun 2007 Indonesia sudah sukses menyabet posisi 1 dan 3 untuk kontes teknisi dunia. Nah…target kedepan Indonesia kudu sapu bersih podium 1,2, dan 3….

Memang harus optimis. Toh Mr. Hiroshi Kimura General Manager Service Division Yamaha Motor Corporation, Jepang mengatakan rasa salutnya atas kemajuan skill mekanik Indonesia. ” Indonesia mechanic has very good skill. Time by time is growing and increased..(Mekanik Indonesia mempunyai keahlian sangat bagus. Dari waktu ke waktu terus berkembang dan meningkat)… “ ujarnya ramah. Oh iya btw…ingin tahu contoh soal yang kemarin diberikan??…nih mzbro

" Customer satisfaction is our objective.." (Mr. Kimura)

Problem :

1. Motor tidak bisa dihidupkan memakai elektrik starter

2. Motor tidak bisa idle

3. Setelah diservice motor malah mati total

Hasil yang harus diraih :

1. Motor hidup dan mampu idle  1400-1500

2. Motor normal ketika digeber pada 5000rpm (tidak boleh brebet)

3. Maksimal yang boleh diganti adalah 4 suku cadang

4. Bisa diselesaikan maksimal 1 jam

Poin penilaian :

1. Kebersihan alat.

2. Ketepatan waktu.

3. Kepuasan pelanggan.

Hasilnya…nyaris semua finalis mampu memecahkan persoalan. Adu ITGP kali ini disaksikan langsung oleh para pentolan Service Division Yamaha Motor Corporation seluruh dunia. Contohnya Jepang, Brasil, China, Selandia baru, Belanda dan masih banyak lainnya. Mereka mengaku ketanah air ingin mempelajari sistem yang dijalankan Yamaha Indonesia. Hhmm…study banding nih ceritanya.

Last...event seperti ini bukan hanya untuk mencari pemenang. Karena seperti yang diungkapkan oleh Mr. Kimura (YMC GM Service Division)….main objective adalah customer satisfaction artinya mereka percaya jika mekanik mempunyai high quality skill…sebagai garda terdepan bertemu dengan konsumen, cekatan..pintar menganalisa serta cepat menyelesaikan masalah…otomatis konsumen akan puas. Itulah tujuan utama Yamaha menyelenggarakan kompetisi ini. So…mari kita doakan semoga brother kita…arek Yogya, Sukrisna Beni mampu menjadi yang terbaik pada kontes teknisi tingkat dunia bertarung dengan teknisi luar negeri keJepang nanti. Kebanggaan tersendiri tentunya. Ada komentar mzbro??….(iwb)

Advertisements

16 thoughts on “Yamaha ITGP : Sukrisna Beni mewakili Indonesia bertanding keJepang!!…

  1. bukti apresiasi yamaha terhadap para mekanik untuk terus berinovasi dn berekspresi agr dpt membuahkan kepuasan terhadp customer,tinggal tunggu implementasi n implikasinya aja kdpan……………..kang iwan trmksh skli ats smua tulisannya kita ini yg di plosok dg jaringan yg memprihatinkan bs tau pencerahan otomotif lwt blog anda,

    Like

  2. @ 8. alex
    Iya bro..orang Yogya. Sampeyan cari aja dealernya
    @ 9. beckhem
    Pasti bro….tinggal tunggu waktu
    @ 11. Speedy
    OOo…lha sampeyan kenal to bro
    @ 13. plosokpapua
    Terharu bro dengarnya. Senang bisa berguna untuk mzbro dipelosok papua sana….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s