Yamaha sadar betul bahwa posisinya digenjet dari segala posisi….

Agresifitas Honda mengisi segala lini ternyata mendapatkan perhatian dari Yamaha. Mulai dari kelas matik, bebek serta yang terakhir adalah sport…tidak luput dari perhatian para ahli strategi garputala….

Untuk kelas bebek….belum ada senjata pemukul yang akan diluncurkan. Setidaknya saat ini. Tapi matic…..Yamaha mempunyai Mio injeksi yang sebentar lagi juga akan diluncurkan. Bentuk fresh plus beberapa fitur tambahan. Bocorannya lagi…tahun depan mereka juga sudah menyiapkan senjata rahasia….dugaan kuat kelas skutik. Sedang motorsport???…masih menggunakan line up sekarang….

Dari perbincangan yang IWB lakukan, bahwasanya mereka tahu betul bahwa posisinya digenjet oleh Honda. Karena itu…tahun depan mereka kudu membikin terobosan untuk mempertahankan posisi. Entah dari produk juga advertising. Dan….mendengar nada bicara, kekuatiran terhadap lawan begitu terasa. Hebatnya….khusus varian motorsport, mereka sudah tahu Honda akan mengeluarkan teralis namun tetap merasa pede dengan trio kombinasi Scorpio, Vixion, serta Byson. Disinggung tentang YZF-R15??….

Tidak bakal ada rencana mendatangkan ketanah air setidaknya dua hingga tiga tahun mendatang. Kecuali jika kepepet…..semua bisa saja berubah. Toh strategi bukan harga mati yang tidak boleh dilanggar. Artinya??…kalau penjualan jagoan mereka ditaklukkan Honda,  R15 bisa saja menjadi gacoan baru garputala. Kapan?? tidak sekarang. Mereka berasalan, masih banyak kartu yang belum dikeluarkan khususnya Vixion dan Byson. Apakah RDB??…modifikasi dapur pacu menjadi 6 speed??. Tergantung situasi pasar nantinya. Kita lihat saja…(iwb)

Advertisements

97 thoughts on “Yamaha sadar betul bahwa posisinya digenjet dari segala posisi….

  1. YMKI persis spt AHM dulu.
    klo gonta-ganti baju aja masih laku ngapain ngeluarin motor baru??

    harusnya berkaca pd skutiknya, menganggap gonta-ganti stripping aja udah cukup ternyata ndlosor…!!

    Like

  2. terjepit dan d kecabik sama capit Kepiting dewasa.
    ,..ibarat anak kecil yg jdi korbanx, tramat susah d lepas klo g d bntu sma org dewasa.
    jdi …sussyaaahh lepasx.,so pasrah ajja.
    🙂

    Like

  3. lebih mungkin bukan R15 tapi vixion yang didesain berfairing merupakan senjata ymki, dengan 6 speed tp ane lebih suka scorpio aja yang didesain berfairing sprti R6 lebih mantep.

    Like

  4. ane selalu salut ama strategi Yamaha.. Selalu bisa memanfaatkan sedikit celah.
    Kemampuan finansial Yamaha ga sekuat Honda.. Ga bisa gerojokin produk sebanyak Honda.. Terlalu bnyak produk juga kurang efektif..iya kalo laku. Kalo ga. Bukane untung malah buntung. Makane cara yang paling efektif n efisien ya bermain di mindset knsumen.. Salah satu cara, dengan marketing yang solid,, liat aje. Biarpun inden, bahkan ampe 6 bulan. Orang rela nunggu. Bahkan sampe daftarnya nguler..

    Like

  5. Didgenjet sana sini trus dipepet ujung2 nya sesak napas jg……………
    Kalo sudah begitu baru nyadar…………………………………………………..
    Ternyata berada dipuncak popularitas semakin kenceng angin menerpa dan bila tidak siap mental serta sumber daya orang2 yg berkecimpung didalamnya dan dana yg besar dipastikan lambat laun ya kembali keasalnya……………………………..
    Ingat tagline motor kenceng sudah basi dimata masyaraka…………….
    Yang dibutuhkan masyarakat adalah produk2 yg unggul dari banyak aspek serta tentunya produk2 yg benar2 baru dan tentu saja harga terjangkau…………………

    Like

  6. “Apakah RDB??…modifikasi dapur pacu menjadi 6 speed??” ini ungkapan sang temen di ymki atau kang iwan ? hatihati banyak pembaca nantinya salah kaprah

    Like

  7. @23: roda belakang pake cakram ga enak mas bro, klo ujan daya cengkramnya lebih jelek dibanding tromol, so depan cakram + belakang tromol adalah kombinasi terbaik.

    Like

  8. Maaf sebelumnya nih jujur ane kecewa kl udah denger R15.V2 ga bakalan dikeluarin.jd maaf maaf aja kl nanti pindah kelain hati…toh ujung ujungnya konsumen sendiri yg nentuin mator mana yg paling bagus.percuma punya motor bagus ga dikelurin mah simpen aja digudang biar jamuran.sebelumnya maaf nih kang IWB

    Like

  9. scorpio kembalikan ke trahnya jadi motor enduro…
    vixion jadikan r15 v2.0…
    byson naik cc jadi 215 cc…
    buat motor flagship 250 cc 2 silinder dengan teknologi EXUP agar irit….

    Like

  10. @kudalumping> salut ma komenx.. saya juga ngeliatnya kayak gitu.. sadar akan digencet tp tetap cool!! semua aspek telah direncanakan dng matang(mslah brojolin produk,advertising,marketing,dll), klo umpamanya YKMI grusa grusu.. alamat HABIS dilumat HONDA yg tlah siap dgn jurus2 grusa-grusunya walaupun tetap bisa membunuh dng prlahan!! realistis jika YKMI hanya menjual/mempertahankan mindset konsumen.

    Like

  11. Paling gonta-ganti stripping dan tag line lagi…

    yamaha gitu lhoh…

    klo cuma gonta-ganti cay, stripping dan tag line aja udah laku…, ngapain brojolin produk baru…??

    mungkin begitu skenarionya…, biar untung gede…

    xixixii

    Like

  12. ymki ancur ?? peduli setan elu mau mampus keq…emangnya yg bikin motor elu doang , egp lah yauuww ….konsumen sekarang sudah jadi raja di banding dulu …motor2 baru betebaran dimana2….lihat perbandingannya sama jaman dulu ….skrg bisa nikmatin ninja 250 , bentar lagi KTM duke muncul , ada CBR150 CBR250 , bentar lagi ada yg lebih heboh lagi ninja er6 600cc yg harganya 99juta …. yg lawan arus bakal punah dengan sendirinya

    Like

  13. selama masih laku ngapain brojolin produk baru..
    toh masih bnyak yg kesengsem sm produknya..
    maksimalkan dlu sma apa yg ada. kalo dah g bisa, tinggal tgu aja serangan balik ymki 🙂

    salam 1 hati

    Like

  14. yah jurusnya tangkisan lagi… Mau sampe kapan ymki serang balik lawannya yah? Ato emang tinggal bisa jurus itu doang… Ga kaya temen seperguruan di india sm thai.. Ilmunya udah lebih tinggi.. Master nippon nya pilih kasih sih..

    Like

  15. Sebenarnya kalo melihat data real dilapangan, motor honda dan yamaha itu beda kelas,,kelas muda dan kelas tua,,coba aja perhatiin, rata2 anak muda beli yamaha, apapun itu motornya, dan rata2 orang tua belinya honda,,anak SMA ato kuliahan mana ada yg mau pake Mega Pro,ato supra series tapi yg pake vixion / jupiter seris bejubel, anak SMP kebanyakan pake mio/xeon,mana ada yg mau pake vario series. jadi sebenarnya pasar honda dan yamaha itu beda.

    Like

  16. BOIKOT aja YAMAHA,
    Kalau NEW YZF R15 V2.0 Tidak diBawa Kemari,
    Dan PECAT SI EKO PRABOWO,
    Saya YAKIN masih Banyak ANAK NEGRI ini Yang Lebih MUMPUNI dari Pada Si Eko.

    Like

  17. @ 50. Bro Anton

    Saya setuju…. hahaha… yang jalan lelet didepan saya selalu Honda.. *( berdasarkan studi harian yang saya lakukan ) ……
    @ Buat para FBH… Piss ahh… :D:D:D

    Like

  18. Blm lgi gempuran vario 125nya, beat injeksi, scoopy injeksi,.yg nonggol berdesign agk baru,pertengahan 2012..
    3 sport, 150 nmp reborn fi, 150 radiator, n 250 tigor, masih ada lagi bebek super sonic 125, pengganti cs1, hmmm eeeehhh ada lgi revo design baru kyk plim 110 fi pula…

    Hmmm puyeng nih ymki, mau dri mana dulu nyerangnya….
    Tau kenapa ahm agresif, RND nya dh pindah gan, jd tdk akn contek thailand n india lgi….dijamin motor baru ahm freesshh pertama didunia di 2012…

    Like

  19. @50 di daerah mana mas? soalnya di daerah sekitar banyumas gak kaya gitu, anak2 yang baru masuk sma banyak yang naik vario/beat series, yang mio dah jarang banget keliatan (dibanding matik2 honda)
    soal vixion, menurut saya bukan karena merk-nya tapi lebih ke value motor ini yang belum tertandingi produk apapun
    soal jupiter z baru, banyak dipakai bapak2 malahan, beda sama jupiter z yang lama, memang favorit anak muda, cmiiw

    Like

  20. Pecat saja Eko Prabowo….!!!
    GM GobLokk ndak becus mimpin Ymki.
    Tak sumpahin 2012 bangkrutt…!!!
    Kalo gak niat datengin New R15 mending sono pulang ke jepang HARAKIRI sekalian,,
    Dasar ATPM bajingan…..!!!!

    Like

  21. sumpah sumpahin molo… xixixixii… ini menurut saya si Yamaha lagi pasang strategi bertahan ketika diserang membabi buta gini… nyerang nya nanti setelah Honda ngeluarin semua jurusnya… baru deh serangan balik….. Indonesia vs malaysia di kualifikasi aja isa kebobolan pake cara yang sama gini koq… saya nebak yah… next upgrade vixion adalah RDB di awal tahun.. setelah Honda teralis keluar… Yamaha mau ga mau Facelift buntut Vixi jadi R6 secara bertahap…. spido digital…ban gede dibarengi mesin upgrade …dan akhirnya R15 emang ga akan dikeluarkan koq… saya kok yakin sebagus bagusnya Honda ngluarin teralis masih kalah design sama R15 ver naked yang saya omongin diatas yah… lha byson gimana yah??? design NMP ama TIger aja belum cukup besar untuk menelan byson…. itu si kata saya… bagaimana kata anda? ^^

    Like

  22. next is the question : Honda koq ribet yah pake acara bikin motor sebanyak2nya untuk menyingkirkan 1 model motor nya Yamaha..pa ga boros duit? boros sparepart? boros infrastrukur? boros ongkos produksi? dan boros tempat gudang penyimpanan…? ujung2nya cost untuk kesana jadi mahal… harga sparepart membengkak…. karena banyak yang disimpan ketimbang yang dijual… otomatis juga perputaran uang melambat… (saat yang tepat nie untuk serangan balik dari kompetitor)

    Lha pa ga beli aja tuh desainer Yamaha dengan uang 2 x lipat… suru bikin motor yang keren… trus dilabelin Honda … mantap…!! hehe… maap OOT bro.. ^^

    Like

  23. @54. visitor
    …soal vixion. menurut saya bukan karena merk-nya tapi lebih ke value motor ini yang belum tertandingi produk apapun

    Bingo! Ini baru komen fresh nih.
    Motor Sport, Injection, suspensi belakang monoshock, rangka deltabox, radiator, harga 21jt!
    Di awal keluar, sepertinya ini memang prototype motor masa depan. Bayangin jika motor ini labelnya bukan Yamaha, tapi Kawasaki ato Suzuki. Selaris sekarang kah???

    Like

  24. 26. max – November 24, 2011

    @23: roda belakang pake cakram ga enak mas bro, klo ujan daya cengkramnya lebih jelek dibanding tromol, so depan cakram + belakang tromol adalah kombinasi terbaik.

    kalo gitu mulai tahun depan, semua motor di motoGP mestinya pake rem tromol di roda belakang biar daya cengkramnya lebih baik???
    hmmm….. (pura2 mikir….)

    Like

  25. @heaven2000 : maksudnya mungkin gini.. kalau cakram kan waktu ujan cakramnya terkena air… sehingga memungkinkan untuk slip sewaktu ngerem… sedang kan tromol kan didalam.. ketutup… jadi lebih optimal dalam pengereman.. gitu bro…

    Like

  26. Lagi jalan jalan sore di tengah hiruk pikuk launching produk injeksi. Juragan warung trimomok bungkam seribu bahasa, skenario dan arah opini mau digiring kemana sdh ketahuan arahnya.
    Mantaffff……….!!!!!

    Ada yang tau kenapa?

    Like

  27. Mudah aja, cari solusi ama blogger pencerdasan otomotif, dijamin bakal bisa saingi penjualan ahm. Wani piro?

    Lagi jalan jalan sore di tengah hiruk pikuk launching produk injeksi. Juragan warung trimomok bungkam seribu bahasa, skenario dan arah opini mau digiring kemana sdh ketahuan arahnya.
    Mantaffff……….!!!!!

    Ada yang tau kenapa?

    Like

  28. YMKI bukannya males tapi tetap focus pada strategy awalnya dan tidak mau terpancing agresivitas Honnd4 yang sedang jor-joran all cost untuk mengembalikan mindshare dan heartshare yang beberapa tahun ke belakang disalip Yamah4 😀

    Like

  29. SIAP-SIAP UNTUK MOTOR KARBURATOR PERTENGAHAN 2013 AKAN DI MUSNAHKAN OLEH PEMERINTAH,DAN MOTOR HONDA YG KARBURATOR NANTI TIDAK AKAN ADA LGI,,SMUA BAKAL INJEKSI..SEKARANG UDAH MULAI DARI SUPRA X,SPACY,CBR,MIO,VIXION, HANYA YG PUNYA MOTOR TERSEBUT YG AKAN AMAN DI 2013,,SISANYA BAKAL DIMUSNAHKAN

    Like

  30. ymki sudah bosan karena produknya selalu dicontoh dan diikuti produk kompetitor,sekarang posisinya terbalik ymki balas mencontoh dan mengikuti produk kompetitor …sudah tidak se ambisius dulu lagi .

    Like

  31. 52. iim – November 24, 2011
    @ 50. Bro Anton

    Saya setuju…. hahaha… yang jalan lelet didepan saya selalu Honda.. *( berdasarkan studi harian yang saya lakukan ) ……
    @ Buat para FBH… Piss ahh…
    ————————————————————————————-
    Emang apa hubungan ama lelet? Ente mau naik motor buat harian apa balapan??
    Klo mau cepet” ga usah dijalan raya, di sirkuit aja sono.

    Like

  32. stock motor yamaha numpuk di gudang, ga laku…contohnya jupiter series, soul, xeon

    kok ga dialihkan aja buat produksi byson, mumpung honda belum nyerang pasar sport

    kalo udah diserrang, mateklah yamaha

    Like

  33. strategi yang defensif, wait n see.. apa yg akan ditambahkan ke vixion, apa yg inginkan rider vixiion semua sudah tersedia di YZF R15, keknya motor2 sport YMKI akan diupgrade pelan2.. klo byson tinggl produksiny digass..

    Like

  34. 62. redribbon Army – November 24, 2011

    @heaven2000 : maksudnya mungkin gini.. kalau cakram kan waktu ujan cakramnya terkena air… sehingga memungkinkan untuk slip sewaktu ngerem… sedang kan tromol kan didalam.. ketutup… jadi lebih optimal dalam pengereman.. gitu bro…

    hmmmm….
    kenapa ga sekalian depan belakang pake tromol????
    kan ketutup semua jadi lebih optimal dalam pengereman.
    kan jadinya ketutup semua….

    Like

  35. yang perlu diganti yamaha bukan motornya tp pimpinannya om dyon yg ga bisa pahami jiwa anak muda sini sampe ga bisa keluarin motor baru. itu aja masalahnya.

    Like

  36. @ vegadeth

    Bentar lagi pak dyon bakal diganti ama juragan warung trimomok hahahaha

    Ahm baru bisa merasakan dashyatnya gempuran sang maestro blog pencerdasan.
    Tapi itu semua hanya dalam mimpi, kecuali gagal jadi konsultan garpu tala walaupun selalu menulis artikel yg menguntungkan y.
    Kasihan sekali ngak dihargai, waktu sunday riding sambil bawa neng mia aja kagak ditanya input untuk hadapi ahm.

    Mantaf……….!!!!!

    Like

  37. Yang bilang Rem belakang tromol jauh lebih pakem daripada cakram adalah fby yg udah kehilangan akal sehatnya………………….
    Gak ada bahan alasan buat BC alasan yg gak masuk akal jg dimanfaatin……………dasar leb4y…………………..

    Like

  38. Dunia marketing yang begitu banyak perubahan sudah semestinya menjadi perhatian, dalam arti mengikuti perubahan dan menjadi perubahan itu sendiri (biar dinamis)..
    Mungkin itu yang perlu dilakukan sama si Y..
    Apapun…keep One HEART n keep Safety Indonesia

    Like

  39. @ceriwis,,
    Ada apa dengan lexam?
    Setau ane, meskipun ga sesuai dengan target, namun tetep mimpin pasara bebek matic deh,,,

    Hadooh, ntar ane dikira FBY ni,,

    Like

  40. @ 75. AHO ++ – November 24, 2011

    Emang apa hubungan ama lelet? Ente mau naik motor buat harian apa balapan??
    Klo mau cepet” ga usah dijalan raya, di sirkuit aja sono.

    ————————————————————————————–
    Masalahnya ini dijalan raya mas bro.. bukan di komplek perumahan… 🙂 udah lelet maunya jalan ditengah.. apa ngga bahaya?

    Like

  41. yamaha lagi sesak nafas. jualan turun, pamor meredup krn hasil moto gp. dulu kan moto gp jadi jualannya yamaha biar kenceng. tp, sekarang ndloshor. mau bilang paling kenceng skrg dg modelnya si lorenzo juga udah ga mempan atau justru ngerasa ditipu. wong lorenzo dan yamaha ga juara koq.

    Like

  42. Tragiiisss… dah duduk manis aja YMKI yahh… drpd kbanyakan gembar gembor n pd ngira2 ap yg bakal klr tp blm jelas kpn keluarnya dah kburu basi jdinya… 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s