Bagaimana etika ngisi bensin ketika antrian panjang??…

Didunia ini terdiri dari bermacam manusia dan karakter. Makanya ada yang kasar…juga ada yang halus. Ada yang egois namun juga ada yang peduli dengan orang lain. Terus apa hubungannya dengan isi bensin??…

Sebagai biker…tentu mzbro semua pastinya sudah pernah menemui seseorang mengisi bensin cuek bebek tanpa perduli kendaraan dibelakangnya. Maksudnya?? Yup…ketika sampeyan buru-buru berangkat kerja, biker didepan sedang mengisi bensin secara fuel tank. Kalau bebek sih nggak masalah, namun tunggangan merupakan motorsport bertanki besar yang butuh beberapa saat menunggu. Belum gayanya yang tidak segera puas atas raihan bahan bakar….alias digonjang-gonjang dulu biar padat. Sipenjaga pom bensin kudu sabar menunggu berdiri….disuruh isi lagi, baru sedikit penuh minta stop…dikocok lagi oleh sibiker, minta digerojok lagi setelahnya berulang-ulang hingga doi puas….

Kekesalan kedua, uang tidak segera disiapkan. Membayarpun ternyata dengan uang gede sehingga siabang pom bensin dipaksa kudu menukar duit kecil kepada rekannya. Setelah mendapatkan uang kembalian……sibiker tetap ditempat dengan santai merapikan dompetnya…uang kecil dipisahin dengan uang gede. Tetap tidak bergeser dari depan mesin lemari pom bensin padahal siabang penjaga sudah siap dengan corong bensin…. menunggu giliran motor lain. Sibiker tidak merasa risih…memasukkan dompet hitamnya disaku celana belakang. Bahkan tutup tanki bensin ternyata juga belum dikunci. Tidak ada kepedulian terhadap biker lain. Mesin dihidupkan baru motor berlalu dari situ. Semua mata mengawasi hilangnya sibiker dengan perasaan dongkol. Memangnya gimana yang benar??..

Jika kita perduli orang lain, sudah sepantasnya hal diatas dihindari. Artinya…isi bensin secara fuel tank boleh namun sekedarnya saja apalagi jika antrian sudah mengular hingga puluhan motor.Toh kita masih bisa mengisi 4 atau 3 hari lagi. Yang kedua….jika tidak punya uang receh, seyogyanya bergeser dulu dan berikan kesempatan biker yang antri dibelakangnya untuk maju. Hal ini juga berlaku jika kita mau merapikan uang atau tutup tanki. Sepele namun sangat besar efeknya karena menyangkut etika serta bakal terhindar dari sumpah serapah orang lain. Sayang masalah seperti ini sering luput dari perhatian masing-masing individu. Mosok segitunya mzbro?…coba sampeyan jawab dengan jujur, kesal nggak kira-kira kalau kita menemui biker seperti itu??. (iwb)

Advertisements

76 thoughts on “Bagaimana etika ngisi bensin ketika antrian panjang??…

  1. pernah juga aneh ngedapetin yang kayak gitu … untung cuman motor bebek, tapi lamaaaa banget ngisinya …

    ya kata cerita mas IWB itu, pagi2 pas jam masuk kerja, ngisinya minta full-tank,.. stop pas udah rada penuh, kocok2 lagi .. isi lagi,,,goyang-goyang…isi lagi…

    Memang itu hak dia, cuman ya mbok dilihat yang ngantri setelahnya udah banyak banget, sampe pada pergi ga jadi ngisi ..

    Like

  2. lebih baik merapikan tutup tanki bensin belakangan aja ..

    Soalnya klo saya paling sering nemu ibu2 ato cwe yg kalo abis ngisi bensin , kaga langsung geser, dia lg asik2 muter2 tutup tanki dan kemudian nutup jok, baru jalan .. Walaghdah

    Like

  3. wis tau ngrasakno dewe aku cak, sing ngenteni cek lengkap e penderitaan e cak…
    njaluk di samblek i iku, karepe dewe gak ndelok mburine…

    Like

  4. sebaiknya se-YOGYA nya jangan digeser-geser mas iwan, bisa menimbulkan bencana dan kesengsaraan bagi masyarakat yang mendiaminya. kalau motornya boleh digeser, tapi kalau sampai se-YOGYA yang digeser….walaahhh bisa kacau dunia persilatan nanti.

    Like

  5. Tidak di SPBU saja mas Iwan, di jalanan kerap saya temui orang pengemudi Motor ber-SMS ria padahal sedang berkendara dan sangat besar resiko kecelakaan…Dalam hati sih jengkel, tapi itulah karakteristik mereka, pola perilaku manusia tidak sama satu dengan yang lain…Ada yang egois, sombong, alay, Mungkin masih dalam proses pencarian jati diri…Hadapi dengan senyum saja mas, di maklumi saja dan tetap bersyukur karena kita bisa lebih baik dari mereka.

    Like

  6. Kalo aq pribadi kesal mas kalau ada yang begitu,
    Tapi kalo aq pas menutup tangki/jok pasti maju dulu, biar yang di belakang bisa segera isi bensin,

    Like

  7. Itu mah orang kere yang bergaya sok2an. Klo mau gaya ya ngisi di pertamax plus, antri di antrian tempat mobil sambil pamerin klo ngisi pertamax plus. Klo sopir ada yang protes, tinggal bilang aja motor ini bensin non subsidi. Hehe

    Like

  8. tambahan lagi mas, kalau antri dimatiin tuh mesin, biar yang dibelakangnya gak isep asap dari motor kita. apalagi kalau motor yang berasap….

    Like

  9. 20. Valenanda’sGarage – November 19, 2011

    Tidak di SPBU saja mas Iwan, di jalanan kerap saya temui orang pengemudi Motor ber-SMS ria padahal sedang berkendara dan sangat besar resiko kecelakaan…Dalam hati sih jengkel, tapi itulah karakteristik mereka, pola perilaku manusia tidak sama satu dengan yang lain…Ada yang egois, sombong, alay, Mungkin masih dalam proses pencarian jati diri…Hadapi dengan senyum saja mas, di maklumi saja dan tetap bersyukur karena kita bisa lebih baik dari mereka.
    —————————————————————————————
    setuju bro…hadapi dengan senyum:-)

    Like

  10. pertamax aja gan, paling cepet antreannya. kadang malah ga perlu antre

    petugas : “pertamax mas”
    saya : “iya, yang biru”
    petugas : “sebelah sini mas”

    eh belakang ane ngikut

    petugas : “pertamax apa pertamax plus pak”
    belakang saya : “premium mas”
    petugas : “klo premium antriannya disebelah pak, ini khusus antrian pembeli pertamax”

    Like

  11. pengalaman pribadi mas ? hehe… syukur saya belum pernah kena kejadian serupa…. lha kalo ngisi seringnya sehabis subuhan oq…. sepi puoolll mehehe

    Like

  12. gue bawa motor pulsar. baru tau isi bensin full tank = tak beretika. padahal selama ini gue kl isi bensin selalu 50rb persekali isi.
    antri, siapin duit 50rb. kunci colok di tangki, pas sampe giliran, premium 50rb. (entar ente bilang isi premium gak beretika pula, mesti pretamax). setelah kelar, tutup tangki, dorong maju ke depan dikit biar yg belakang bisa dapat giliran. cabut kunci dari tangki dan masukin ke lubang kunci. starter, jalan deh. masak kayak gitu gak beretika sih, jadi lain kali gue mesti cuma isi 10rb dan selama 5 hari balik ke pom bensin? ini isi bensin 1bulan cuma 1x kok.

    Like

  13. pernah ngalamin kayak gini.
    Tapi paling dongkol kalo yang ngisi cewek, bukan mendiskrditkan,tpi mayoritas yang ane temui gini. abis ngisi nyari duitnya dulu(belon disiapin),ngrapiin kembalian, sampe nutup tangki n nutup jok aja slow motion, naekin motor, entah dia ngapain dulu baca yasin ato apa pokoknya lama bener, baru dah nyalaen motor. Trus baru jalan. . Gedek. Nunggunya lebih lama daripada ngisi mobil.. Entah apa ada perjanjian tak tertulis antar cewek tentang prosedur ngisi bensin. Mayoritas yang ane temuin SOP nya kayak gitu

    Like

  14. Hanya orang GOBLOK yang goyang2 tanki bensin. Lu kira ngisi pasirke tangki. Itubensin coy….. cairan. Gak lugoyang juga udah pasti akan mengisi celah kosong di tanki

    Like

  15. setuju mas iwan, kadang2 ada orang yang gak sensitif dengan hal kaya gini. bagus mas iwan sudah mengingatkan kita semua. soal full tank mending mempertimbangkan antrian panjang apa gak, kalo saya pilih habis subuh kalo mau bener2 full tank, relatif sepi

    Like

  16. begitulah, sering juga nemuin hal ginian.. klo situasi santai si gak masalah. ane aja klo udah isi bensin, tutup tangki langsung dorong kedepan biar yg dibelakang ga kelamaaan. intinya yah liat situasi, mari peduli dg orang lain, dimulai dari diri sendiri.. cerita unik neh, pernah tutup tangki motor ane susah buat dikunci, g enak ama yg dibelakang, pindah kedepan tutup blm juga kekunci, ampe antrian abis.. beuuh.. agak tensin.

    Like

  17. hal ini juga berlaku buat etika menggunakan ATM dalam kondisi antrian lumayan, banyak yang gak peduli dengan antrian di belakangnya, hampir semua transaksi dia lakukan di mesin ATM

    Like

  18. mudah-mudahan dia akan segera sadar dan menjadi pengisi bensin yang benar dan peduli pada antrian…..
    saya juga sampai skg masih nggak paham apa maksudnya menggoyang tangki waktu ngisi bensin….sering juga lihat orang goyang-goyang mobil sampai oleng ke kanan-kiri…apa penumpangnya malah nggak puyeng semua didalam….
    salam kenal, mas iwan..blognya mantafff…

    Like

  19. Biasa ngisi pagi2 bbm blum memuai….xixixi.. jadi ngisi 13 liter nyante aja,,,, malah ditawarin kopi gratis dulu ama mbak nya… Kapan yaa SPBU plat merah kyk gitu

    Like

  20. Haha… emang jengkelin bener. Itu masih mending. Pernah gak ngalamin, kita udah ngantri dari jauh di belakang di bawah teriknya matahari siang bolong, pas begitu udah mau sampai giliran kita, tau2 ada motor nyelonong/nyodok dari depan (berlawanan arah – gak ikut ngantri). Yg lebih ngeselin lagi itu tukang ngisi ladenin lagi, bukannya negor biar sadar. Ngelihat pemandangan kyk gini otomatis darah saya pun naik, akhirnya tutup jok lagi langsung jalan ninggalin pom bensin itu, dan sampai hari ini saya gak pernah ngisi bensin lagi di sana (krg lbh 10 thn).
    Kadang saya berpikir, mau jadi apa bangsa ini kalo prilaku org2nya kyk gitu? Udah yg satu gak tau aturan, harusnya ngantri utk menghormati org2 yg udah panas2 ngantri dari belakang, ditambah lagi tukang ngisinya layanin lagi, bukannya negur biar itu org sadar. Cuma bisa ngelus2 dada aja ngadepin org2 utan kyk gitu.

    Like

  21. SOP ku, kira2 yg didepan udah mulai ngisi, siapin duit pas, kalo gak pas ya yg gampang kembaliannya, buka jok, buka tutup tangki, kunci siapin di kontak posisi on, yg depan dah kelar mju trus isi premium, lah motor bebek jadul je…, abis isi maju dikit kasih yg dibelakang maju sambil tutup tangki, tutup jok, lungguh langsung pencet starter trus bablas… cepet kan… 😀

    kadang2 sambil didetikin, sok gaya pitstop… 😀

    Like

  22. Bisa dibedakan kok antara mental orang berbobot ama klonengan alias murahan…Orang berbobot dimana2 disukai atau paling ga..gk ngrepotin orang lain…buktikan dah…

    Like

  23. kang IWB dgn blognya sangat aspiratif…keren kang.

    terima kasih banyak atas dimunculkannya kasus spt ini.

    mudah2an para alay tsb insyaf ya kang…

    Like

  24. saya pny pnglaman seru mas,smpet emosi gr2 pas mw maju kedepan ngsi bnsin,tau2 lgsg ad yg nylonong g pke antri dulu,tz minta diisi,saya udh blg antri donk,eh dy emosi?yauda saya jg emosi,tp ptgs pom ny mlerai tz sy dluan yg diisin.

    Like

  25. setuju, saya pake pulsar 200…kalo lagi puanjang antrian ya emang kasian ama yang belakang kalo ikiut nunggui saya isi full tank ampe hampir 20 liter, …paling ngisi 20 ribu, tapi kalo lagi gak banyak antrian baru deh isi full…duit selalu kasih saat bensin mulai dituangin… begitu kelar langsung dorong dulu ke depan supaya antrian segera jalan lagi, rapihin duit n nutupin tangki ngidupin…baru jos ^^P

    itu beneran ya ada biker motor batangan kayak gitu???tega banget kalo beneran tuh orang

    Like

  26. mmg goblok tuh yg isi bensin pake goyang2 motor sgala,, dikira ini pasir yg bisa smakin padat.. kan ini bensin / cairan jadi tanpa digoyang2 motor jga ttp terisi penuh tanpa ada ruang yg kosong…..
    pikir donk… gak lulus SD kyaknya nih…

    Like

  27. Wah sering tuh ketemu yg kaya gitu. ada juga yg dri belakang dengan perasaan ngotot memainkan gas motor seperti menyuruh untuk cepat, padahal kan dinegara kita budaya antri.

    Tpi bila massbro perhatikan kejadian egoisme itu sepertinya diperlihatkan oleh “Kaum Hawa”(“Ibu2”). Contoh : ketika antrian membeli makanan disebuah warung “Nasi Padang” dengan enaknya Ibu2 setengah baya menyerobot masuk ke penyaji menu. Saya hanya tersenyum dan Ngurut data.

    tpi ada yg lebih parah lagi, dengan santainya seorang bapak-bapak menyusul antrian sya ketika masuk pom bensin, namun ketika bapak2 tersebut hendak memaksakan masuk dengan “nada halus”, menatap, dan disertai “senyuman” saya mempersilahkan bapak tersebut untuk duluan “Silahkan Pak kalo mau duluan”, dan bapak tersebut tersenyum dan merasa bersalah kemudian mempersilahkan saya duluan. 🙂

    memang kalo kitanya tegas tpi halus, orang lainpun akan sadar bro. 🙂

    ………… SALAM ANTRIAN ………

    Like

  28. klo saya tiap ngisi juga fulltank mas….
    sering pake uang 100ribu,,,soal nya biasa ngisi fulltank sekitar 70-80ribu…
    tapi uang disiapin pas lagi ngisi saya ambil dompet…
    selesai petugas ngisi,,,saya kasihkan uang nya,,,nah si petugas biasanya udah nyiapin uang receh,,,ketika itu saya pajukan motor ke depan sambil nunggu kembalian…

    udah sesuai belum itu kebiasaan saya mas????

    Like

  29. Mending itu Mas iwan, Kmaren ngantri premium, disalah satu SPBU di daerah tanjung barat. Diselak mobil, uda gitu mobilnya Honda CR-V ngisi sampe full tank..gimana ga dongkol coba..:(

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s