Penjualan Betik makin nyungsep!!….

Tertegun IWB membaca artikel Eyang Edo tentang sales bebek matic dari  kedua pabrikan…Yamaha dan Honda. Bukannya makin berkibar namun malah anjlok signifikan!!

Dalam satu bulan….terjual hanya 4 unit, opo ora edan mzbro!!. Ini dialami oleh Betik Yamaha Lexam pada bulan September 2011. Betik premium dari pabrikan garputala mengalami tren penurunan luar biasa. Seperti dituturkan Eyang Edo, average sales mencapai 750unit perbulan (target pabrikan 2000/bulan). DiAgustus 2011…lumayan menanjak hingga tembus 995 unit. Namun dibulan September….Yamaha Lexam hanya laku 4 unit…..

Suramnya masa depan Betik diperkuat oleh prestasi penjualan Honda Revo AT yang tidak lebih baik nasibnya. Penjualan rata-rata saat ini hanya mampu dikisaran 400 unit…jauh dibawah target pabrikan yang mematok angka 3000 unit/bulan.  Dengan data diatas…Yamaha masih bisa membusungkan dada sebab Lexam memegang tampuk kekuasaan market share Betik dengan komposisi 61,64% ( Revo AT 38,36%). Akan tetapi….gap penjualan rata-rata dengan target yang dicanangkan pabrikan sungguh jomplang menyesakkan dada….

Lambat atau cepat…pabrikan pasti akan berfikir ulang untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka. Jika tren turun tidak bisa direm…keputusan pahit bisa saja dilakukan. Menyuntik mati misalnya??. Yah…hitung-hitung menghilangkan beban produksi. Tinggal bagaimana mereka berpikir bijak supaya tidak mengecewakan konsume diluar sana. Bukan perkara gampang menghilangkan eksistensi sebuah varian sebab berpengaruh dengan image pabrikan itu sendiri. Btw…kalau saat ini sampeyan dibekali duit 16juta….milih skutik atau betik mzbro?? monggo share opininya….(iwb)

Grafik penjualan Lexam vs. Revo AT (courtessy Eyang Edo)
Advertisements

65 thoughts on “Penjualan Betik makin nyungsep!!….

  1. selera Pasar Indonesia terhadap Produk memang ANEH Mas Bro,, padahal Betik merupakan suatu produk okulasi dari KENYAMANAN Dari SKuter Matic dan EFESIENSI Motor Bebek.. Ibaratnya kalo Skutik Nyaman tapi Boros dan Bebek irit tapi masih oper-oper gigi,, nah di betik inilah kekurangan dari keduanya di hilangkan dan keunggulanya di gabungkan.. Tapiii,, #abaikan saja#

    PISS..

    Like

  2. yamaha Xeon donk mzbro,secara dari teknologi forged piston,dyasil cylinder,radiator,125cc(wlau kotor),dari tarikan nya sudah tau meski di banding dengan yamaha lexam yg hanya mengandalkan CVT YCAT nya saja..worthless dngn harga setinggi itu utk meminang lexam ke garasi rumah..xixixxix
    skalian promosi jg utk Xeon nya

    Like

  3. kalau seumpama dikasih pilihan suruh milih produk yamah dgn harga segitu ane sih mending MX kemana2.
    leXam jadul, culun bin OPERPRESS

    Like

  4. kalau ane sih lihat Yamha udah kena jebakan Honda dgn revo At-nya.
    coba dulu yamaha brojolin Fino, mungkin nasibnya gak setragis sekarang….

    Like

  5. remaja dari jaman bahula sama sekarang mah intinya yang penting gaul…. inget saya jaman SMA… beli skutik malah dikira jadul, culun bin OPERPRESS… wkakakakaka…. (waktu itu skutik masih langka banget) … jaman itu masi bebek minded… 5 tahun lagi jangan2 betik lah yang keren.. gaul…. skutik? jadoel… culun….. hahhahaa…. bro.. be careful with your word…. jaman itu pasti berubah.,.. jangan sampai sampeyan udah hina mati2an … eeee… ntar 5 tahun lagi… malah mbeliin beli motor yang sampeyan hina itu… “opo jenenge iku nek ora pekok??” (maap saya bukan penggemar betik… lha dirumah malah ada skutik ama bebek ^^v)

    Like

  6. Sebuah produk baru blm tentu langsung diterima pasar… Apalagi spec produk yg ditawarkan merupakan gabungan dari produk yg masih booming penjualannya… Butuh kerja keras untuk memasarkan produk tersebut…

    Like

  7. 35. redribbon Army – Oktober 31, 2011

    remaja dari jaman bahula sama sekarang mah intinya yang penting gaul…. inget saya jaman SMA… beli skutik malah dikira jadul, culun bin OPERPRESS… wkakakakaka…. (waktu itu skutik masih langka banget) … jaman itu masi bebek minded… 5 tahun lagi jangan2 betik lah yang keren.. gaul…. skutik? jadoel… culun….. hahhahaa…. bro.. be careful with your word…. jaman itu pasti berubah.,.. jangan sampai sampeyan udah hina mati2an … eeee…
    ntar 5 tahun lagi… malah mbeliin beli motor yang sampeyan hina itu… “opo jenenge iku nek ora pekok??” (maap saya bukan penggemar betik… lha dirumah malah ada skutik ama bebek ^^v)
    ————————————————————————————

    sama kasus waktu mio pertama baru keluar.ane mau beli malah diolok2 habis2n.cowok kok naek matic.akhirnya ane nyerah juga.lha sekarang,metic malah booming.banyak cowok yng naek ni motor.

    Like

  8. bikin helm in,,,,tp d pikir2 klo ad duit 16 jtaan drpda beli betik macam revo ato lexam mending beli matik ky vario CBS 15 jtaan (bagasi besar, radiator air, combi brake sistem) ato bli motor laki macam pulsar…

    Like

  9. Yamaha terpancing strategy Honda untuk ikut2 an menjual Bebek Matic..kalau AHM tidak masalah, karena substitusi produknya yang bejibun, ibarat kata tidak laku salah satu varian masih banyak varian lain yang mendukung…
    Yamaha lebih baik menyuntik mati line up Lexam, daripada sebulan laku 4? lebih baik mendatangkan R-15

    Like

  10. hmmm
    kayaknya masyarakat indonesia gak suka yang naggung-nanggung om
    kalo mau bebek ya bebek sekalian
    matic ya matic sekalian
    sport ya sport sekalian
    sepeda laki ya sepeda laki sekalian (ini di derita sama CS-1 juga om)

    Like

  11. saya pribadi mending langsung beli scooter z,,, klo betik mah tanggung,,di segi perawatan Betik pastinya suatu saat pasti ganti gear set plus v-belt pula,,, dari segi kenyamanan pastinya scooter lebih unggul pastinya pada saat melibas genangan air dan banjir kecil,,,kaki dijamin aman,,,, menurut sy BETIK produk TANGGUNG.

    Like

  12. Penjuaalan CS1 juga nyungsep, akar masalahnya sama gak ya?

    Mungkin salah satu yang menyebabkan CS1 nyungsep adalah fitur ban penceng, kalo masih make sasis dan swing arm yang sama, meskipun dah facelift, jadi ayam jago dll, fitur ban penceng bisa aja muncul lagi/kalo belon dibetulin AHM. Tapi bagi yang dah terlanjur punya dan cinta ama CS1, ato yang kesengsem ama body dan performa CS1, jangan kawatir……gampang ngatasinya, maen-maen ke gubuk ane
    http://motogokil.wordpress.com/2011/10/31/cs1-penceng-lurusin-aja-gampang-kok/

    Like

  13. produk baru pastinya masih sulit utk menembus pasar. kyk awal kemunculan skutik juga gitu. diperparah dg strategi promosi yg ga segencar sodara2nya yg lain kyk bebek, skutik ataupun sport. bisa diliat, seberapa sering iklan betik muncul. informasi keunggulan betik msh blum bisa sampe kesasaran

    Like

  14. mungkin karna fitur nya tralu minim…
    trus design nya lexam juga ga bgs-bgs amer…
    hrg nya oper press…
    jd konsumen pd ga maw dhaaa….hahahahahahah

    Like

  15. yaaa ni..
    bebek skarang aku lihat tiap jeje ke dealer numpuk gtu stock bebeknya..
    malah yang laris sekarang maticnya!!!
    terus kalo ga kjual gtu balik lagi ke produsennya yagh???
    kasian banget siii..semua merk ada numpuk bebeknya..
    skarang yang laku matic n sportnya ajha!!!!
    kasian tuh ga laku..

    Like

  16. please deh, kalian produsen jepang Y dan H…
    berhentilah membodohi bangsa Indonesia dengan produk-produk motor perempuan terus… udah ada bebek, matic, sekarang mau ditambah bebek matic lagi…. please deh…

    Dengar wooi jepun!!! kami perlu motor sport alias motor laki, jangan anggap remeh bangsa Indonesia ya.. kalian kira kami gak sanggup apa beli motor sport…. udah muak kami dengan banjirnya produk-produk motor perempuan dari kalian seperti ikan teri di pasar…

    ternyata kalian dasar jepang sama sekali tidak berbeda degan 60 tahun silam. Ternyata sekarang kalian masih saja menjajah dan membodohi kami terus dengan produk kalian yang operperss dan mahal.

    kalau punya 16 juta gak usah deh beli produk bebek/matik Y dan H. gak worth sama sekali, mending beli bajaj deh dapat motor laki lagi. atau tambah duit beli ninja R aja sekalian. sepertinya pabrikan jepang yang masih waras itu si K, sisanya cape deh…

    utk bangsa indonesia, jangan mau lagi deh dibodoh-bodohi pabrikan jepun, khususnya Y dan H dengan produk bebek dan maticnya… udah tahu pasar roda dua di sini bagus, malah di kasih motor sampah.. keluar aja lah kalian dari negara kami. kalau bukan PEMBODOHAN OTOMOTIF apa lagi namanya.

    Like

  17. bulan lalu sempat ngobrol dengan seorang pimpinan dealer, dia bilang terpaksa menjual rugi Revo AT karena gak laku. Bagaimanapun motor yg udah didrop ke dealer gak bisa diretur lagi ke pabrik

    Like

  18. lexam parah bgt. sekelas yamaha cuma jual 4 unit? salesnya pd ngapain aja tuh? banyak faktor juga sih. bebek at adalah varian yg sangat baru. sama aja wkt skutik pertama kali keluar. ya mindset konsumen indonesia butuh waktu utk diubah. plus, promosinya juga kurang gaungnya. iklannya jarang2 keliatan baik di media cetak atau elektronik. jadi, info soal betik masih sedikit diterima konsumen. istilahnya, masih butuh pencerahan utk merubah mindset. klo suntik mati, rada susah juga. invest nya dah kadung besar. kudu balik modal dulu.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s