Yamaha belum perlu mengeluarkan senjata baru untuk menghadapi sasis teralis??…..

Judul diatas tidak bermaksud memprovokasi. Tapi memang seperti itulah arahnya. Semua merupakan hasil diskusi antara IWB dengan salah satu teman pemerhati otomotif roda dua tanah air lewat memperhatikan dilapangan, pergerakan pabrikan serta bocoran internal….

Access pasti strategi masing-masing pabrikan tidak mungkin digali secara akurat. Semua hanyalah prediksi sementara lewat pengumpulan data dan bocoran internal terpercaya. Yup….tahun depan Yamaha disinyalir masih akan mengandalkan trio motorsportnya…..Vixion, Byson dan Scorpio. Kenapa?? sebab YMKI merasa belum all-out memberdayakan ketiganya. Disaat kompetitor memberikan fitur melimpah, mereka terkesan  menahan diri. Dan hal itu disinyalir bukan tanpa alasan melainkan sebagai senjata susulan ketika posisi kepepet. Begitu pula Byson. Produksi yang masih tersendat menjadi biang keladi potensi sesungguhnya…..

Sekarang….siapa yang nggak kesengsem seandainya Vixion dibekali RDB??. Atau….speedometer analog berubah full digital. Dengan kondisi sekarang saja….biker tanah air sudah gandrung susah goyah. Terbukti penjualan siinjeksi terus meroket sukar ditekuk oleh kompetitor. Begitu pula Byson. Gen FZ….nyaris tanpa iklan, pilihan warna standart plus striping seadanya sudah mampu membius ribuan biker diluar sana. Coba sampeyan bayangkan kalau sigambot dicangkokin rem belakang disk, advertising digenjot…plus modifikasi warna, striping dan tak kalah penting adalah ketersediaan unit didealer. Sepertinya YMKI sangat sadar dengan hal itu. Yah…..itu hanya beberapa contoh ” all out” yang dimaksud selain masih banyak hal lain yang bisa diekploitasi Yamaha….

So…mzbro, kenapa IWB bahas perkara ini??. Sebab berdasarkan info yang masuk, menganalisa sumber ataupun pergerakan pabrikan besar tanah air, membawa kedalam satu kesimpulan bahwa tahun depan YMKI hanya akan melakukan upgrading fitur, facelift serta mendorong segala potensi yang ada supaya bisa tampil all out. Pabrikan garputala masih belum merasa perlu mengeluarkan senjata baru untuk meredam sasis teralis. Entahlah jika sang jagoan mereka…Vixion berhasil dipukul KO oleh next motorsport 150 Honda. Bisa jadi strategy plant berubah. Masih berharap Yamaha brojolin motorsport baru tahun 2012??. Berdoa saja gacoan Honda benar-benar bertaji……..(iwb)

Advertisements

69 thoughts on “Yamaha belum perlu mengeluarkan senjata baru untuk menghadapi sasis teralis??…..

  1. Setuju bgt nihh mas iwan
    Apalagi byson sepertinya masih kurang akan fitur
    Penambahan RDB pada Byson dirasa sangat perlu secara Byson dengan velg tapak lebar dan ban gambot rasanya kurang pakem kalo pake rem tromol

    Like

  2. cukup keluarin gen fz yang lebih powerfull…. Byson terasa lambat jika dijalur turing panjang….
    Apa karena ane pake boks yaa…

    Like

  3. Sip…Analisa yang mantap emang kalo dengan menggabungkan bocoran2 serta fakta di lapangan…Bukan analisa ngawur dari seorang fansboy yang memandang segala sesuatu dari sudut pandang pribadi yg subyektif

    Like

  4. strategi marketing itu mas bro… ya option facelift emang paling oke buat vixion… bisa cuma RDB bisa tambahan digital… atau tiba2 major change jadi buntutnya r15 v2.. pada intinya yamaha masi punya senjata kuat untuk membunuh si teralis… semuanya pasti rahasia perusahaan toh mas… honda taunya cuma ” ah paling si pabrik sebelah cuma facelift dikit.,, kita isa bunuh tuh si vixi pake teralis ” …. dengan PDnya… padahal vixi masi punya potensi sangat kuat… lha dipikir aja degh,, bukan maksud ngebela yah… body r15 v2 ama CBR 150 masi kerenan mana,,,, byson ama NMP keren mana… tinggal ntar vixi facelift ama si teralis kerenan mana…. semua tinggal selera masing 2 deh… monggo dipilih…

    Like

  5. Tetep aja bila yamaha gak mau ngeluarin produk yg benar2 new,cuma mendananin body dan stripping aj,lama2 konsumen akan jenuh juga,konsumen menganggap YMKI dah gak punya taji alias minim innovasi produk baru,mirip2 mio yg dari mbrojol ampe skrng cuma gonta ganti stripping doank……………………………………..

    Like

  6. gue berharap VIXION bisa MATI LEBIH CEPAT.
    Dan harapan gue u/ meminang NEW YZF R15 V2.0 akan segera terwujud.
    Amiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn.

    Like

  7. Kalo gitu caranya, YMKI cuma akan ngulangin kesalahan AHM jaman jaman kemaren dong.
    Cuma facelift, ganti striping… facelift, ganti striping…. facelift, ganti striping….

    Hehehehehehe

    Like

  8. emang belum all out, fitur belom maksimal…. namanya juga orang jualan….

    tp yg dikhawatirkan, kalo si piksen killer bkin jatuh hati gmn???

    Like

  9. hah? menahan diri ?
    banyak faktor yang membuat YMKI gak bisa apa2
    ini bukan soal YMKI tapi kehendak yang di Jepun sono
    memang Yamaho lagi menurun tahun ini

    IMHO :Yamaho sekarang bukan menahan diri
    tapi memang gak bisa berbuat banyak !
    mungkin kata “menahan diri” secara psikis bisa memberikan hiburan di benak fan boy yamaho,,, ya gak ?!!

    Fakta :
    YZF R150v2 belum masuk indonesia, kalau masuk pasti head 2 head dengan CBR 150
    beda segment beda kelas beda di harga
    di segment ini pasarnya lebih sedikit
    gak mungkin pabrikan yang mayoritasnya menggantungkan penjualan dari bebek dan matic kok tiba2 berharap dari sport premium ?

    kasus bocor alus
    pasti terjadi, sangat sulit kalo pabrikan mau loncing produk baru untuk dirahasiakan
    nyatanya diindia sana jauh hari sebelum loncing sudah bocor!
    jadi sekarang ini memang yamaho tidak ada rencana buat produk baru
    kecuali taun 2012 ada kebocoran informasi dan bukannya menahan diri!
    karena saya memandang ini secara global, bukan hanya di indonesia
    YMKI cuma ATPM… BUKAN yang melakukan riset dan menciptakan teknologi baru !! cuma bisa tergantung dari jepun sono
    tapi diindia nampaknya ATPMnya punya keistimewaan yaitu bisa mendesain produk sendiri dan memasarkannya

    jadi jangan konyol dengan “menahan diri” dan “senjata baru”
    secara umum YMKI cuma bisa tempel setiker dan ngecat motor

    Like

  10. klo pola pikirnya spt itu terus apa bedanya donk dgn honda tempo dulu yg selalu menganggap remeh lawan.

    klo cuma dgn gonta-ganti baju dan stripping aja msh laku ngapain jg ngasih ini itu…??

    apa bedanya dgn ahm jaman dulu??

    Like

  11. Dan catet YMKI, skarang ini adalah perang minded,perang image… jika di benak masyarakat udah terukir image kl YMKI cuma ngasih motor seadanya dgn kualitas seadanya jg, akan susah nt membangun kembali image yang baik..sehingga konsumen males untuk meminang kembali produk2 Yamha..
    konsumen skr pada jeli, ka akan terpropokator dgn BC2an, ga cerdas kesannya…
    so sebelom image jelek yg terukir lebih dalem lg, cepet2lah brojolin produk2 yg top markotop, biar konsumen gak pd kabor…

    Like

  12. ymki kampreto
    kenapa nggak di masukin aja R15 secara cbu, vixion tetep/facelift, jadi nggak saling makan, jadi tetep menjaga konsumen yang loyal, contoh ninja 150 deh… ada dua opsi, mau yang porno/naked apa yang berjilbab/firing,

    ymki kampreto

    Like

  13. my way is suka-suka..
    tapi yang lain semakin ketinggalan itu saya kira sudah gak relevan lagi untuk dijadikan bahasa iklan, pakailah bahasa iklan yang elegan, hindari hal2 yang dapat menyinggung atau merendahkan fihak lain, terkadang niat melucu bisa disalah tafsirkan sebagai bc, angkuh dan merendahkan.
    semoga yamaha bisa lebih baik dan sesuai taglinenya..
    persoalan sepak terjang ymki di 2012 saya kira sudah cukup dengan mengeluarkan dua skutik baru, mem facelift sport (minimal rdb), minor change bebek jupiZ & vegaZR..
    kalau perlu buat pilihan body transparan biar motornya jadi terlihat eksklusif 😀

    Like

  14. Aku juga sudah muak dengan produknya YAMAHO………nggak ada inovasi dan gebrakan2 seperti dulu…..Bosseeennnn liat model yg itu2 melulu.
    Nggak kaya HANDO….selalu bikin kejutan dan gebrakan baru.Mmg sekarang jamannya….HANDO.
    Hidup HANDO…..hancurkan YAMAHO.

    Like

  15. gue berharap tahun 2012 penjualan motor dan mobil turun drastis dan pada g laku biar jalanan g makin sumpek, kemacetan g tambah panjang dan kedepanya orang2 milih transportasi umum (kalau transportasinya udah bener dan layak d naiki tentunya)

    Like

  16. Khusus untuk New Jupiter Z, sudah saatnya revisi body, harga diturunkan sama dengan kompetitor dan juga ganti knalpot yang cempreng itu, dengernya aja udah enek, enakan suara knalpot Jupiter Z burhan, lebih empuk dan berwibawa, mesin versi burhan juga lebih tangguh, unit second nya Jupiter Z lawas juga sangat tinggi peminatnya, tidak seperti NJZ.
    Saya banyak stock Jupiter Z lama soalnya lebih laku…

    Like

  17. Denger2 yamaha jepun sekarang lagi disibukkan dg proyek riset toyota ft-86 II setelah pengembangan lexus lfa nurburgring series juga pengembangan M1 1000cc. Makanya kurang konsen di motor cc kecil krn sumber dayanya d kerahkan tuk proyek2 dari toyota itu. Pihak toyota ndiri juga berambisi menciptakan mobil2 legendaris lagi hasil pengembangan toyota-yamaha kayak 2000gt, celica, supra, trueno(AE 86), LFA, terakhir FT 86

    Like

  18. Piksen memang masih potensial untuk diupgrade,contohnya aja rem tromol,sepedo manual,body yang masih kosong,gigi cuma 5 speed, tinggal nunggu aja nanti lawannya kaya apa..,kalo dengan feature yang ada aja lawan ga bisa jatuhkan buat apa upgrade,apalagi masukin r15 orang barang apa adanya aja masih laku keras..,mudah mudahan aja lawannya bener2 killer biar R15 bisa brojol..

    Like

  19. banyak juga yang benci yamaha.ga sanggup beli mungkin ya.gayanya pada minta R15 gak akan sanggup beli lo pada. apalagi kebijakan yamaha tahun depan DP motor 30% dari harga motor itu. klo YMKI ngeluarin R15 siapin duit DP minimal 10 juta dulu sana.

    masalah produk itu hak YMKI bukan otoritas jepang. yamaha Indonesia ya dipegang YMKI. dasar orang tolol sana ngeruk pasir aja lo.

    yamaha bikin produk ada riset. ga kayak honda setiap bulan bikin produk baru. cuma ngandelin tampilan setahun body udah goyang. bego ya pemakai honda cuma mentingin gaya mengenyampingkan fungsi utamanya.

    Like

  20. mungkin dalam benak petinggi ymki klo jualan produk yg oblak komstirnya, bocor fuel pump-nya, ambles monoshocknya, gampang patah segitiganya aja laku ngapain ngasih yg bagus??

    Like

  21. artikel cerdas.. vixy dan byson ke depannya pasti akan dilengkapi dengan fitur2 tambahan, ini adalah strategi yamah4 sejak dulu, contoh F1 –> F1Z –> F1ZR

    Like

  22. YAMAKA KAMPRETOZ!
    klo kyk gini mah jauh api dr panggang, wong lawan ny Hondut confirm mesin SOHC (sama aja ama Vixion) dan posisi ny gantiin si tiger a.k.a harga pasti di atas Vixion…gimana mo goyah market share ny Vixion dan gimana mo turun new R15 dimari…
    *salam YAMAKA KAMPRETZ

    Like

  23. ymki mau ngeluarin r15, ngimpi? harga r15 di indonesia pasti muahaaaalllll banget, yang minta cepet dikeluarin di indonesia jga paling2 cuma mau pinjem punya orang! hahahahaha, hando gak minat satupun produknya! tetep pegang ninin n jupi burhan aj srkarang! salam kenal iwb,

    Like

  24. kurang setuju mas iwan, melihat kasus di segmen matic, yamaha perlu curi start biar the next honda sport 150cc ini kalo perlu layu sebelum berkembang. lengkapi vixion dgn rdb, digital speedo, ban+velg lebih lebar, dgn harga yg gak naik, pasti honda 150cc ini jadi bingung nantinya mau dikasih harga berapa, di atas vixion susah bersaing, di bawah vixion makan porsinya nmp

    Like

  25. byson itu salah satu inovasi, honda mana inovasinya ? modal irit doang ? hahahaaa… ga bakalan ketipu lagi ah ma honda, setelah saya menggunakan GLPRO black angine cukup sudah, pada jaman glpro honda memang OK karna gada lawan untuk kelas 4 tak nya, tapi sekarang? apa yang terjadi, kucar kaciy jual product baru dengan bangga nya, hehehee contoh kasus 2 bebek 125 cc mereka yang gagal total, di tambah cs1 hmmm ya gitu deh….. saran saya kepada org2 di atas, kalo belum pernah merasakan menggunakan motor jangan dulu komentar deh, org kita kebanyakan ngomong yang ga penting soal nya,, hahahaaaa…. honda jaman sekarang beda dengan honda jaman tahn 2000 an, skr makin ga asik euy, irit cuman 1 thn doang, ahahahaaaa…. kapok pake honda yang kelas ecek2…..!!!!

    Like

  26. klo bertahan, mau sampe kapan? dulu juga suzuki bertahan dg yg ada. nyatanya sekarang keblinger. soalnya kompetitor trus bergerak. digempur trus, biar kyk apa juga pasti kebobolan…..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s