Pertama kali melihat tontonan adu balap drag yang diupload dalam Youtube berikut ini membuat IWB terheran-heran atas jarak kekalahan yang diderita Honda CBR250r. Mosok Ninja 250R bisa terlihat melik-melik saking jauhnya….

Dalam adu drag, banyak faktor yang mempengaruhi kemenangan. Selain performa engine (so pasti), rider skill  dan tidak kalah penting adalah bobot pengendara. Keahlian individu khususnya timing shifting pergigi yang tidak boleh telat sama sekali. Kudu pas pokoke….tidak ada kompromi!!. Makanya pengalaman dan ketajaman feeling  menjadi senjata ampuh. Yang kedua adalah bobot. Wis…kalau sampeyan termasuk yang obesitas, haram hukumnya menjadi joki drag race. Kasihan mzbro motornya bisa hancur PWRnya :mrgreen: !!. Mending jadi juri aja dipinggir trek kayak IWB xixixi…..

Tontonan berikut menunjukkan betapa mesin dua silinder memang digdaya khususnya soal adu drag race. Jujur…dalam kacamata pribadi, rider CBR250r lumayan nekad melawan Ninja 250r dalam lintasan bebas hambatan. Lawong nafasnya aja enteng tembus 13ribu rpm. Bandingkan dengan CBR250r dimana 11 ribu adalah teriakan puncak rpm yang bisa ditoleransi. Terbukti….engine DOHC single silindernya hanya mampu melayani Ninja 250R dari 0-80km/jam. Tapi ada satu yang menggelitik dari keseluruhan jalannya lomba….

Terlihat CBR250r terlalu awal oper gigi. Gear 2…3, rpm hanya menyentuh 9.5ribu rpm (monggo diperhatikan). Padahal setahu IWB, Honda CBR250r power masih ngisi hingga 10.5ribu rpm. Dengan reaksi rider, praktis…katrolan tenaga pada gear berikutnya menjadi ngempos dan kurang tendangan. Kemudian…..top speed. Koq naik ke 147km/jam aja susah bener ya bro??. Jangan-jangan bener apa yang dikatakan salah satu komentator diYoutube…..“147kmh…. cbr rider obes”. Kegemukan….yup, ridernya obesitas kali ya bro :mrgreen: . Tidak bisa dibuktikan…..

Apapun itu, kendati segala faktor yang disebutkan tadi terlewati, bukan berarti CBR250R bisa mengungguli Ninja 250R dalam adu drag race.  Sudah jelas kitiran mesin pararel engine lebih superior. Namun, setidaknya bisa memperkecil jarak yang kekalahannya bener-bener ngisin-ngisini para penyemplak CBR. Ya nggak bro. Ada komentar??….(iwb)

Advertisements