Banyak yang penasaran akan keakuratan speedometer motor pabrikan dibanding GPS. Maklum mzbro, teknologi ini bisa dikatakan sebagai tolak ukur kecepatan sesungguhnya sebab tidak bisa direkayasa atau didongkrak angkanya oleh campur tangan manufacture. Lawong musuhe satelit 😆 . Global positioning system dari satelit pemindai sekaligus mengukur kecepatan dari obyek bergerak. Nah….menyambung artikel komparasi speed GPS Yamaha Byson kapan hari, alhamdullilah kali ini IWB dapat melakukan pengetesan terhadap produk lain yakni sang raja kecepatan…..Kawasaki Ninja 150L!!
Berbekal aplikasi Runtastic yang diintegrasikan keGPS BB, seperti sebelumnya IWb menjalani pengetesan didaerah Tanah Abang. Igun..siempu motor berbaik hati meminjamkan motornya yang masih kinclong (keluaran 2011). Rasa capek pulang kerja langsung hilang, ketika melihat Ninja merah yang sudah siap ditunggangi. Kali ini kita tidak membicarakan top speed sebab kondisi tidak memungkinkan untuk itu. Pengetesan hanya seputar keakuratan speedometer sang Ninin disandingkan GPS. Singkat cerita….setelah mengenakan peralatan secukupnya….testing dimulai….
Menuju jalan besar IWB berputar mengambil rute aman. Setelah jalan lurus baru motor digenjot secara berurutan. Gigi satu, dua dan tiga…..wow terasa enteng bener putaran atasnya. Khas…engine 2 stroke. Tahap awal, IWB sengaja panteng speed diangka 80km/jam. Konstan tidak kurang tidak lebih. Setelah dirasa cukup, IWB segera berhenti dan meraih BB untuk mengintip hasil recording GPS. Terlihat sebuah angka yang cukup mengejutkan yakni….62 km/jam. Yup…speed 80km/jam yang baru IWB jalani, tercatat hanya 62km/jam diGPS. Artinya penyimpangan speedo Ninja 150l pada speed 80km/jam adalah 80-62 = 18…….beda 18km/jam. “Walah… koq terpaut jauh ya”.….batin IWB. Merasa kurang yakin…IWB kembali berputar melewati rute yang sama untuk testing yang kedua kali….
Kali ini IWB mencoba speed atas. Pada kondisi jalan sore….angka 120 km/jam sudah cukup mewakili gambaran real speed siNinin. Gigi pergigi IWB betot. Dan tidak butuh lama…sekali mendengus mesin Superkips racikan Kawasaki ini menggapai 120km/jam. Dipanteng 120km/jam…..jalanan mulus hingga satu kilometer mendukung proses testing. Akhirnya….rute habis, IWB berhenti. Suksessss. Dipinggir jalan, merogoh BB kembali…..recording stop dan nongollah hasil speed GPS. Untuk kedua kalinya IWB dibuat bengong tak percaya….
Runtastic menunjukkan top speed record 91,8km/jam. Jadi ketika speedometer Ninja 150L manteng pada angka 120km/jam….kecepatan asli GPS hanya 91,8km/jam. Dengan kalkulasi sederhana 120 – 91,8 = 28,2. Artinya terjadi penyimpangan hingga 28,2 km/jam untuk speed 120km/jam. Hhmm…semakin kencang, penyimpangan speedo makin besar. Sebenarnya IWB sendiri secara feeling sudah merasa bahwa kalibrasi speedo Ninja 150 bawaan pabrikan memang lebih kencang dari normalnya terutama hempasan efek angin dari depan yang tidak sedasyat motor lain pada speed yang sama. Tapi diblog-kan nggak berlaku kalau hanya mengandalkan feeling. Ya nggak . Oh iya….persentase penyimpangan monggo dihitung sendiri mzbro biar lebih enak…..
Last…KMI pasti punya alasan tersendiri kenapa hal itu dilakukan. Tentu supaya para biker lebih awas dengan keselamatan nyawanya. Sebab sudah bawaan psikologis biker jika speedo diangka yang rendah, maka puntiran gas makin dalam dibetot. Tapi jika konsol didepan mata telah menunjuk angka 100km/jam…sikap hati-hati bakal keluar dengan sendirinya. Apapun itu…saat ini Ninja 150L tak diragukan masih merupakan motor tak tertandingi untuk urusan betot-membetot. Jambakan setannya itu lho bro……mautttt!!!. Yo wis…yang penting janji IWB kedua sudah ditepati. Dan kalau ada kesempatan….kuda besi lain akan menjadi korban testing berikutnya. Ditunggu saja……(iwb)
simpangannya besar banget 😦
LikeLike
Pertamax 😀
Menurut saia dikarenakan lebih faktro safety mas bro,
berarti speedo pulsar ane akurat yah :)), pantas saja ketika pernah di speedo 120an ada ninja 150L panas, dan segera betot gas, memang masih kalah sih, tpi dia ninggalin ane ga cepet2 juga 😦
LikeLike
trus beranti ni motor top speed aslinya sekitar 140 mpe 150 doank yah………
LikeLike
hampir 30% dari real speed. memang sih baiknya untuk motor 2tak yang bertenaga besar harus diberi simpangan besar, supaya rider merasa sudah kencang, safety priority sih…
LikeLike
Klimax
LikeLike
Wah banteran byson,xixixi
LikeLike
msh kencang….
LikeLike
62/80X100% = 77,5%
91,8/120X100% = 76%
hmm…Semakin cepat kok penyimpangannya semakin besar ya prosentasinya…Penyimpangan sampai sekitar 24% pantas saja ninja rr yang topspeednya 195kpj on speedo ga bisa nyalim N250r yg topspeed on speedo cuma 165kpj dan juga KRR 2004 ku yang pake blok PDK gold topspeed nya cuma 185kpj
LikeLike
new cbr150 ane ama ninin250 yg br sembuh siap di tes panjenengan hehe…
Ato nanti tak tes ken 2-2nya konstan di 100kpj hasil screenshot tak share ke panjenengan…
LikeLike
bro IWB, itu 120km/jam udah mentok dispido tu bang ???
LikeLike
Ane emang agak ragu ketika ada yg bilang topspeed ninin sampe 180-190,apa iy bisa sampe segitu..ternyata terjawab sudah. Tp satu hal yg gx bisa dibantah, ninin emang kenceng..
LikeLike
blanwir
LikeLike
http://us.oto.detik.com/read/2011/07/06/141138/1675871/1199/komparasi-speedometer-dan-gps
ini ada artikel tes macem” motor antara speedo vs GPS
LikeLike
Ya kaya kasus legenda ane, asik banget bawa 100kph teernyata di gos cm 71kph.
Kl ada yg bilang gps ga akurat. Coba aja ke mobil dijamin sama dg speedo mobil. Walau hy sekeleas xenia.
LikeLike
wadooh… pamor ninin 150 bisa jeblok neh!
LikeLike
udah gak heran,kebanyakan speedo jarum analog emang tll lebay,disinyalir yg digital lbh mendekati akurat
LikeLike
wew jauh bener selisihnya.
LikeLike
tapi tetep jadi motor impian
LikeLike
@ Daniel
Boleh bro dengan senang hati. Saya tunggu…
@ treesanjaya
Belum bro, itu masih gigi 4…hanya dipanteng saja biar bisa dikomparasi dengan GPS
LikeLike
Jauh banget mzbro,tp bagus sih biar ada warning pas liat speedometer jd g terlalu arogan pas pakenya.
LikeLike
lebih komplit lagi kalo pake vericom… data akselerasi bisa bener2 akurat…
soale GPS gak selalu tepat, apalagi yg ngandelin sinyal satelit plus triangulasi BTS operator…
pake GPS spek militer yg akurasi bisa sampe milimeter aja… 😀
LikeLike
klo ninja250 lebih akurat bro….
LikeLike
om,itu aplikasi pake apa? Gw mo test real speed mtor wa si bences..
LikeLike
@dowey
klo ente punya gps spek militer nyang punya blog di pinjemin dong..
Jd kite2 bs tau keakuratan spido masing2 motor..
LikeLike
Udah ane duga…, mas iwan waktu tes gps di byson, udah pake 9power ya? Lumayan pengaruh tuh u/ pencapaian top speed byson, 9power lumayan mendongkrak tenaga di putaran menengah ke atas.
LikeLike
selanjutnya tes satria fu ya mas
LikeLike
untuk ngibulin yg arogan ?!!!
xiixixi
LikeLike
misal neh, yang mengalami penyimapangan segedhe itu merk h, wah fby pasti sudah pesta pora mengolok-olok…
maap suudzon… 🙂
tapi meskipun ninja spedoonya ngibul,tp saya percaya kalo ninja 150 emang kuencennng….
LikeLike
mas klw bisa tes kelas bebek donk, kan yg make bebek banyak ratusan juta orang. biar jelas semuanya siapa yg paling lemot dan paling ngebut.. 🙂
LikeLike
@22. dowey – September 18, 2011
lebih komplit lagi kalo pake vericom… data akselerasi bisa bener2 akurat…
soale GPS gak selalu tepat, apalagi yg ngandelin sinyal satelit plus triangulasi BTS operator…
pake GPS spek militer yg akurasi bisa sampe milimeter aja… 😀
==========
banyak mintanya!!!
LikeLike
Ternyata hoax yah kalo ninja 2 tak bisa nyampe >170 km per jam , realnya….jauh euy….!!!!! Mending 4tak juga kayaknya, gk kencang2 amat dan efisien….. Kalo mau kencang beli aja Hayabusa…….
LikeLike
berarti speed asli si lebay sekitar 145kmh (190kmh on speedo)
hahahaha….
di tol ga ada apa2nya dong bahkan dibanding dengan mobil saiful jamil.
LikeLike
Ninja 150R/SS atau Ninja KIS mungkin cuma sekitar segitu beda lagi ama Ninja 150RR top speednya melebihi 150 di GPS walaupun ga lebih dari 155 km/h
LikeLike
Vixion kapan mas iwan? udah pernah belum?
LikeLike
yups setuja.. Kawasaki pasti mempunyai alasan kuat akan hal ini..
Btw.. Iku mongto2re ojo di kon ngadem thok kang.. mesa’ke.. Ne’iso Sekalian tuko’no es dawet kang ben swegerr neh..
LikeLike
Tapi ngomong2 tuh ninin masih pake ban standarnya? Karena untuk motor2 yang menerapkan sensor kecepatan speedometernya di as roda depan, tentu ketelitiannya dipengaruhi sama ukuran pelk dan ban yg dipakai. Semakin kecil diameter pelk atau semakin tipis ukuran ban maka semakin lebay pembacaan di speedometer. Cmiiw….
LikeLike
@ toto chan, 100km/jam vixion = 89km/jam gps, ban depan udh pakai 100/80 & blkg 120/80, gak terlalu jauh….
LikeLike
Wajat, spido analog
Akurasi ny kurang di banding digital
*sok bijak 😆
LikeLike
Wajar, spido analog
Akurasi ny kurang di banding digital
*sok bijak 😆
LikeLike
Engga kaget…. hehehe… zx130 juga sekitar segitu… ;b
LikeLike
Komparasi jg satria fu 150 bang iwan?
Ditunggu ya komparasi satria fu nya?????
LikeLike
hmmm,..artikel ini sangat membuka pikiran alayer2 yang mengganggap motornya paling kenceng…. plis de…. semakin punya motor kenceng semakin bijaklah berkendara… pilih motor karena sreg modelnya ma ati karena lebih adem dan ayem…. kalo pilih motor karena speed aja ya, suatu hari kalau ada yg lebih kenceng pasti minder…. dijual dah tu motor…. g ada abisnya…
LikeLike
@juki, itu ban depan vixion udh g standar tuh, standarnya kan 2.75 (british) atau setara dengan 70/100 (metric), artinya lebih tipis dibanding 100/80. Wah kalau ban depannya masih standar, semakin lebay aja tuh bisa2 100km/jam vixion = 82km/jam gps dong.
LikeLike
ga kaget ah 😀
saya pake ninin rr, setelah ganti spido digital dengan kalibrasi lingkar ban keliatan smua,,cm brani ngegas 160an aja,,walo temen dengan spido digital juga walo beda model bisa 170 plus,,
tp ya baru sy rasakan dengan ninin gigi 2 bs 80an 😀
jangan salah ya 😀 pabrikan yang nelorin spidometer bawaan dengan digital pun belum tentu akurat 😀 silahkan ditest dengan gps..simpangan terlihat di atas 120 kpj.. so bwt om yg mo ngetes jangan ragu2 bejek motor2nya di atas 120 an 😀
LikeLike
gak mesti dipertentangkan karena setiap equipment (alat) itu memiliki kelas akurasinya sendiri. Asal usulnya GPS kalu gak salah adl alat bantu militer AS yg tentu saja mesti cermat ngukur (posisi) suatu objek. Nah GPS yg skr dproduk massal (krn pertimbangan harga, scurity?) sdh pasti akurasinya tdk se akurat punyanya militer.
Saran utk kang Iwan kalu masih penasaran dg meternya ninja dicoba lagi aja secara manual dg motor laen yg msh analog atau digital.
LikeLike
wah, kok lebih akurat blade lawas ku ya? 80 kpj di spido = 80 gps, 91 kpj di spido = 90 kpj di GPS…
berarti kalo di ninin 127 an kpj kali yaw,,, 😆
LikeLike
gpp lah.,120 jadinya 92..itu kan baru gigi 4.,lagian kan tarikannya maknyosss..jadi cepet meraih speedd..
@mas IWB.,itu ninjanyastandart apa ud ganti knalpot racing??
LikeLike
Hm… kayaknya masih ada yang gak rela nih ternyata kecepatan yang begitu dibanggakan hanya “imajiner” , hahahaha
LikeLike
So 100 kpj Byson = 130 kpj N-150. Gile !!!
LikeLike
kalo dikasih liat yg sebenernya, nanti si rider kaget dan ngerem mendadak = celaka..
atau kemungkinan kedua si rider malah tambah memacu motor = celaka juga ujung2nya..
LikeLike
Ckckckck
LikeLike
berarti masih aman ya pake ban standar ninja buat lari di topspeed pake mesin standar…
LikeLike
mas bro, share dong software di BB nya :p
LikeLike
Kalo dapet korban Honda nsr seris sedap bgt tuh,
pengen tau selisih speednya brapa sama c ninin,
apalagi yg SP!
LikeLike
Wow…. Terpautnya jauh, tapi ttp aje kenceng. Mz bro, nitip komparasi GPS dgn spedo Vixion kalau ada…!!!
LikeLike
wahh masih lebih cepat dari sepeda kayuh….
LikeLike
Betul mas bro..kayaknya emang gitu,ane sering2 rasa2in pas naik jazz rs 10 pernah ane betot sampe 160kpj..giliran ane betot 150L 160kpj(gigi 5 @ 10000anrpm) sensasinya rada beda walaupun u/ jambakan setannya nggilani..tp saya rasa itu buat safety coz pas mbetot sampe 160kpj nyali dh ciut jg keingetan ngguling bw jazz..hihihi,atut ah
Oot..yg di test warnanya mirip ama punya ane ’11 jg..tulisan kawasaki nya timbul ya bro..asli/beli sendiri bro???
LikeLike
walau begitu tetap paling kenceng….
Siapa yang berani nantang ninja?
LikeLike
coba yang Ninja RR donk mas iwan kan spedonya beda atau mau pake tester punya saya? saya rela pinjemin kok hehehe asal dateng ke jogja lhooo
LikeLike
Tes cbr juga dong krn liat di blog yudibatang lari 165 di gps 135.kalo perlu 2 motor di tes barengan.
LikeLike
vixion cuman 107km/h on gps
ane dah coba
LikeLike
Andaikan itu terjadi pada NMP atau V-Ixion…..WAR OF FANBOY dah…
LikeLike
seng penting ninja kenceng…
eni kuestion……??
😆
LikeLike
@63. mercon – September 18, 2011
seng penting ninja kenceng…
eni kuestion……?? 😆
======
kalo yg ditest merk h, kejadianya seperti ini…
kira2 ngomong gini gak: PEMBODOHAN OTOMOTIF…
sesuatu banget….
🙂
LikeLike
@61. osja – September 18, 2011
vixion cuman 107km/h on gps
ane dah coba
======
pic dunk…biar tidak dibilang hoxhox
LikeLike
tetep aja jambak setan ny ninja150 jelas terasa banget…
next.
new mega pro…simpangan ny brp
vixion…simpangan ny brp
satria fu…simpangan ny brp
tvs tormax…simpangan ny brp
cbr lama…simpangan ny brp
cbr baru…simpangan ny brp
biar adil y toh, blogger yg sama + gps yg sama…gimana???
LikeLike
@virus
kasihan bang Iwan kang, ditambahain order 6 pengetesan lagi…
yo wis, silakan yang punya motor-motor tsb datang ke mas Iwan…
LikeLike
tapi, penyimpangan spedo ninja ini wuakeeeh bgt… speedo 120km/h, gps cuma 91.8 km/h….
jangan2 speedone rusaaaak
LikeLike
@ 24. cgit
Runtastic bro….bisa diintergrasikan keBB yang support GPS
@ 26. Juki
SUdah pakai. Hanya satu 9 power…
@ 27. ocecoco
Kalau ada unit testing..dengan senang hati mzbro…
@ 30. titaners
Waduh…teman-teman jarang yang pakai bebek. Tapi boleh bro kalau ada kesempatan…
@ 34. Toto Chan
Vixion belum bro….insyaallah kalau ada kesempatan
@ 35. onta
Dawete dienggo jokine wae mzbro xixixi…
@ 36. Juki
Yup…masih standart pabrikan. Bisa diintip dari foto…
@ 41. Kurniawan
Cari unit testing dulu mzbro. DItunggu kalau ada kesempatan…
@ 45. Dono
Dijejerin sebenarnya sudah mzbro. Waktu berkendara dari Depok keJakarta ketemu Ninja 150L hijau lansiran 2010. Terlihat dispeedo kebo masih 40km/jam sininin kala itu nunjuk lebih kurang 60km/jam. Kaget juga waktu itu sampai2 saya kuntit hingga 2km. Tapi karena sininin ban sudah dikecilin saya pikir pengaruh dari situ. Makanya nggak saya buat artikel…
@ 47. Anang Hermansyah
Knalpot racing bro…
@ 52. tawon
Monggo disimpulkan sendiri
@ 59. virgo
Byuh…adoh men mzbro 😯
@ 60. smart
Unit testingnya yang nggak ada bro 😥
@ 63. mercon
No question mzbro…no doubtlah hehehe….
@ 68. wong ndeso
Dijamin masih ting-ting bro. Bau pabriknya aja kecium ditankinya 😆 . Lawong motor baru berumur 2,5 bulan koq rusak
LikeLike
@wong ndeso
itukan sekedar saran, ente ini jgn suka “berlebihan” kyk di artikel yg lalu, di kata ane yg ngajak ke atas pohon gk ad tuh…pdhl ente sndiri yg lg mencari “pencerahan hati” lalu dicari sampe ke atas2 pohon…jgn bw2 gw yg gk tau apa2…heheheheh…
LikeLike
gini saja…
dulu pernah dipakai sampai speedo mentok di 220km/h itupun throttle masih sisa 1/2… jalan masih kosong, betot lagi sampe speedo muenntook lagi sampe jarume bengkok… yo uwis jadine error… abis itu dicoba mas iwan…hehehe
analisa ngawur.com
LikeLike
120 – 91.8 = 28.2 kpj
penyimpangan = 28.2 x 100 : 120 = 23.5%
wooowwww gilaa error nya
LikeLike
70. Virus – September 18, 2011
@wong ndeso
itukan sekedar saran, ente ini jgn suka “berlebihan” kyk di artikel yg lalu, di kata ane yg ngajak ke atas pohon gk ad tuh…pdhl ente sndiri yg lg mencari “pencerahan hati” lalu dicari sampe ke atas2 pohon…jgn bw2 gw yg gk tau apa2…heheheheh…
======
hehehe ente berlebihan juga… bang iwan ngetest 6 motor lagi…
tp no problem kok, saya bilang silakan yg punya motor2 tu datang ke mas iwan, biar di test…masa mas iwan yg harus pinjem sana sini, apa itu g berlebihan?
di trit sebelah masalah naek-naek pohon, itu mah guyonan…di bedakan la…serius ato guyonan…wkkk
btw trit sebelah masih lanjooot lo…mampir…mampiiiir
LikeLike
@wong ndeso
udah kaleee ane mampir dr td di trit sebelah…sono gih Wkkkkk…
LikeLike
berarti…..
LikeLike
teng……
ronde pertama…
virus vs wong ndeso…. 😆
LikeLike
So biar akurat apa yg hrs dilakuin ya bro kira2????ganti digital kh???
LikeLike
76. mercon – September 18, 2011
teng……
ronde pertama…
virus vs wong ndeso…. 😆
=====
ikut…ikuuuuut
biar rameeeee 🙂
LikeLike
mantab dah, tertulis dan tak tertulis memang beda.. ditunggu versi vixion nya
LikeLike
@wong ndeso
@mercon
wkwkwkwkwkwkwkwk…mending klian ber 2 aja yg tanding…ane jd juri…
teng…
ronde pertama…
mercon vs wong ndeso…
ahihihihihihiihihihihi…
LikeLike
JANGANKAN SATU MOTOR DENGAN MOTOR LAINNYA, AKU PERNAH BACA KALO GAK SALAH DI BLOGNYA T.M.C SATU MOTOR SEJENIS AJA BISA BEDA AKURASI SPIDONYA, WAKTU ITU JUGA TES GPS YG SAMA SALAH SATU MOTOR MATIC VARIO SIMPANGANNYA ANTARA MOTOR SATU DAN LAINNYA SEKITAR 8KPJ.
LikeLike
80. Virus – September 18, 2011
@wong ndeso
@mercon
wkwkwkwkwkwkwkwk…mending klian ber 2 aja yg tanding…ane jd juri…
teng…
ronde pertama…
mercon vs wong ndeso…
ahihihihihihiihihihihi…
=========
nek juri gak entuk piala…
wkkkk
LikeLike
@virus
jurinya dikeroyok sj ya….
ikettt.. taruh di atas pohon…
LikeLike
Ninja mtor ngapusi!
Akurasi Spido byson:107/113×100%=95%
spido ninja:92/120×100%=77%
dgn kta lain untuk sejajar byson yg realnya cm 107km/jm,di spido ninja nunjukin angka:100/77×107=138km/jm,wkwkwk,parah bgt
LikeLike
Haha kalo kduanya jalan brg,spido byson baru nunjuk 113km/jm,ninja udah 138/jm,cba dites mas iwan,xixixi
LikeLike
pernah ngetes HSX125, di speedo 100kph, di gps 90kph.. Bukaan gas blm full lho..
LikeLike
@wong ndeso
wkwkwkkwkwkwkwkwk…ane kutip
“jurinya dikeroyok sj ya….
ikettt.. taruh di atas pohon…”
seneng bgt omm ama pohon…bener2 dapat pencerahan ya di atas pohon…xixixixixixixi…dikit2 pohon, dikit2 pohon…waladalah…bwakakakakakakak…
LikeLike
hmmmmm andai kata Ninja 150 RR berlari 190 on speedo,mungkin yang tercatat real 170 km/h
lhaa rata2 motor2 yg d Indonesia emg segitu,Ninja 250 sekitar 170,CBR 250 juga 170 km/h (jarang sih,paling sering 160),CBR 160an jga
LikeLike
Langsung aja di klik DI SINI gan..
gak nyesel deh
di tunggu kunjungan nya
LikeLike
Saya Pengguna Ninja R/L 2010,, juga pernah Test speed NaRjo menggunakan GPS dari HP Nokia E 71.. Speed di panteng di 190 Km/h spido beberapa waktu lamanya,, setelah berhenti liat max speed dari GPS di Hp cuma 163,7 KM/ jam..
*gas belum mentok karena baru @ 11rb Rpm,, dengan Mesin setandard namun ganti knalpot + jetting dan sedikit uthak-athik Rpm mesin bisa melewati angka 12 rb saat gas menthok..
LikeLike
Pengawal Saya “si NaRjo” sering top speed di atas 190 Km/h di jalanan ini http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/09/09/ngebut-kadang-merupakan-kebutuhan/
PISS..
LikeLike
@virus
Kan ente yang ngajarin manjat pohon..
Sdh lupa dulu ekormu sy potong gr bandel g mau turun2 dr pohon.. Wkkk
LikeLike
pantesan liat di youtube cepet2 banget naik sampe 100++ ternyata gini toh…
LikeLike
ane pernah ngukur pke software speedometer di bb bold saya, di dua motor saya ninja 150rr n ninja 250, dua2nya speedometernya akurat kok saya tes dikecepatan 85km/h.
LikeLike
yahh mau spedo korupsi ato apapun silahkan nikmati asep ninja deh
LikeLike
You have been smoked by 2 stroke
LikeLike
Kobongg?!
http://aiiefz.wordpress.com/2011/09/18/chasis-ducati/
LikeLike
@wong ndeso…capeee deee
lagi-lagi bawa2 ane…dah jelas jg dr td ente nyinggung2 pohon mulu…kenapa??? kangen ya??? gak perlu bawa2 ane…ane gak tau apa2 kok diseret2…heheheheh…
LikeLike
@Mas Iwan
thanks udah rela ngetest N150 tp Ane pengen nunggu test NMP berikutnya 😀
@Bro Hourex
Setuju mas walau cma bsa smpe 160kpj real itu udah gila banget, tp saya pernah denger standard max Ninja 150 bsa sampe 170Kpj real 12500-13000rpm.. Walaupun speedo lebih ngaco dr Pulsar/Byson tp mengapa motor macam Ninja150,RX-King,RX-Z selalu tercepat di ajang drag race ya? Koq tidak P220 atau p200 aj yg katenye akurat abiss. Biar lebih jelas kenceng ap tidaknya motor lebih lengkapnya test drag 201M dgn catatan mesin masih standard. Ada yg pernah coba??
LikeLike
100 pas
LikeLike
Bro hourex..
160an kpj on gps mntep bgt tu..baguslah u/ perform motor 2tak yg irit d banding 2tak lain euro 2 lg..harga tergolong murah klo dibanding motor sport lain bt dpt speed yg sama atau lebih..u/ sport 4tak ane rasa konsumsi bahan bakar hampir sama kali ya..u/ urusan mbetot gas or putaran atas trs..
LikeLike
Mas IWB, New CBR ku kayaknya ketuker mesinnya sama RC 212V deh, masa dipantengin di 120 km/jam, di Runtastic ketulis 325 km/jam 😀
Apa daerah BSD satelitnya ngaco yak..:D
LikeLike
@ cemara
Waladah…motornya ajaib tuh bro wkwkwkwk…(Pastinya ada yg salah mzbro, bisa lokasi atau aplikasinya sendiri. Monggo dicek ulang)
LikeLike
@cemara
hallo kang dani pedrosa…
pinjem RCV nya donk…
mungkin pas ngacirrr banyak pohon di pinggir jalan bro, jadi ketutup tuh sinyal gps nya… ato cuaca lagi mendung… bisa ngaco tuh gps
LikeLike
98. Virus – September 18, 2011
@wong ndeso…capeee deee
lagi-lagi bawa2 ane…dah jelas jg dr td ente nyinggung2 pohon mulu…kenapa??? kangen ya??? gak perlu bawa2 ane…ane gak tau apa2 kok diseret2…heheheheh…
======
tuh kan pura-pura lupa… 2 tahun di atas pohon masa lupa… wkkkk
sekarang mending ente sudah mau pake kolor, dulu pas pertama ane lihat masih pake daun nangka yang dilipet… hehehehehe
LikeLike
speedo kebo gw : 37km/jam
speedo Honda Nmp : 43km/jam
LikeLike
tetep ga meragukan larinya, udh jamak malah penggila speed, speedonya dicopot.
LikeLike
wahh artikel bagus om.. jadi tau simpangan masing2x speedo meter motor, kalo bisa test motor lain menggunakan GPS yang sama jadi adil karena alat ukur cuman 1 untuk banyak motor. terserah gps tersebut kurang akurat di banding GPS militer USA yang penting alat ukur yang dipake sama2x milik kang IWB. ditunggu test komparasi motor lainya.. 🙂
LikeLike
kecewa nihhh. .
coba di test aja sama byson sampeyan mas. .
podo@ mlaku 120 jejer, banter endi. .
LikeLike
anoman ku (ninin ptih) br jalan 400km-an aq betot nympe 170an (lum mentok)
Saat kejar2an sama bus sumber kencono, di spido terlihat 130kpj, posisiku masih dblakang bus. Saya kget masa busnya tmbus 130,.. Pdahal jalanan jalur ngawi bnyak tkungan. Ksimpulane SPEEDOMETER ANOMAN KETHEK PUTIH INI “NGACO”
.: kecewa :.
LikeLike
Biar gak pada GP dijalanan mungkin mas iwan, toh keselamatan lebih penting.
http://fncounter.wordpress.com/2011/09/18/moto2-aragon-mental-juara-marquez-menjadikannya-podium-pertama/
LikeLike
semua motor atpm sama aja larinya mas, beda dikit kira2 5 – 10 kph, cuma sensasi jambakanya doank yg beda, sy pake blade udah sering kejar2an sama p200, scorpio, vixi, f150, krr, udah sering ngasepin mereka bahkan n250. cuma kalo udah ketemu cbu diatas 600 lebih baik ksh jalan. peace buat bikers diatas
LikeLike
ada yang tau ga aplikasi android yang mirip runtastic ?
LikeLike
biar bagaimana motor ini tetep idola…. test satria FU dong…..
LikeLike
Kalo yang dikomparasi kawasaki gak ada yang bakar bakaran…Xixixi….malah pada legowo nerima kenyataan…karena mo dibilang ngawurnya gede tetep aja kuenceng larinya…
LikeLike
@115
Bener bro bakar2 ran gak ad untungnya sama sekali, toh motor ini msh tetap kenceng, mending bersikap legowo aj lebih baik. Dan yg penting sebaik apapun motornya tetap Safety & sopan santun di Jalan. Setuju!! 😀
LikeLike
Bener motor ini ttp yg terkencang.cuma aneh ada yg komentar blade bisa kalahin ninin 250 ngakak gue.
LikeLike
Bisa aja, tp ninjanya lg keabisan bensin..
Hahaha
LikeLike
@wong ndeso
waladalah…ane kutip ya
“tuh kan pura-pura lupa… 2 tahun di atas pohon masa lupa… wkkkk
sekarang mending ente sudah mau pake kolor, dulu pas pertama ane lihat masih pake daun nangka yang dilipet… hehehehehe”
fitnah nih…ck…ck…ck…
LikeLike
mas, saya pake runtastic juga di onyx saya, kadang kalo naek motor sy coba, malah runtasticnya yg error, pernah kerecord max speed 120 kmh, padahal waktu itu ke kantor doang yang rasanya max cuma 80 kmh.
jadi mungkin mending ngetest pake GPS yang kalibrasinya lebih baik. 🙂
LikeLike
dulu ane pernah ngetes ninja rr pake gps..pake aplikasi gps GPSed di samsung c6625..aplikasinya lumayan fix bro..soalnya pernah ane komparasi ama gps marine..disini ulasanya
http://www.babad150f.wordpress.com/2010/03/
LikeLike
dulu ane pernah ngetes ninja rr pake gps..pake aplikasi gps GPSed di samsung c6625..aplikasinya lumayan fix bro..soalnya pernah ane komparasi ama gps marine..disini ulasanya
http://www.babad150f.wordpress.com/2010/03/11/ninja-150-rr-on-d-way/
Sori td kurang hurup link
LikeLike
bro, tny ya. speedometer ninja 150r L yg baru 2011 dgn yg sebelumnya beda ya? yg skarng knp ga ada feul meternya ya? cm lampu indikator aja. apa bner bgt??
mhn pencerahannya. tks.
LikeLike
mantab tuh! Ninin tuh jambakan maut nya yg bkin jantung copot…
http://www.jheren.wordpress.com/2011/09/18/brake-lamp-yang-paling-menyebalkan/
LikeLike
asli gw ngakak kl liat komen di topik ban ninja 150r max 150 km/jam… Udh ditunjukin bukti di majalah r2 msh ngeyel, skrng bloger dah membuktikan sendiri kl msh ad yg ngotot jg..terlalu….
LikeLike
jadi inget dulu awal 2006 pake MX lama buntutin Ninja 150L di kecepatan konstan 100kpj, begitu mampir di pom bensin (kebetulan barengan) si empunya Ninja nanyain ane, “itu berapa cc mas motornya?” ane jawab 135cc lalu dia jawab “oo..pantes..”
nah yang ane tangkep mungkin rider Ninja gak nyadar penyimpangan di speedonya, mungkin dia mikir busyeet gw lari 130 kok ada bebek yang bisa ngikutin sih, itu bebek apaan sih..hehehe
minta saran oli yang bagus apaan ya?
http://www.sejutaumat.com/2011/09/18/pilih-pilih-oli-buat-jupiter-mx/
LikeLike
Mas IWB, ma’af kalau boleh saran, alangkah baiknya menggunakan real gps device, yang dipasang berdekatan dengan speedometer, dan direcord dengan video. Kalau cuma menampilkan screenshot hasil gpsnya aja, serasa menjadi kurang valid.
Kemudian alangkah baiknya dilakukan di tempat yang sama waktu pengetesan byson, karena sensitivitas gps dipengaruhi sama kondisi sekitarnya seperti gedung2 tinggi yg dpt menghalangi transmisi data antara gps dan satelit.
Satu lagi waktu pengetesan byson dilakukan saat pagi hari, sedangkan ninja sore hari, setahu saya sensitivitas gps sangat bagus dipagi hari karena efek lapisan ionosfer tidak terlalu berpengaruh dibanding siang atau sore hari. Maksudnya Saat mas IWB menahan dispeed tertentu supaya data terekam sempurna di gps hanya berdasarkan feeling, nah kalo kondisi ionosfer sedang sangat berpengaruh, maka gps untuk menunjukkan real datanya butuh waktu yg lebih lama. Makanya saat kendaraan sedang berakselerasi data speed yang terbaca, akan berbeda ketika saat menahan di speed tertentu. Walaupun kenyataannya speedometer ninja lebay, tapikan bakalan lebih afdol kalau ada video saat tes byson & ninja.
NO VIDEO = HOAX
LikeLike
gw ga terkejut blas bc artikelnya..emang dr setaun gw dah baca di majalah jg gt akurasinya 77-78%. Yg fanatik ninja 150r aja yg tutup mata, yg terkencanglah… Saat brojol artikel kec ban ninja 150r mak 150 km/jam, gw ngakak juga baca komenya yg sok tau n cm b****t doang..
LikeLike
– Kalo bisa dites menggunakan ‘dedicated GPS’ (GPS beneran spt Garmin/Magellan) bukan HP dengan fasilitas GPS
– Respon GPS tidak instan sebagaimana halnya dengan spidometer, harus manteng beberapa saat dulu dalam kecepatan konstan.
– keep safety..
😀
LikeLike
Akhirnya membungkam para alayers yg bilang ninja standar bisa lari 190kpj
LikeLike
mantab, tapi…
pengetesan pake GPS, itu tergantung lokasi, dan kondisi , soale klo jaringan lagi bagus, akurat, klo ngak yach kacoo..kita lagi deselerasi..gps baru record.kan brabe..:)
btw klo motorgp die pake apaan yach..?kok bisa akurat ..?
TQ
LikeLike
gw ga terkejut blas bc artikelnya..emang dr setaun gw dah baca di majalah jg gt akurasinya 77-78%. Yg fanatik ninja 150r aja yg tutup mata, yg terkencanglah… Saat brojol artikel kec ban ninja 150r mak 150 km/jam, gw ngakak juga baca komenya yg sok tau n cm bacot doang..
LikeLike
coba pakai GPS yang benar-benar GPS..
bukan GPS yang sekedar nempel di handphone…
misalnya garmin 60csx atau Oregon atau dakota
GPS di handphone itu lemah sinyal nembak kesatelit di atas langit
otomatis tek-tok sinyal nya banyak telat nya….banyak error nya
maklum fungsi utamanya kan HP bukan GPS
lain dengan GPS beneran, punya antena besar yang sinyalnya real time tek-tok darat dan langit
salam pakai GPS
LikeLike
@ 117. smart
pernah tau kan pepatah “the man behin the Gun”? so yg bw ninin250nya ga jago bro, wong ane balap di jalan raya, ga mungkin lah ane make blade di sentul
LikeLike
ini ada artikel lamaaa yang di bahas ama saft7 tentang akurasi speedometer bawaan dari motor2 n mobil2….di tes di jalan n kondisi cuaca yang sama
paling kecil simpangannya dari 2 gps (yg diambil rata2nya) itu pulsar dengan 4,4% n terbesar satria FU n Scorpio sampe 17-18% dari GPS khusus
link nyaa.
saft7.com/?p=270
LikeLike
numpang kritik mas Iwan,, dgn tdk mngurangi rs hrmat wat mas Iwan,, mngukur kcepatan dgn gps pstiny mnjd topik yg mnarik,, tp kbetulan bkap w puny alat gps tracking prfesional utk mngukur navigasi udara dn laut, jd w ckup thu daya akurasi alat gps bhkn yg trkini dlm mngukur kcepatan kndaraan digroundspeed, nauticalspeed, dn aerospeed, yg mana angka mlesetnya rata2 hingga 30 METER,, itu trjd krn gps receiver mngandalkn sinyal lbh dr 3 satelit yg mmungkinkn delay wktu diantara satelit dn kpd gps receiver,, dn diantara alat gps pun bs saling tdk akurat hingga 8 KM/JAM,, jd klw trbaca 140km/jam faktany kcepatan sgt mngkn mncapai 150 smp dgn 160km/jam,,
ada syarat dmn gps ground speed bs mnjd sdikit akurat, asalkan alat tsb puny 12 channel/12 satelit receiver,, *kbnyakan dgunakan gps militer* dn kndaraan yg diukur HARUS mmiliki KECEPATAN KONSTAN smp 10 MENIT!,,sperti yg bs dlakukan psawat udara dn kapal dilaut,,, krn syarat2 tsb,, kcepatan groundspeed sgt sulit dipastikan dan jarang diukur scr profesional mlalui alat gps,, motogp pun tdk mlakukan pngukuran kcepatan akurat mngandalkan gps mlainkan hnya dgunain wat mngetahui posisi pmbalapny, kcepatan ktika ban depan terangkat,, dn kcepatan rata2 dlm bbrp lap,,, ttp pngukuran kcepatan mlalui ban yg diandalkn dlm motogp,,
alat yg dgunain oleh mas iwan itu namanya Runtastic,, tagline komersialnya: Running, biking, walking, skating, you name it, we track it,,,, jd itu jelas wat tracking posisi,, bukan wat mngukur groundspeed dlm olahraga RACING,,, 😉
LikeLike
dah ketauan top speed ninjanya real cm dikisaran 140 km/jam, cari rasionalitas yg pernah naik ninja dg real 160 km/jam.. Bisa ta motor ente lari 210 km/jam??
Udhlah kl faktanya seperti itu yg legowo..jgn merasa sok kencang, msh bny motor ato mobil yg jauh lebih kencang. Berani taruhan ne motor kl diadu sm splas aj klo di tol pasti kalah.
LikeLike
he he,,@pendekar2,, lw ksih thu gw balapan jalan mana yg ngandalin ukur kecepatan pk gps? klw spido mleset itu biasa semua mtor dan mobil bs bgitu krn faktorny mmg banyak,, lw prnah punya ninja rr gak??? ini mmg ngbahas FAKTA bkn bahas siapa tercepat,, gw punya dn bawa mbil jazz, livina, timor, dn juke dirumah,, lw mw bilang gw asal jeplak??? gw bawa ninja rr dari tangerang ke semarang LEWAT JALAN UMUM CUMA BUTUH WAKTU 8 JAM! gw bawa dari surabaya ke bandung CUMA BUTUH 13,5 JAM lewat jalan umum!
mw blng rr cm bs lari 140kpj? lw mw bilang spido ninja rr maen2?? mobil splas lw sini adu top speed ma mtor rr djalan tol wat cari fakta! klw org mw bilang R6, ZX6R atw R1 jauh lbih kencang dr rr percaya gw,, yg pnting bkn pngndara motor komuter yg sok tahu,,sok iye,,
LikeLike
@Trendvictim..santai bro..mungkin pendekar lum pernah ngrasain jambakan setannya superkips..hehehe,,mang splash mobil apaan sih???xixixixi..masak motor dibandingin ma mobil..oot nya kejauhan..piss ah bro
LikeLike
gini lho bro, motor cepat bukan berarti pnya top speed tinggi, begitu sebaliknya mobil yg top speed tinggi bukan berarti lebih cepat, ente pny kan honda jazz, honda jazz top speednya diatas 170 km/jam dan akuratnya nyaris sm dg gps. Tp lu ajak balapn dg rr jarak krng dari 1,5 km ya jelas jazz kalah jauh krn utk meraih top speed diperlukan plng tidak 3 km lebih utk sebuah mobil sedangkan ninja rr paling butuh 1 km. Setelah mobil dpt top speed yg diatas ninja rr ya lama2 kesalip jg. Sm dg splash top speednya bisa digeber lebih dr 160 km/jam.
LikeLike
temen2 gw bny yg pnya ninja r ataupun rr, mereka bilng top speed kl msh std rata2 175-180 utk ninja 150r dan 185 km/jam ninja rr (pny sodara sepupu ane). Lha kl akuratnya 77% kan berarti dpet realnya skitar 140-143 km/jam, msh cukup kenceng kl dibandingkan dg realnya byson ms iwan 107 km/jam atau bebek yg g nyampe 100 km/jam. skrng nggu ms iwan ngetes realnya spedometer ninja 250r, kq denger2 akuratnya 90-92%. Kl bener segitu berarti emang ninja 250r std top speednya lebih tinggi dr n 150rr krn dmna2 yg pny ninja 250r dapet top speed std 160an km/jam.
LikeLike
Ninja R/SS/KIS sekitar 140-145 on GPS
Ninja RR sekitar 152-155 on GPS
LikeLike
tes ini dah sering kq dibahas, dan daridulu memang ketemu dikisaran itu akuratnya di kisaran 80% kurang dikit. Mas bloger iwan kan udh bela2in ngasih info buat kita, atas usahanya kita sepatutnya berterimakasih. Lha mas iwan ketemunya 76-77%, terserah motor ninja loe sanggup lari berapa tinggal dikalikan toh. Kl ninja loe sanggup lari 250 km/jam ya gpp berarti realnya 190an km/jam, kl ninja loe cm sanggup 180 km/jam yo aslinya skitar 140 km/jam, kl krng kenceng ya beli zx14 aj..
LikeLike
seandainya gw yg pny ninja 2 tak, gw sadar kl top speed standar kl di kisaran 140 km/jam berarti ga ada apa2nya kl dibandingkan dg mobil2 yg jalan di tol, Kl top speed cm 140 km/jam akan gw oprek gmn supaya bisa diatas 150 km/jam, spy msh bejaban dg mobil.
LikeLike
FBH & FBY Ngakak semua……soalnya sering dgr komentar miring FBK jika ada komparasi GPS vs speeometer H&Y, Setuju Mas Sendy, tinggal kalikan top speed speedo ninjamu dgn 76/77% wis gelo dijamin. Buat alayer pasang aja speedometer yg perlu kalibrasi 50%sekalian khan jadi puas, meski real jln 100 km terlihat 200 kpj..top bgt kawasaki
LikeLike
yaya trserah pada2 deh,,klw lw smw percaya ma yg namanya gps,, ni gw kasih linknya hsil tes smua jenis merek kndaraan mobil mtor,, dgn gps yg semi pro,, itupun msih kcepatan overal,, baca baik2 angka pnyimpangan yg kalian gemborkan2 itu,, dsitu pnyimpangan kcepatan ninja R adalah 11,51%,, brarti akurasi spido ninja R adalah 88,5%,,,11/12 dgn honda tiger,, smntara suzuki thunder, honda vario,, yamaha scorpio,, honda supra,, suzuki satria fu,, nissan terano,, isuzu, jauuhh LEBIH KACAU!,, jd jngn smbarang tarik asumsi, apalg mndiskreditkan,, cek baik2 link ini: http://us.oto.detik.com/read/2011/07/06/141138/1675871/1199/komparasi-speedometer-dan-gps
LikeLike
perlu tahu jg klw KODE BAN STANDAR PABRIK pd ninja RR adalah 57S blkang, dan 47S depan,, dua angka ddpn itu kode beban maksimal ban,,,dn kode S itu artinya BAN hanya dpruntukkan pd KECEPATAN 180 km/jam,, bkn brarti kcepatan mtor tdk bs lbih tnggi dkisaran itu,, mlainkan itu angka standar maksimal bawah yg dhitung standar safety pabrik, dgn kompromi harga material/harga unit,,
jd opini gw adlh tim engineering kawasaki bkn orang2 yg cuma jebolan disiplin ilmu kmaren sore,, bgitu jg pabrikan otomotif lainnya,, kwak gk akn kasih ban dgn spek standar utk lari 180kpj, klw mmg tu mtor gk bs lari sgitu,, lainnya,, gw maklum dgn ktidakakuratan spido dismua kndaraan brmtor,, tp itu lbh baik drpd mngukur topspeed/kcepatan darat dgn mngandalkan alat gps,,
LikeLike
@Buat yg gak suka ama motor 2Tak
Klo Ninja 150R seharga kurang lebih 25jt dgn topspeed cma 140Kpj (Tenan opo ora ya?)padahal power mesin 30Hp dgn berat kosong 124,5kg gak terlalu mahal lah sudah cukup kencang, Dibanding C*R150,R15 Seharga 33 Juta dgn spek mesin berkompresi tinggi (Minimal Pertamax92) tenaga yg dikeluarkan cma 17Hp & bobotnya lebih berat dari NinjaR dikarenakan ada tambahan fairing plus kaki2 lebih besar. Berarti lebih parah dong Speednya heheh 😆 paling banter mentok tok realnya CUMA 114,8Kpj, aplagi klo bicara soal speed bebek “alay” malah tambah “nyungsep”. Speed segitu msh mudah di tempel bus cepat macam SumberKencono,Nusantara dll yg klo di pantura bsa ngebut mpe125kpj ,nekat ngalangin jalan meraka bsa di sruduk tuh. Pilih tampang mahal atau speed terserah Ente lah.. 😀 Yg penting motor 2tak baik Ninja,King dll lebih murah meriah & minim perawatan. Piss..
LikeLike
@trenvictim
mgkin sampeyan bisa njelasin kl bener ninja 150 akurasinya 11, sekian%.. 1 bl yg lalu saya tes ninja 250r saya jalan bareng dengan ninja 150 temen dg maksud emang mo mencocokkan spedometer. Emang disengaja dg speed yg agak tinggi biar dtanya makin akurat, metode gw pake ninja 250r dg kec konstan 140 km/jam ternyata di ninja 150 temen gw katanya dah 160 km/jam lebih. Logikanya kalo keakuratan ninja 150 sebesar 88,5% berarti keakuratan ninja 250r ampe 110% dong? Berarti top speed ninja 250r kl 160 km/jam = skitar 175 km/jam realnya??
LikeLike
kesimpulan saya wlpun ninja top speed realnya hanya sekitar 140-145 km/jam, itu udh kenceng kl dibandingkan motor lain, hanya ninja 250r dan cbr 250r yg top speednya sebanding, perkara jambakan setan ya emang bawaan mesin 2 tak begitu bukan berarti jambakan setan lbih hebat trus top speed jg diatas ninja 250r misalnya. Msing2 ada klbihan dan kekurangan, ninja 250r unggul top speednya tp jambakan setanya klh dg ninja 150.
Contoh top speed gp 500cc 2 tak di mugello record 340 km/jam, tp top speed 800cc 4tak 349 km/jam ditempat yg sama.
LikeLike
@sendy,, waduh ngukur keakuratan gk bgitu dong,, angka 100% itu sm dgn 0 atw limit,, jd tdk brgerak,, klw rr dinyatakan 88,5% trhdp 100% y mngkin n250 90an% trhdp 100%. Itupun mngkin. Angka akurasi itu bergerak merapat, bukan bergeser. tp ingat,, sekali lg 88,5% yg gw hitung ITU BUKAN TES GW,, ITU TES GPS DETIK OTO,, trserah mau percaya tes detik.com, atw mau percaya gps nya,, gw gk prcaya dua2nya,,
bagi gw klo ngomongin top speed itu sm dgn bicara power to weight ratio. 30an HP di RR dan di N250 dibagi berat msing2 130kg vs 170kg, sm sj beda berat 1 tabung gas isi 30kg!,, sdh JELAS n250 slisih bnyak, sdh tidak mngkin n250 dpt maksimum top speed yg sama dgn RR. lihat laman2 ttangga donk,, dsentul omr kwak race 2 sj n250 ktinggalan lbh dr 15 detik balapan,, ckckckk,, msh gk prcaya dgn data,?, silahkan tes lngsung topspeed dgn rr dijalan,, gw sndri dkomunitas ninja sdh smp Bosan ngadu rr dn n250,, sdh pd hapal hasilnya,, trsrah prcaya spido atw tdk,,
klw mw ngomong motogp pedrosa bs 349kpj itu thn 2009,,7 TAHUN KEMUDIAN stelah 2 tak tdk dkembangin teknologiny dimotogp,, harusnya pedrosa yg beratnya cm 50kg itu skrg bw motogp 2 tak thun 2011 ini dgn multi kopling sprti rc212v skrg,, sdh ktebak hasilnya,, jd gk perlu percaya gps atw spidometer,, atw kode di ban RR,, silahkan tes langsung head to head wat ngukur brapa kecepatan rr jgn cm tes spido,,;D
LikeLike
yang memang masih ragu sama ninin150 r dicoba aja kalo ketemu di jalan… bilang baik2, mas/om saya mau coba tes akselerasi motor saya dibanding motor ninja situ.. dari stop sampe top… pasti diladeni kok.. 🙂 gampang lah itu.. kalo buat gw sih, dalam drag, top speed memang penting… tapi seberapa cepat lo dapat top speed segitu itu yang lebih penting..!! kalo ada 3 motor dengan topspeed yang sama di jalur yang sama, dijamin yang sampe finish duluan adalah yang paling cepat menggapai topspeednya.
LikeLike
#nyimak#
LikeLike
@trendvictim…
pernah baja di tabloid ninja rr memang menang lawan n 250…
LikeLike
apa ga ngawur datanya bro, lap time ninja 250r 1 menit 50 detik, klo rr 15 detik lebih cepet berarti kisaran 1 menit 35 detik?? Setau sy yg bisa dibawah 1 menit 40 detik cm motor 4 silinder 600cc yg top speednya 270an km/jam dg racelogic.
Top speed bukan berarti yg menang drag atau nyampe duluan. Kl drag emang setingan putaran bwah dan menengah, putaran atas loyo jd wlpun cepat nyampe finis bukan berarti top speednya tinggi. Lagian yg dibahas bukan yg dah korekan, ya jelas aj ninja 250r kalah dg 150 2 tak, kl sm dikorek ya tandinganya 300-350cc. lagian n rr dikorek dikit aj top speednya bisa naik 15 km/jam, ninja 250r menaikkan top speed 15 km/jam aj modalnya 5 jt msh kurang dan reltif lebih sulit.
LikeLike
kl mo test top speed tinggi mana antara ninja 250r dg ninja 150, jalan beriringan terus sampai kedua motor nyampe top speed, lha disitu jd ketauan siapa yg top speednya lebih tinggi. Kbetulan sy prnah nyoba dg teman yg pny ninja 150r (th 2004) waktu kita jalan beriringan motor temanku dah ga naik lg kec saat ninja 250r di spedometer 150 km/jam, kata temenku si 170an km/jam di motornya. Logikanya kl top speed ninja rr/r bisa >185 km/jam bisa ngalahkan ninja 250r std, kl top speed 175-180 km/jam dijamin g akan bisa nyalip ninja 250r std (dg catetan ninja 250r kudu lari 160 km/jam). Ngetes waktu main ke lamongan ad jl lurus dan sepi sepanjang hampir 2 km. Ini tes top speed lho bukan balapan mencapai finis. Kl misalnya di coba 0-500 m mgkin ninja 250r ku kalah wlpun top speed lebih tinggi dr ninja 150r temenku.
LikeLike
kq repot, tu komen diatas bro ‘modar’ yg pnya ninja rr dg top speed 185 km/jam ga bisa nyalip ninja 250r. Ninja rr atau ninja 250r top speed hampir sama di kisaran 145 km/jam std, sama2 kenceng klo dibandingkan dg motor tiger, fu, vixion. Sm2 tidak kenceng kl dibandingkan dg mobil. Gw inget dl pernah
ngetes ninja 250 dg mobil landcruiser sodara, sama2 lari 160 km/jam tp pelan2 gw diasepin
LikeLike
Kelas Free For All,, Ninja 150 rr sapu bersih podium,, N250 finish ke 4 slisih 19.** detik dgn yg finish pertama,,
http://triatmono.wordpress.com/2009/06/01/kejurnas-motosportz-kelas-ffa-250-2-strokerz-ngamuuuk/
LikeLike
@pendekar,, gw gk lg ngomongin daya reviving mesin,, yg lg diomongin top speed,, itu beda,,, bro modar ngetes dimana, mtor dia thn 2004,, sdh ganti ban? superkips nya msh jln? bobot dia brp? top speed spido mtornya sgitu,, tp apa mtornya nyampe angka 185kpj pas tes lawan n250?? kbetulan klub mtor gw ninja campur jd sdh pd thu kmmpuan ninja satu n yg lain,,
LikeLike
oh itu selisih waktu semua lap toh, itukan dl saat risetnya ninja 250r blm mateng n lap timenya jg msh dikiraran 1 menit 53-54 detik. tp skrng lap timenya sentul msh dipegang ninja 250r kan.. Omr beda banget dg ffa, kl ffa ga bs dijadikan acuan krn g ada regulasi, seaindainya ninja 150 di borup jd 170cc aj dan make karbu gajah ya jelas tandinganya motor 400cc 4 tak. Kl even seperti omr dg regulasi ketat apa bisa ninja 150 lap timenya dbwah 1 menit 50 detik…
Ya sudahlah yg jelas kl urusan top speed gw yakin ninja 150rr aslinya ga nyampe 150 km/jam aplgi yg ninja r, baik dari tes gps ataupun vericom dapetnya jg sama 76-78%. Mau top speed rr yg 190 km/jam ya tetep kl dihitung jg ga nyampe 150 km/jam. Trus mau dites pake aplgi??? Sebagai pembanding tes byson mas iwan top speed 113 n gps 107 km/jam itu jg masuk akal sekali utk motor 150cc 4 tak, seandainya rr top speed realnya 145 km/jam itu jg sdh masuk akal sekali, beda dg byson dah hampir 40 km/jam itu udh besar bget lho krn motor lain kaya pio, fu, vixion ataupun p200 kalaupun di test jg dapetnya paling di kisaran 115 km/jam. Makanya kl dijalan ga heran ninja rr gampang sekali melibas fu atau pio krn top speednya lbh besar ampe 30 km/jam. contoh lg rx king, kl msh std top speed king cm 140an km/jam realnya mlh ga nyampe 130 km/jam. Beda 15 cc dg ninja, masuk akal toh top speednya beda 15-20 km/jam, mlh kl beda 30-40 km/jam ya ga mgkinlah king kalah telak dg ninja ntar yg pny king marah2 lg
LikeLike
dikelas FFA smw bebas racingpart trmasuk N250,, pmbalap rr yg sama jg sbelumny menggeber N250 di race 1,,
best lap sentul mei 2009,, FFA 250
1:51.*** 150RR, Nico Julian, Anjany CLD Racing
1:53.*** N250, Rey Ratukore
best lap sentul april 2010, omr kawasaki 250,, indoprix
1:53,108 N250, Nico Julian, Anjany CLD Racing
best lap sentul mei 2011, moto3 *250
1:47,*** Moriwaki MDH250/GP Mono, Ocky Lukman, Cargloss AHRS RT
best lap sentul mei 2011, Kejurnas 250, indospeed
1:52,*** N250, Kevin, AHX ELS Racing Lampung
1:57,*** CBR250,
best lap sentul mei 2011, omr kawasaki 150
1:45,*** 150RR, Imanudin, Kawasaki Denso Junior CMS
LikeLike
yaya.. Ada betulnya… 140-150 kpj sudah kenceng banget… Apalagi kalo itu di jalan raya.. Wah, luar biasa besar risikonya… Aniwey, spido 150r cukup mghibur pemiliknya kok.. Motor std bisa cukup dekat dgn batas maks kec di spidonya sendiri sudah sgt mghibur.. Dan pada posisi itu, pgalaman gw, sangat sedikit motor2 indo yg bisa nguber.. 🙂
LikeLike
Artikel yg menarik….
sebagai orang yg ga pernah naik ninja, dan buta masalah apa itu GPS, keakuratan speedo, dan semakin bingung dengan komen2 yg ada, mending semua yg komen dari 1-161 lakukan apa yg di bilang :
@151.Apri_Ninin150M
Intinya kan mau nge-tes speed ninja 150L 2T.
LikeLike
@pendekar,,
Pencatatan kecepatan standar FIA pd Formula1 dgn mnggunakan alat perekam ditanam pd kndaraan balap yg terintegrasi dgn pusat perekam kecepatan dgn akurasi 1/1000 detik,, baik utk top speed, average speed, total lap time & best lap,,,,
alat tsb milik TAG Heuer microtimer system/automatic digital chronograph/timekeeping, auto stopwatch & akselerometer,,
bekerja scr elektronik dgn logika :
Vt = Vo + a(m/s2).t (utk top speed)
sistem yg sama dipegang oleh Tissot utk MotoGP & WSBK,,
jd tdk mnggunakan gps krn tingkat akurasi gps yg tdk reliable pd pngukuran ground speed,, jg tdk mnggunakan spido/pngukuran dr transmisi,,
LikeLike
Apalah arti sebuah kecepatan… Ahaha
LikeLike
kmrin ane nemuin di website luar negeri ada yg ngetes top speed n250r dg radar yg digunakan militer, ternyata top speednya 92 mph (motor standar) kl dikonversi 148 km/jam. dg gps dapetnya 95 mph. Dg spedometer bawaan motor 100 mph
LikeLike
Inti dari artikel ini yaitu tesnya mas iwan spedometer vs gps n150 dapetnya 76-78%. Kl g trima ya lakukan tes sendiri. Drpd mbahasnya mlenceng kemana2..
LikeLike
bkn mlenceng,, tp kritik wat ngetesnya pk gps beneran,, bkn gps yg mlalui server hape,,, krn trlalu bnyk buffering,, dgn gps bener pun gak bs hitung top speed, mlainkan hitung kcepatan konstan average/rata2 saja,,, paham tak? jd klw gps multichannel sbut angka 148kpj average speed,, artinya top speed mlh sgt mngkin lebih dr itu,, itulah knp bnyk gap dgn spidometer,, jd kw mw ngetes keabsahan spidometer, pakelah alat TagHauer digital autochronograph sensor buat balap,,, barulah pnonton shkn nyimpulkn yg bner,,,
LikeLike
Salam kenal bro IWB
rame nih lapaknya bro
sebetulnya buat nge test real speed motor ngga perlu susah2 amat kok..asalkan kita tahu perbandingan gigi rasio dan ukuran bannya
ni ada website menarik buat hitung speed sesungguhnya http://www.gearingcommander.com/
disana ada database gear ratio 783 motor,buat yang ngga ada silahkan isi datanya sendiri,kemudian lihat saja kecepatan realnya.
oya..gearing commander menghitung kecepatan di peak power rpm,jika motor anda bisa berkitir melebihi peak power rpm di gigi tertinggi maka ubah aja angka rpm nya
example yamaha scorpio saya di speedo tercatat hampir 150km/jam di 8500 rpm,ternyata realnya cuma 127.6km/jam
dan si ninin di gearing commander tercatat 141,9 km/jam di 10500 rpm(saya ngga tau mentok di gigi 6 bisa berkitir berapa rpm)
LikeLike
ninin gigi 6 bisa mentok di 12an ribu rpm bro, berarti top speednya berkisar 145-150 km/jam ya? Motor ane dah ganti gear blkng ukuran 44 dapet top speed 167 km/jam. Gw buka rekaman gps 155 km/jam. Makanya kq ninja 150rr std ga bisa ngejar gw aplgi ninja 150r. Krn butuh paling tidak kec 200 km/jam supaya bisa sejajar dg motor ane
LikeLike
Kaya nya bnyak yg iri sama Ninja.Pdahal dia punya motor jauh d’bawah speknya si ninin…
Kalo real max speed ninja 170km/h,b’arti motor loe jauh d’bwh Ntu donk (80-90km/h).
Dasar MOTOR SAMPAH……….
LikeLike
Coba test speedometer New Megapro,????
LikeLike
speedometer ninja r nya bisa di akuratkan dengan SpeedoHealer V4. nggak masalah klo gear ratio uda di ganti maupun bannya uda di ganti bsa di koreksi.yang penting punya speedgun utuk mengetahui the real speed bru masuk ke http://www.healtech-electronics.com/ dan kalibrasi speed di speedometer dengan the real speed bru setting di SpeedoHealer V4.akurat dah speedometer tuch ninja r. speed ninja rr maks 175 km/jam on dynotest (195 km/jam di speedometer),ninja 250 r 163 km/jam on dynotets (170 km/jam di speedometer)
LikeLike
Wahh jauh yah….
Wlpn kaya gitu setidaknya ane dah pernah ngasepin H*NDA CBR 250R knlpot racing
d.track lurus +,- 5 km…
Gimana dengan motor kalian ?
. Mau coba?
Setidaknya ninja 150 2 tak..
Masih lebih kenceng dari vixi. Tigi, FU, dan motor2 250cc> lainya..
LikeLike
boleh di tes dg ninja 250r ane bro.. Pnya ane ga kenceng2 amat kq cm 170 km/jam tp dah 4x ngasepin ninja 150r/rr yg top speednya 190 km/jam.
LikeLike
ya gitu deh bro
simpangan speedo ninja emang besar banget
biarpun gitu akselerasinya tetep yahudd bro 😀
LikeLike
mas bro gps ga bs jd patokan pabrikan kawasaki ga mungkin boongin konsumen perhitungan pabrikan lebih akurat lebih tepat dibanding mas bro .
Motor sblum dipasarkan tentunya sdah test
thank
LikeLike
wah,tu BBnya kurang respon GPS tuh..gak mungkin
LikeLike
wah,tu BBnya kurang respon GPS tuh..gak mungkin.coba tarik sama TIGER
LikeLike
Mas iwan..tolong coba test GPS di motor SUZUKI RGR 150 donk!! RGR punya saya speedonya sampe mentok 180 km/jam gara2 pake ring 17..jangan-jangan larinya cuma 140 an…(gak jadi bangga) hehehe
LikeLike
wah brow iwan , analisanya sudah sangat bagus brow. . .jd ane makin berpikir kenapa di luar negeri banyak motor yg msk Free Way, ya mngkin krna kecepatan motor tersebut layak disamakan dgn kcepatan mobil disana, alias tdk ada gubahan yg sangat drastis sprti pda speedometer spya menentukan layak tdknya kndaraan msk jalur cepat. . .perdebatan tntag ninja 150RR dgn 250R dihentikan saja, ga bisa kita komparasi data2 yg bkn untuk tujuan trsebut, apalge dsirkuit yg faktor human skill-nya tinggi, saya lbh prcya kpda mas iwan krna data yg diperoleh merupakan data utk tjuan trsbut yg brrti melalui analisis berkali2 dan keyakinan berkali2. . .klo mnurut anda 150RR itu benar, coba doonk komparasi datanya kita tunggu hasilnya, beikut dgn video klo bisa. . Pke GPS apalah yg trcanggih, (apa dgn adanya blog ini pmilik 150RR jd tersindir?) Apa malu?ane pemilik ninja 250R terus terang aja tapi fair. . .ane ga pcya yg tnpa bukti alias omong doank, sama kya wakil rakyat byk korupsinya donk wkwkwkk monggo ditunggu blog-nya wkwkwkkkk
LikeLike
@bikers: …. ya ampuun brooo, selama ini gak tau yang namanya simpangan kecepatan speedometer ya???udah terlalu sering n udah lama banget ini di bahas, masa iya gak percaya?????? gak habis pikir gw….. browsing deh mumpung make internet…..huff
LikeLike
ini kan ngebahas akurasi speedometer, BUKAN masalah kencangan motor mana, n semua orang ngakuin ninja itu kenceng… terutama KRR syaiton, gilak tu larinya….n terbukti dengan alat gps yang sama pada beberapa motor yang sudah pernah di komparasi ama mas iwb, kita bisa ngeliat perbedaan akurasi speed pada tiap2 motor itu dengan satu alat yang sama untuk membuat batasan/ kesamaan patokan!
LikeLike
Gab bisa test ninja rr se 150cc saya
LikeLike
pantes ane betot 160 km/j d tikungan masih terasa pelan gan……ternyata ga akur y speed’onya ckckckckckck
LikeLike
yang pasti masbro gue cukup shock berat liat ninja rr 2011 gue cm sampe 140 mentok speednya dalam keadaan standart… tapi tetep aja ninja cepet wong bebek2 sama motor batangan laki aja pada ane Lambaikan tangan di depannya dia dari sama2 brenti di lampu merah hehehehe…
LikeLike
Kebetulan liat blog ini pas nyari referensi ninja R. Ane mau beli ni motor, baca komentar disini ane jd smkn mantap buat beli karena rata2 komentarnya “Ninja itu tetep kencang walaupun speedo ngaco” hehe..pengen nyobain sensasi jambakannya, kalo N250 duitnye yg g cukup jadi pilih yg murmer n cukup kencang aje
LikeLike
ya allah yaa rooob.. pada sres kabeh apa yah… motor makin cepat makin cepat mati juga lu pade yee
LikeLike
gue lihat di youtube .. masa sih ninja mampu berlari 200 kpj hanya dalam hitungan jari.. gak percaya bgt.. moto gp 250 2 tak aja gak seresponsif itu… bukti konkritnya emang ninja gak bisa apa2 di banding rival2nya di moto gp…. tinggal nunggu bangkrutnya aja tuh kawasaki .. udah boros bgt tuh bensin ma oli samping… sparepartnya mahal,… di tambah lagi speedonya strss… mesin cepet panass… satria fu juga lebay tuh spedonya….
emang honda dan yamaha tetep motor yang paling berkualitas dan bikin senyum.. yang lain sampah di pakai gak senyaman honda n yamaha…
LikeLike
pokoknya jngan mancing emo dah ama ninnin yg atu ini!!!!
udah ngetes pantura bekasi_pati soalnya hahahaaa,…gak kpngen yg lain!!..
LikeLike
apa lagi pake R9,..cring….cring…cringgggggg…hidup ninja 150 L
LikeLike
engko tak uploadno ninjaku tembus 210 yo…@suramadu madura side. . .
LikeLike
mas iwan, sip infoe lek ngetes gae GPS akurat. .
ati2 wae ojok banter2, cepet matine …….piss ahahaha
LikeLike
nah truss kl cs one tuu gmn ane sring bwa 135-139 kpj sgtu dh mentok pke speedo digital..
brrti lw m ninja g beda jauh donkzz
coz ane lg kpengen bgt beli ninja rr hehe lg ngmpulin duit nih
tp tau top speed ninja sgtu ane jdi resah niH gan….!!
yok yg bisa ngsih pncerahn kasih donk…
😀
LikeLike
yg lain sblm nulis komen, baca2 dulu komentarnya yg udah ada… disitu udah di jelasin sama @Iwan Budi Santoso dan @trendvictim…
jelas banget kok…
ckckckckck…..
LikeLike
CBR 1000cc tuh tembus 297km/h
185miles/h = 297km/h
LikeLike
Motor tercepat didunia
Suzuki Hayabusa 245mph, 394km/h
LikeLike
ini ada video ninja 150 rr.. lumayan jelas kok.. kyaknya dr malaysia deh.. orang itu bawa motornya dengan nyantai.. tp buat sampe 140kpj gampang banget… cekidot gaaan http://www.youtube.com/watch?v=FghOoRQB9iM
LikeLike
iseng-iseng ane pernah nyoba nih gan,udah lama sih,waktu itu nokia 6110 navigator baru keluar, trus ane berboncengan ama temen ane naik motor kesayangan HONDA KARISMA X 125D tahun 2004 sambil masang program GPS yg ada di bawaan nokia tersebut, temn ane yg bawa ane yg dibonceng sambil liatin layar,salut banget deh gan temen ane bawa motor dikisaran 60kpj dan yg ada di nokia tersebut terbaca 60,1kpj, trus dipake ngebut dikit di kisaran 90kpj, di nokia trersebutpun gak jauh gan,90,8kpj jadi ane bisa sedikit ambil kesimpulan gan, coba agan tes jgn dgn hanya satu alat gps aja gan tapi coba minimal 3 alat yg berbeda, dan motor yg digunakanpun jgn cuma 1 motor aja tpi coba ganti-ganti motor dan ganti-ganti alat, tp satu hal yg pasti menurut saya, motor yg masih pake kabel speedo memang kurang akurat di bandingkan dgn motor yg sudah tidak pakai kabel speedo, (contoh; karisma X, supra X125, dan Thunder125 tahun 2011 yg baru)
LikeLike
Udah motor cc kecil dibawah 250cc ngapain kenceng kencengan. Rasain bawa motor 600cc ke atas.
LikeLike
Oiya ninja 150rr sebenernya top speed nya biasa aja. Cuman kenceng di akselerasi sampe kerasa jambakannya.
LikeLike
g ada yg benar smua mas iwan, gps jg g akurat buktiny pasukan nato sering mleset nembak sasaran. Yg betul gini tuk ukur top speed: 1. Ukur diameter ban mtr, 2. Brp putaran roda mtr berputar, 3. Brp lama wkt yg d tempuh, 4. Brp jarak yg di lalui mtr, 5. Baru itung.
LikeLike
k’lo mau bandingin top speed liat reduksi final girnya aja rumusnya gampangan ukuran gir belakang/ukuran gir depan.
k’lo hasilnya kurang dari 3 berarti top speednya tinggi, sama dengan 3 di tengah-tengah (torsi ama top speed hampir sama) k’lo lebih dari 3 top speed rendah akselerasi(torsi) gila.
contoh ninja l rasio reduksi 14-42 berarti k’lo di bawa ke rumus 42/14=3 dibanding ninja rr 39/14=2,785.
dari sini ketauan k’lo ninja rr top speednya di atas ninja l tapi k’lo buat lari pendek kalah ama ninja l.
ini kata om dan pakde ane kebetulan mereka berdua orang yang berurusan dengan begituan tukang buat manual book motor-motor kawasaki.
silahkan cek motor kalian jagonya apa aksel apa tp.
hehehe
LikeLike
:O
(melongo n no comment)
LikeLike
saya kemaren nyobain komparasi speedo ninja 150 rr se 2012, hasilnya 100kpj untuk speedo dan 92kpj untuk GPS.. penyimpangannya mendingan daripada motor2 lainnya, yang biasanya hanya 8puluhan kpj di GPS.
LikeLike
ninja saya gak pake spedometer. :p
LikeLike
aku sudah coba pakai aplikasi Sports Tracker di HP Nokia 500, hasilnya akurat lho.
Aku pakai Ninja N Th. 2012 bulan 10, test sejauh 3,6 km.
Hasilnya:
Spido 60 km/h : GPS 59,2 km/h
Spido 80 km/h : GPS 79,4 km/h
Untuk yang di atas 100 km/h belum berani 😀 setelah tahu bahwa spidonya akurat
LikeLike
pantes aja wktu ane pjem RR 2010 tmn ane lari 100kmh
masih barengan sama mtr bebek jalannya…..
kasian yg bangga2in top speed RR
LikeLike
Hadehh kok pada saling mengejek yang alay yang lebay orang yang menghina paling juga lebih alay lg dari pada yang di gunjingin
LikeLike
pake rumus fisika saja S=V.t —–> S= jarak, V= kecepatan, t=waktu, ato rumus kecepatan yg lainnya, itu baru akurat…
LikeLike
valid yang mana ya mas antara itu gps sama spido motor yang prinsip kerjanya roda langsung menempel ke jalan tnpa ada jarak.
motor saya f1zr jg begitu. jalan 100kpj di gps cm dpt 90kpj.
LikeLike
valid GPS lah. GPS gak punya untung/arah tujuan ngerubah keakuratan alat ukurnya. sedangkan pabrikan motor punya. lagi pula lebih banyak faktor kesalahan error yang dapat terjadi di spido, dibandingkan dengan GPS.
LikeLike
Titip ninja rr lebih akurat
http://syambikers.wordpress.com/2013/04/10/perbandingan-akurasi-spedo-ninja-rr-vs-aplikasi-gps-bbspeedometer/
LikeLike
Rr ane 110 =108
120 = 117,3
Standar tingting
Ban gembot lebih akurat
LikeLike
Jangan salah pihak pt kmi telah merenovasi keakuratan spido untuk ninja rr 2012 .beda dg versi lawas . Top speed rr 2012 hanya berkisar 185 -180 . Penyimpangan rr 2012 cuman 5- 8 km . Beda versi lawas top sped nya bisa 200 km . Coba test sendiri rr kamu baru tau
LikeLike
oh. . . . . trnyta gt to. . . pntesan ps waktu naik vixie ane ndiri lari 100kpj sama pernh pnjem n150r tmen ane sma2 ane geber 100kpj bda hembusan anginny.
LikeLike
om,, ni semua dokumen asli punya om kannn??
cz di t*kob*gus.com ada yg ngambil sebagian fotonya om,, coba searching Speedometer Ninja 150 2010..
bener gk tuh om??
LikeLike
Saya pernah page ninja r2004 sekarang Ganti yg 2013 perbandingan speednya kerasa soalnya saya pake mentok yg 2004 180kpj tapi di yg 2013 140kpj sudah sama rasanya dengan 180kpj di yg 2004 itupun gasnya yg 2013 udah di red line dan pernah saya geber mentok did rpm 11000 cuma bisa 150kpj padahal udah knalpot racing +stell jetting .berarti yg 2013 speedonya lebih real
Maaf jika salah soalnya Saya hanya ngetes manual
LikeLike
bener om! saya juga penasaran sama orang2 yg pake ninja terus mengklaim dapet 180kpj, bahkan 200kpj. padahal saya pake RR udah red line juga paling banter dapet 150kpj. apa harus ganti gear sproket ya?
LikeLike
kemarin pagi saya mencoba melakukan pengetesan sesuai yg di tulus om iwb. bermodalkan apikasi yg sy donlod lewat hp sy dan ninja RR keluaran 2011, sy mulai deh pengetesan.
sy mengharapkan dpt menggeber motor hingga 140kpj. ternyata tdk sesuai harapan, hari minggu pagi ternyata jalur sy anggap sepi sehari2 justru sangat rame pengunjung dan beberapa jalur di tutup untuk lapak pedagang disana.
yasudah sy mulai sj sebisa sy.
hasil yg sy dapatkan sbb :
40kpj = 38kpj (versi gps)
60kpj = 53kpj
80kpj = 71kpj
100kpj = 90kpj
110kpj = 92kpj
sy nyoba geber sampe 120 tp bener2 kondisi jalan tdk memungkinkan.
untuk mengobati rasa kecewa, sy geber ajah si ninin dari gear 1 ke gear 2 dgn ban depan sedikit terangkat sekitar 30cm dan menjadi tontonan orang2 hahahaha.
yg ingin sy tanyakan untuk bang iwb, kalo speedometer sy ganti dgn versi digita, apa bisa meminimalisir selisih angka skrg dgn versi gps nya ?
thanks//
LikeLike