Banderol CBR150r…biarlah pasar yang berbicara!

Banderol 33juta...biarlah pasar yang berbicara.(courtessy dapurpacu)

Komentar miring tentang banderol yang dipilih AHM masih menghiasi dunia maya. Bahkan FB IwBpun juga tidak luput dari curahan kekecewaan mayoritas konsumen. Harapan besar CBR150r bakal dilepas pada angka dibawah 30juta hanya dalam mimpi belaka. Yah…itulah konsumen. Maunya semurah mungkin :mrgreen: . Apalagi AHM selama ini selalu memberikan produk dengan harga yang kompetitif sehingga konsumen begitu terbuai….

Memang….kalau kita lirik banderol CBR250r…sang adik terasa overprice. Tapi jika kita sudi memperhatikan lebih tenang, netral tanpa dibarengi emosi dan rasa kecewa, sebenarnya harga CBR150r masih dalam batas toleransi. Saat ini saja IU melepas CBR150r versi CBU diangka 42juta atau beda 9juta dari produk AHM. Sedang CBR150 lawas dulu, IU menjual kekonsumen sekitar 38jutaan. Nah…jelas terlihat, bahwa harga yang ditawarkan grup astra sangat kompetitif. Lha terus kenapa banyak konsumen mengatakan overprice??..

Karena sudah tertutupi oleh pricing dari sang kakak CBR250 yang memang bisa dikatakan murah. IU menjual CBR250r ABS diangka 58juta sedang produk resmi AHM hanya 46,5juta (beda 11,5juta). Angka yang dipilih waktu itu begitu mengagetkan sebab diluar dugaan mayoritas biker tanah air yang menduga Honda akan memasang lebih tinggi. Belum lagi gebrakan selanjutnya dengan peluncuran sang helm-in Spacy. Matic murah tapi fitur komplit.

Yup…kita sudah kadung terbuai pricing strategi AHM. Dan ketika mereka memasang banderol sedikit diluar ekspetasi…kekecewaanlah yang kita rasakan. Last…semua pasti sudah diperhitungkan sedemikian rupa oleh pabrikan sayap mengepak. Untung dan ruginya telah masuk dalam kalkukasi mereka. Apakah target 2000/bulan bisa diraih CBR150r??…biarlahlah pasar yang berbicara….(iwb)

Advertisements

57 thoughts on “Banderol CBR150r…biarlah pasar yang berbicara!

  1. petinggi ahm harus nyiapin strategi baru karena mayoritas bikers berpendapat bahwa harga cbr terlalu mahal, hari gini konsumen disetir produsen ? udah ga jaman kali yee

    Like

  2. Kalo gitu sebainya yang 250 dinaikkan aja harganya … biar selisih cbr250 dg 150 jadi rada jauh…. pasar 250 kan kalangan atas berapapun harganya asal masih masuk akal pasti dibeli… nah yg 150 buat kalangan menengah… kalangan bawah cukup NMP si motor wagu… tapi kemarin liat NMP ada yg lumayan setelah ganti stang jepit sama speedometer + lampu dicopot ganti lampu rada kecilan tanpa speedometer….

    Like

  3. ini kenapa bisa muncul angka 33
    cost 25,215 (dah bruto) include laba dan brand pabrikan
    plus PPnBM 10% jadi 27,74
    distribusi (katakanlah 4%) jadi 28,85
    dealer (katakanlah 4%) jadi 30 juta
    sampai konsumen kena PPN 10% jadi 33 juta! (PPN 3juta bro!)
    ni BUKAN FAKTA tapi ANALISA biar lebih dirasa masuk akal di pikiran biker yg ngidam2 motor sport fairing
    dan gak sekedar mikir di Thai 23 juta trus AHM cari laba 10juta itu picik namanya
    CMIIW

    Like

  4. jangan-jangan plastiknya dibuat dari ember… ??? Cat motornya gampang terkelupas… atau enginenya jangan-jangan kemlothoook …!!!
    wkwkwkwkkkkkkkk
    dapat motor bagus dari AHM ,M K Y mimpi kali yeee

    Like

  5. harganya ga sesuai!!!

    lihat saja honda thailand bisa masang harga dibawah 30jt

    memang di Indonesia ini apa” mahal

    pipis aja bayar wkwkwkwkwkwk

    Like

  6. yakin tetep laku nih motor,, ingetkan yang pada kecewa ama harga vixion waktu baru mbrojol.. pada tereak2 kemahalan karna ga sesuai ama harga perkiraan,, tapi skrang kaya kacang goreng,,, percayalah apa kata rudi,,, tapi kalo saya sendiri ga suka dengan bodinya,,,

    Like

  7. honda bagaikan seujung kuku dimata bajaj dalam memberikan harga yang pantas.
    Lah wong pulsar 220 yang lebih superior dibanding tiger aja, harganya berani jauh dibawah tiger,
    New megapro yang tak lain honda dazzler aja dijual 20jt, padahal diindia harganya dibawah harga pulsar 220, tapi pas nyampe negara ini, laahh selisihnya 2jt??
    Kemanakah selisih tersebut??
    Begitu pula dengan byson, malahan byson adalah downgrade dari fz16.
    Tapi harga menggilai dibanding ditempat asalnya yang lebih murah dari p220.

    Terlihat sekali bahwa ‘jual nama’, bukan jual motor.

    Like

  8. kl targetnya cm 2000/bl ane rasa msh bs tembus kq. Cbr lama yg hrganya 38 jt aj tiap hari sring gw liat berkliaran (asli honda lho bukan motcin). Tp seandainya cbr dilepas dg harga 29 jt ane yakin bisa tembus 5000/bl. Mgkn honda msh memberikan kesempatan kepada kompetitor kalee..ganya 38 jt aj tiap hari sring gw liat berkliaran (asli honda lho bukan motcin). Tp seandainya cbr dilepas dg harga 29 jt ane yakin bisa tembus 5000/bl. Mgkn honda msh memberikan kesempatan kepada kompetitor kalee..

    Like

  9. kalau dibandingin sama IU ya kurang pas. Karena IU memanfaatkan keadaan karena ATPM tidak jual varian tsb.. Jadi pasang harganya saudele dewe…

    Kalau mau bandingkan sesama ATPM dong.. Kan bajaj sama suzuki (dulu)juga jual motor CBU… Dibandingkan harga ina sama negara asal… Ketauan betapa rakusnya AHM…

    ATPM ngambilnya tampa surat2 lo alis off the road jadi kalo di thai 22,4 juta OTR bangkok AHM karena beli tampa surat2 paling harganya cuma 19 jutaan,,,,,

    Like

  10. ko pada sewot dengan harga CBR….
    biar aja AHM mo lepas berapapun juga itu hak produsen… iya toh!!!….
    yg jelas memang dari dulu pabrikan MANAPUN ga bakalan mikirin keinginan konsumen, dia akan meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. ini bisnis men….. smuanya serba bayar ga ada yg gratis!!!!
    yg jelas berapapun hrga CBR ign pusing2 mas bro… bagi yg mampu silakan beli.. yg ora mampu jgn sewot.. iya toh….
    ———————————————————————————
    @ cenguk
    ngapain sih ngitung2 segala emang ente petinggi di AHM ???
    ya udahlah kalo dirasa mampu silakan beli… kalo ora mampu jgn sewot.. jgn sgala ngeluarin RUMUS yg ga jelas.
    yg pasti bisnis is bisnis… ga ada toleransi….

    Like

  11. bodine elek,regone larang…
    ga payu…
    Paling2 tuku gengsi tok gara2 larang regane…ga payu…
    Paling2 tuku gengsi tok gara2 larang regane…

    Like

  12. karena udh kemakan isu hrga dibawah 30jt.. eh pas brojol jadi 33jt.. mungkin itu yg bikin kelitatan overprice. bagi yg mampu beli silakan… yg ora mampu jgn pusing dan jngn ngeluarin rumus2 yg ga jelas gitu. jual beli barang itukan bisnis… pabrikan akan menenggak laba sebesar-besarnya tanpa memikirkan konsumen… iya toh…

    Like

  13. CBR lama lebih bagus….
    —————–
    Karena tes berlangsung di sirkuit Sentul kecil, Kompas.com pun hanya ingin mengetahui kemampuannya dalam berakselerasi karena menguji kecepatan maksimum sangat tidak mungkin. Sementara itu, Sarwono Edhi memberi tahu bahwa kecepatan maksimum CBR 150R adalah 124,3 km per jam dalam posisi badan membungkuk, dan 116,3 km per jam dengan badan tegak.

    Alangkah mengagetkan ketika Kompas.com berakselerasi pada gigi dua yang dimulai dari kecepatan 10 km per jam dan dimulai dari 3.000 rpm. Tenaga mesin “lemot” dan mulai “berisi” ketika berada di atas 5.000 rpm. Seusai menempuh tiga lap (sesuai jatah), Kompas.com langsung menemui Sarwono dan menjelaskan bahwa tenaga motor tidak seganas sang kakak.

    Like

  14. Benar2.. Saya yg kecewa berat.. Udah siapin duit 29juta.. Eh tau nya harga beda dikit ama yg 250cc.. Dah gila AHM!
    Mau naik yg ke 250cc skalian, trus dipikir ulang ya mending ambil ninja 250cc 2nd aja..
    Walah, ujug2 jadi males, rencana batal.. walau saya bukan FBH, tetep bikin SAKIT HATI.. Damn AHM…!!!

    Like

  15. konsumen mgkn terbuai dgn spekulasi yg terlanjur beredar CBR150R akan dibandrol dibawah 30jt. Tp AHM jg telah mempertimbangkan dgn matang. angka 33jt msh ckp kompetitif, mengingat dgn harga segitu telah mempetimbangkan hubungan dgn PCX, Tiger dan sang kakak CBR250R. So…biarlah konsumen yg menentukan.

    Like

  16. hahahaha,, Lucu tenan Konsumen Indonesia..

    *pingin dan punya duit segitu beli, klo belum cukup nabung lagi.. Beres thoo..

    Yang koar-koar OverPrice juga belum tentu mau beli seandainya harga di bawah 30jt..

    Lucu dot kom kii..

    Like

  17. hahaha….. Orang INA kan suka berbagi, berempati… Jadi ingin memberitahu temen2nya biar gak kejeblos… Ya kalo tetep nekat ya udah. Duit2 lu… Kringet2 lu…

    Like

  18. harga pancingan….. cibier versi CBU untuk memancing keluarnya R15…., setelah R15 kluar (anggep harga dibawah cibier150) trus dimunculin Cibier CKD dgn harga <30 juta….

    NGAREPPPPPP……..

    Like

  19. Setuju …klo menurut saya justru ini merupakan langkah yang ideal . Dengan harga 33 juta citra premium tetap terjaga. dengan harga segitu mudah untuk AHM menyusupkan produk produk laen di range 20 – 30jutaan yang lebih mass produk ….
    Citra kemahalan timbul karena setuju dengan Mas iWan ekspektasi konsumen udah tinggi….

    Like

  20. kalo nih motor masih enak akselerasi pake premium bakalan laku……
    di jalanan padat ga butuh top speed tapi akselerasi…..
    mo ngebut>>>>>>>>>maut menanti.

    Like

  21. Biasanya yg koar2 belum tentu beli kok. Klo Beli ya beli klo nggak ya nggak yg penting jgn beli yang nggak-nggak xixixi.. 😆

    Like

  22. Ya ………………….. kirain harganya dibawah 30 juta, kalau gitu aku nunggu CKD nya aja lah tahun depan itu juga paling lama loh ……………….. dan harganya harus 22 juta kalau ga aku beli yang lain aja, hahaha. Tapi sebenarnya maklum aja soalnya AHM kan mendatangkan cbr 150r dengan cara CBU, ya mau ga mau harganya 33 juta lah ………………….. Juga kalau mau dibandingkan dengan melalui importir umum ya jelas jauh lebih murah harga cbr 150r CBU yang ditawarkan oleh AHM ini. Tapi biar bagaimanapun juga AHM harus cepat-cepat men CKD kan cbr 150r setidaknya tahun depan biar cbr 150r jadi raja jalanan di indonesia ini. Hahahaha

    Like

  23. @22. komeng_tator
    —————————————————————
    hahaha….itu analisa subjektif gan…
    kalo gak bisa dinalar ya ditolak jg gpp

    Like

  24. buat yg bandingin ama BAJAJ yg bisa ngasih murah, ya beda lah mas bro.. BAJAJ aslinya India, sebuah bangsa yg tidak pernah menjajah (kalo berseteru lain lagi, bukan imperialisme, tp konflik) lah kalo H Y S K jelas berasal dari negeri yg suka menjajah (jepang).. skrg udah gk jaman menjajah secara fisik, maka ekonomilah yg jadi ajang penjajahan..
    Hayo arep mbantah opo maneh..dijajah kok mau aja..bangga lagi..

    Like

  25. Tanggapan miring itu karena dari awal semua orang sudah mempunyai patokan harga CBR diantara 25-30 jt mas. Jadi ketika harga CBR150 diumumkan 33jt,pada kecewa dah. Meskipun demikian,CBR150 akan tetap diminati masyarakat dengan fitur2 yg dimilikinya.

    Like

  26. Paling dekat dibandingkan dengan V-ixion, kelebihan CBR: fairing, spido digital, DOHC, Ban besar, tenaga, dan asli BU thailand.

    Like

  27. over price..over price….byk yang ngomong gt,tapi gak ada yang bisa njelasin alasan mreka bilang over price…ada yang menilai berdsarkan CC mesin,ada yang bilang hanya selisih dikit dgn 250 hanya 6 jutaan..hanyaaaaaa….hanyaaa…luarrr biasaa…aneh…aneh….jgn2 ni dimanfaatkan jadi ajang BC dari kompetitor….

    Like

  28. Apaaa kurang Asem mahal amir nih motor…bapak saya petinggi AHM nanti pas pulang kerja tak smack down biar tahu rasa…wis jelek mahal…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s