Berdasarkan Polling….mayoritas biker menyidamkan motorsport murni!!..

Berawal dari komentar salah satu mzbro pengunjung warung yang mempertanyakan kecenderungan pabrikan meramu Motorsport semi touring ketimbang murni sport, maka pada kesempatan ini IWB sudah mengunduh hasil polling. Sebelumnya IWb ucapkan terima kasih atas atensi dan urun rembugnya. Walau participants tidak terlalu banyak, namun setidaknya mampu memberikan gambaran seperti apa sih motorsport idaman mayoritas biker tanah air….

Hasil polling...thanks guys

Berdasarkan beberapa masukan, mungkin kedepan IWB tidak akan mengekspose view polling ketika running supaya tidak mempengaruhi pendapat mzbro semua. Oke….langsung saja. Dari 220 responden yang masuk tercatat 98 suara (44,55%)  menginginkan motor pure  alias murni sport. Pada urutan kedua….dengan korespon mencapai 84 (38,18%) tetap mengidolakan motorsport semi turing dan yang terakhir adalah motor turing yakni 38 (17,27%) votes. Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa gap antara biker yang demen motorsport murni melawan semi turing lumayan terpaut jauh walau tidak terlalu signifikan. Sedang yang turing….(wah koq buncit bener yak) jarak finish termasuk nampol tidak mampu mengejar kedua kategori. Hasil sebenarnya tidak mengagetkan mengingat motor sport murni identik dengan macho dan galak. Posisi stang racy, foot step mundur kebelakang, serta tampilan ala Motogp merupakan idaman para biker. Apalagi biasanya dibarengi performa engine garang layaknya racing bike. Coba sampeyan lirik NSR150RR/SP, Ninja150RR, Yamaha TZM/RXZ/RZR, Suzuki RGR150/FXR, Aprilia RS125 dll lekat dengan yang digambarkan diatas. Walau kudu korban boyok pedot…ternyata banyak biker tidak mempermasalahkan sisi ini…

Para responden yang memberikan suara buat semi turing bike sepertinya lebih melihat faktor comfort. Bisa buat  ngacir, tapi melaju nyantai juga hayo. Semi turing inilah yang saat ini getol digelontorkan pabrikan besar. Mungkin keputusan berdasarkan   survei secara internasional dan alasan tertentu yang menyangkut kenyamanan berkendara. Namun..keputusan HOnda menempatkan CBR250r dalam kategori semi turing sport bike tak ayal membikin kaget mayoritas biker yang memandang CBR adalah gen pure sport. Entahlah…toh hasil survei ini tidak serta merta mewakili seluruh suara  konsumen diluar sana. Last……apakah dengan hasil ini berarti masih ada harapan pabrikan lain untuk  merebut hati konsumen dengan brojolin motor murni sport??…monggo berikan pendapat sampeyan…..(Iwb)

42 thoughts on “Berdasarkan Polling….mayoritas biker menyidamkan motorsport murni!!..

  1. Saya sih prefer sport touring. Tampilannya klo standar ok, pake box juga ok. Biasanya sport murni jelek klo pake box. Faktor kedua lebih ke fungsionalitas, klo punya motor pasti dipake buat harian. Pake sport murni… Nungging, tangan pegel, pinggang pegel, klo boncengan yang belakang mepet banget, bikin berat punggung. Belum lagi helm boncenger suka beradu.

    http://spaceromantic.wordpress.com/2011/05/10/poll-skutik-mana-yang-sebaiknya-ymki-luncurkan-buat-menghadang-laju-ahm/

    Like

  2. sip mas, iya mending lain kali hasil polingnya gk usah dimunculin aja. mudah2an Yamahalah yang bisa memenuhi keinginan akan sport murni…
    pak ekooo…haloouuuww…nih dengerin konsumennya….

    Like

  3. oiya tadi abis servis motor di bengkel Yamaha….
    iseng2 nanya apa ada rencana New Jupiter MX mau diluncurkan dengan versi injeksi??, eh…katanya untuk sementara belum ada rencana, trus katanya lagi malah Byson yang bakal keluar versi injeksi…
    sebenernya gk percaya sih melihat fenomena yang ada pada Byson, cuma manggut2 aja biar gak tersinggung, mungkin ada yang sudah mendapat kabar serupa??

    Like

  4. bener bro klo konsumen sih milihnya yg keren, powerfull, canggih, safety, irit tapi murah.
    itulah konsumen….

    Like

  5. cuma masalahnya polling tidak menggambarkan penerimaan konsumen sesungguhnya.
    ingetkan dulu waktu pertama MX brojol, berbagai polling lebih banyak memilih MX dibanding HSX.
    tapi kenyataan dilapangan jauh dari hasil polling itu.

    dulu juga pernah ada polling Blade vs Vega ZR.
    hasil polling hampir 80 % milih Blade sedangkan kenyataan dipasaran Blade kalah dibanding vega ZR.

    Like

  6. @pino kio
    iya sih masbro…
    tapi perlu diingat juga…
    kasus MX sama HSX, tidak semua konsumennya melek teknologi. hanya segelintir yang mengikuti perkembangan roda 2, toh sy pernah baca di salah satu tabloid & blog kalo para konsumen mx kebanyakan didaerah perkotaan, sedangkan HSX bisa diterima juga oleh masyarakat desa.
    beda halnya para konsumen motor sport fairing yang rata2 memiliki pengetahuan dan mereka gak mau salah pilih motor

    Like

  7. semoga pollingnya didengar oleh pabrikan,,,
    sudah bukan hal jarang lagi diantara komunitas klub motor fairing, mereka kebanyakan merubah part2 pada motornya supaya berpenampilan sport murni.
    coba deh diliat modif2 yang muncul di tabloid maupun di blog2 otomotif…gak jarang juga pemiliknya yang rata2 sudah berumur malah memodifikasi menjadi sport murni. toh alasan cepat pegal karena mengendarai motor sport murni saya rasa bedanya cuma sedikit lebih capek aja, alias kalo dibanding sama sport touring juga gak beda jauh capeknya

    Like

  8. Cuma pingin, nggak beli. Sport murni utk harian kan susah. Ujung2nya sport murni cuma dipakai buat nampang di pinggir alun2.

    Like

  9. biasanya lucu tapi, setelah punya sport murni, keinginan punya sport touring ataupun naked bike / streetfighter suka muncul karena faktor kenyamanan. yg pilih sport touring muncul karena masih menginginkan aura sport murni dengan fairing-nya tapi lebih nyaman, yg suka naked bike/streetfighter muncul karena udah cape pake sport murni dan pengen gaya yg berbeda, yg lebih terkesan brutal.

    ntar kalo usia udah memasuki lanjut (kasarnya udah tua) kayak umur 45 taun ke atas, motor touring kayak goldwing atau cruiser kayak harley jadi pilihan karena totalitas kenyamanan..

    kurang lebih gitu si gamabran yg saya tangkep

    Like

  10. to Yamaha: ayo CKDkan R125, keluarin motor 250cc seperti konsep R4, R15 untuk yang doyan sport touring
    to Piaggio Group: CKDkan Aprilia RS125, RSV 125, Derbi GPR 125
    to minerva: model udah bagus, pilihannya juga oke tinggal peningkatan kualitas produk
    to Hyosung: katanya sih kualitas udah oke, model difacelift napa? trus dikasih radiator juga lebih keren
    nah kalo gini kan banyak motor2 sport murni yang keren2

    Like

  11. Kalo sport murni atau berfairing susahnya kalo parkir ga bisa desek2an kaya sport turing karna takut lecet fairingnya..xixixi…piss

    Like

  12. to all…
    yang doyan sport touring kurang apa lagi??
    pilihan kalian kan udah banyak, komentarnya kok menghambat yang suka sport murni. kasianlah sama penggemar sport murni yang terbatas dananya…harus ngerubah motor fairingnya dengan dana yang mahal….

    Like

  13. sesuaikan dengan harganya, kalo motor sport murni
    150 cc kalo harganya 30 juta sama aja membodohi
    Pak RT dan bu RT huahaha, jual barang kok kayaknya ga ikhlas gitu, apa kata dunia huahaha

    Like

  14. wah….selera gw ga ada di poling…..dirt bike yang bertenaga dan ga terlalu mahal….ga usah canggih2….klingon dibuat trail…dibawah 30 jeti

    Like

  15. Setuju bang Iwan,,, kebanyakan motor laki sekarang perlu rubahan dulu baru dpet yg diinginkan,,,kayaknya ATPM gak ngerti apa “maunya” konsumen…..itu menurut pendapat pribadi sech….

    Like

  16. yg pilih murni sport itu umumnya orang2 yg belom pernah make motor sport, paling nyoba doank..

    cuma kemakan tampilan, liat tuh megelli, murno sport, pake harian jg bakal cepet bongkok tuh badan 😀

    Like

  17. IMHO, motor sport murni itu lebih enak untuk dipake di sirkuit…kenapa disini lebih dikembangkan sport turing? salah satunya adalah faktor kenyamanan untuk digunakan sehari-hari dan penampilan gagah ala “motor balap” :p serta mayoritas di indonesia membeli motor untuk dipakai sehari-hari, walaupun ada sedikit orang yang membeli motor hanya untuk pemakaian weekend.

    dari hasil pooling “sport murni” lebih tinggi…tapi coba tanya lagi, apa pernah benar-benar mencoba motor sport murni? 😀 hehehe…

    yang riding position serasa seperti “superman” nunduk abisss…. 😀

    Like

  18. menurut aq nih, kalau konsumen hanya ingin melihat gagahnya motor dr tampilan tanpa memperdulikan kenyamanan, pasti mereka lebih memilih motor sport murni seperti NSR150RR/SP, Ninja150RR, Yamaha TZM/RXZ/RZR, Suzuki RGR150/FXR, Aprilia RS125 dll.

    Jika seperti yg dikatakan mz iwan bhwa HOnda menempatkan CBR250r dalam kategori semi turing sport bike sedangkan mayoritas biker yang memandang CBR adalah gen pure sport, berarti CBR 250r bisa dibilang bisa memenuhi keinginan para biker dund.. selain memperhatikan segi kenyamanan & dilengkapi dgn firu2 yg udh canggih, CBR 250r juga dipandang motor sport murni oleh kebanyakan biker..

    Like

  19. @Tristan…
    lu kayak orang awam yang sok pinter deh
    sport touring ya sport touring…yang mandang CBR itu gen pure sport ya berarti emang dia orang awam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s